Yuk Long Weekend di Makassar. Wisata Tengah Kota Sekaligus Manjakan Perut

Bulan Desember ini memang benar-benar memanjakan dengan banyak tanggal merah dan long weekend, ya. Banyak yang memutuskan untuk menghabiskan long weekend di Yogyakarta atau Bali. Jadi jangan heran ketika kamu akan disuguhi macetnya jalan dan padatnya tempat wisata.

Daripada nggak jadi rileks karena macet, mendingan long weekend kali ini kamu berkunjung ke Indonesia bagian timur, tepatnya Makassar. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur. Serunya, semua tempat wisata asik dan makanan nikmat bisa didapatkan di tengah kota. Apa saja, sih?

Pilih Hotel Tengah Kota dengan Pemandangan Pantai

Aryaduta Hotel Makassar yang langsung menghadap pantai Losari
Aryaduta Hotel Makassar yang langsung menghadap pantai Losari (image source)

Makassar memiliki pantai yang tepat di tengah kota. Hal ini pun menjadi keuntungan tersendiri bagi para wisatawan. Tak perlu jauh-jauh harus ke pinggiran kota untuk mendapatkan hotel dengan pemandangan super cantik. Banyak hotel nyaman yang menawarkan pemandangan langsung menghadap laut yang berjarak hanya sekitar 30 menit dari Bandara Sultan Hassanuddin. Untuk liburan long weekend, kamu jadi tak perlu buang waktu di jalanan, deh.

Losari yang Legendaris

Pantai Losari yang Legendaris
Pantai Losari yang Legendaris (image source)

Rasanya memang ada yang kurang jika menginjakkan kaki di Makassar tapi tak mengunjungi Pantai Losari yang melegenda ini. Jangan kaget kalau daerah wisata yang satu ini akan dipenuhi dengan para wisatawan saat long weekend. Meski begitu, jangan dilewatkan karena di Losari ada museum kecil yang berisi lukisan-lukisan cantik yang sangat menarik hati, lho.

Jajanan Pisang Epe yang Semanis Kenangan Si Dia

Pisang Epe Khas Makassar
Pisang Epe Khas Makassar (image source)

Setelah puas menikmati sunset cantik di Losari yang legendaris, jangan lewatkan jajanan-jananan yang ada di sepanjangnya. Ada banyak warung-warung kecil di bibir tempat wisata ini, namun menawarkan makanan dan minuman yang sama. Yap, warung-warung kecil tersebut mengajakmu mencicipi jajanan khas Makassar, yaitu Pisang Epe dan juga Es Pisang Ijo. Hmmm, dijamin bikin kamu senyum-senyum sendiri merasakan manisnya.

Bentang Gagah yang Sayang Dilewatkan

Benteng Fort Rotterdam Makassar
Benteng Fort Rotterdam Makassar (image source)

Yang menonjol dari Makassar selain Losari adalah Benteng Fort Rotterdam. Hanya berjarak 15 menit jalan kaki, kamu sudah bisa sampai di Benteng gagah peninggalan Raja Gowa ke 9 ini. Tak ada tarif khusus yang ditarik untuk kamu bisa menikmati Fort Rotterdam dari segala sisi. Kamu hanya akan diminta iuran seiklhasnya. Tapi jangan salah, meski tak memasang tarif, namun bukan berarti perawatan Benteng ini jadi sembarangan. Kamu akan terpesona dengan gagah dan bersihnya dari setiap sudut Fort Rotterdam. Benteng Fort Rotterdam ini buka hingga jam 18.00 WITA, ya.

Siap-siap Menggendut Karena Sop Konro

Sop Konro Khas Makassar
Sop Konro Khas Makassar (image source)

Sudah bukan rahasia kalau Sop Konro merupakan salah satu makanan surga yang berasal dari Makassar. Makanan ini pun kini sudah bisa dinikmati di kota mana pun. Tapi, jangan sampai kamu tidak mencobanya langsung di kota asalnya Makassar. Ada tempat makan Sop Konro terkenal di Jalan Gagak yang sudah menjadi tujuan favorit para turis. Jangankan yang turis, tempat makan ini pun masih dipenuhi oleh warga asli Makassar, lho. Selama menikmati Sop Konro ini, jangan khawatirkan lingkar perut, ya.

Godaan Coto Makassar dan Pallubasa yang Tak Bisa Diabaikan

Coto Makassar
Coto Makassar (image source)

Jangan salah, Sop Konro bukan satu-satunya makanan khas Makassar yang wajib diicipi jika berkunjung ke salah satu kota Metropolitan di tanah air ini. Ada juga Coto Makassar yang godaan aroma saja bikin gagal diet. Ada banyak tempat terkenal Coto Makassar yang bisa dicoba, salah satunya adalah Coto Makassar Nusantara. Semangkuk kecil Coto Makassar yang selezat ini yakin nggak kurang, nih?

Jangan Lupa Kunjungi Pulau-pulau Kecil

Pulau Samalona, Makassar
Pulau Samalona, Makassar (image source)

Jika sudah puas menikmati wisata dan makanan di tengah kota Makassar, waktunya untuk berjalan-jalan lebih jauh. Luangkan seharianmu untuk mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Makassar. Untuk menyeberang ke pulau-pulau tersebut, biasanya digunakan kapal atau speed boat yang bisa disewa. Harganya macam-macam, berkisar 300 ribu hingga 400 ribu sudah untuk mengunjungi 2 atau 3 pulau. Salah satunya adalah pulau Samalona yang terkenal dengan pasir putih cantiknya. Hanya diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk menyeberang ke Samalona, lho. Yakin nggak mau nyempetin, nih?

Nah, itu tadi destinasi-destinasi asik yang bisa kamu kunjungi saat menghabiskan long weekend di Makassar. Cepat pesan tiket dari sekarang kalau tak mau kehabisan, Coto Makassar menanti, lho. Next