10 Tempat Menikmati Udara Pagi di Awal Tahun 2017

Sebentar lagi tahun baru 2017 akan segera datang menghampiri kita semua. Apa kamu sudah punya rencana untuk merayakan momen pergantian tahun kali ini? Atau di mana kamu akan berada di pagi pertama tahun  nanti? Berkumpul bersama keluarga di rumah saja atau pergi ke luar kota?

Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke luar kota di saat pergantian tahun kali ini tapi masih bingung mau kemana, ada baiknya kamu simak 10 tempat di bawah ini yang cocok banget dijadikan destinasi wisatamu saat menyambut datangnya pagi pertama di tahun 2017. Pemandangan sunrisenya indah-indah, lho. Cek sendiri deh!

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon [image source]

Gunungkidul merupakan salah satu kawasan di Jogja yang menawarkan berbagai objek wisata dengan keindahan yang masih alami. Salah satu di antaranya adalah Bukit Pengilon. Bukit yang berada di sebelah timur Pantai Siung ini menjadi surga tersembunyi di Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Buat kamu yang hobi berkemah dan mendaki gunung, Bukit Pengilon menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menikmati udara pagi di awal tahun 2017. Karena selain menyajikan pemandangan perbukitan yang hijau di sekelilingnya, dari atas bukit ini kamu juga bisa melihat panorama laut lepas yang membentang luas dengan deburan ombak yang terdengar syahdu di telinga. Seru banget kan kalo bisa ngecamp di atas bukit ini untuk merayakan malam tahun baru bareng teman-teman dan ta-da keesokan paginya langsung menikmati segarnya udara dan indahnya panorama alam di Bukit Pengilon.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan [image source]

Kawasan Kebun Buah Mangunan terkenal dengan julukan Negeri di Atas Awan. Terletak di ketinggian 200 meter di atas permukan laut, pengunjung yang datang kemari bisa menikmati keindahan Jogja dari sudut pandang yang berbeda yaitu berupa pemandangan awan yang membalut Pegunungan Sewu serta panorama sunrise yang dapat dilihat dari Gardu Pandang Mangunan. Kebun Buah yang terletak di Kecamatan Dlingo, Imogiri ini memiliki luas 23 hektar dan ditumbuhi dengan berbagai macam tanaman buah seperti belimbing, mangga, dan durian. Di sini juga ada belasan ekor rusa yang dapat dilihat dan diberi makan secara langsung oleh pengunjung. Cukup membayar sekitar Rp 5000,- saja, kamu sudah bisa menikmati pemandangan dan pengalaman menakjubkan di pagi pertamamu di tahun 2017.

Candi Borobudur

Sunrise di Candi Borobudur [image source]

Selama ini candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini terkenal sebagai destinasi wisata religi, budaya, dan sejarah. Tapi siapa sangka kalau ternyata kita bisa menikmati indahnya matahari terbit dari atas Candi Borobudur. Jika ingin melihat sunrise dari atas candi, kamu disarankan menginap di Hotel Manohara yang terletak di kaki candi. Uniknya, biaya menginap di hotel ini sudah include tiket masuk ke Candi Borobudur. So, pengunjung sudah bisa masuk dan menikmati suasana sekitar candi mulai pukul 04.30, berbeda dengan pengunjung biasa yang baru bisa masuk pukul 06.00. Selain udara yang masih sangat sejuk, kamu juga bisa merasakan serunya berkeliling candi di saat masih sepi. Mau jogging atau lompat-lompat juga bebas, karena semua serasa milik sendiri! Sesampainya di puncak Candi Borobudur, kamu bisa langsung menikmati panorama sunrise dengan pegunungan yang mengelilingi kawasan candi.

Bukit Puthuk Setumbu

Sunrise di Puthuk Setumbu [image source]

Cara lain untuk menikmati sunrise Candi Borobudur tanpa menginap di Hotel Manohara adalah dengan menuju ke Bukit Punthuk Setumbu yang berjarak sekitar 5 kilometer dari candi. Dari sini kamu bisa melihat warna keemasan yang muncul diantara gunung-gunung yang mengelilingi seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Pegunungan Menoreh. Dari kejauhan pun masih bisa tampak kemegahan Candi Borobudur yang menjulang tinggi dikelilingi pegunungan hijau. Tak perlu khawatir akan kelaparan jika datang ke sini, karena sudah banyak pedagang makanan maupun minuman yang menjajakan barang dagangannya di sini. Bisa bayangin kan gimana asyiknya menyaksikan sunrise di pagi yang dingin ditemani segelas kopi hangat? So, kamu pilih menikmati pagi pertama di tahun 2017 di atas Candi Borobudur atau Bukit Punthuk Setumbu.

Pantai Matahari Terbit, Sanur

Sunrise di Pantai Matahari Terbit [image source]

Pantai yang masih satu garis pantai dengan Pantai Sanur ini merupakan spot terbaik untuk melihat matahari terbit di pagi hari. Karena keindahan pemandangan sunrise yang tersaji di sini, kemudian pantai ini pun diberi nama Pantai Matahari Terbit dan ramai dikunjungi wisatawan maupun para fotografer untuk menikmati serta mengabadikan cantiknya rona matahari terbit di pagi hari. Pantai Matahari Terbit menjadi salah satu tempat yang tepat dikunjungi untuk menikmati pagi pertama di tahun 2017. Di pantai ini tersedia jogging track yang dapat digunakan untuk jogging dan bersepeda. So, kamu bisa menikmati pagi pertamamu di tahun 2017 dengan melihat panorama sunrise sekaligus berolahraga dan menghirup udara segar. Seru sekaligus menyehatkan, kan?

Danau Batur

Sunrise di Danau Batur [image source]

Jika biasanya para wisatawan yang sedang berada di Bali datang ke pantai untuk melihat sunrise, namun ternyata Danau Batur juga menyajikan pemandangan sunrise yang tak kalah indah dari yang di pantai,lho. Danau Batur terletak tepat di lereng Gunung Batur atau di kawasan Kintamani. Danau yang terletak di ketinggian 1050 meter di atas laut ini merupakan danau terluas di Bali. Suasananya yang masih sangat alami serta suhu udara yang begitu sejuk khas pegunungan menjadi daya tarik tersendiri danau ini. Air danaunya pun berasal dari air hujan dan rembesan air dari hutan yang ada di Gunung Batur. Rasakan segarnya suasana di Danau Batur sekaligus cahaya keemasan matahari pagi yang menyelinap melalui celah-celah pegunungan.

Gunung Batur

Sunrise di Gunung Batur [image source]

Satu lagi spot menarik untuk menikmati sunrise indah di Bali, yaitu di Gunung Batur. Bagi para pecinta gunung dan mereka yang hobi mendaki gunung, akan sangat sayang rasanya jika hari pertama di tahun 2017 tidak dilewatkan dengan menikmati keindahan di atas gunung. Gunung yang menyimpan sejuta pesona keindahan ini memiliki ketinggian 1.717. Jalur pendakian yang terbilang tidak terlalu berat, membuat gunung ini bisa dikunjungi siapa saja yang penasaran dengan keindahannya. Selain keindahan panorama indah yang siap menyambut, di puncak gunung juga terdapat warung yang siap menyembuhkan rasa lapar dan lelahmu dengan hidangan mie rebus hangat serta kopi panasnya. So, kapan lagi bisa menikmati keindahan Pulau Bali dilengkapi dengan rona keemasan matahari yang sedang terbit dari atas ketinggian, sambil ditemani mie rebus hangat pula!

Gunung Bromo

Sunrise di Gunung Bromo [image source]

Gunung yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini berada di Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Pengunjung yang datang ke Gunung Bromo di pagi hari biasanya langsung menuju ke View Point yang terbagi menjadi 5 tempat yaitu Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong dan Puncak B29. Di view point ini pengunjung bisa menikmati panorama sunrise yang bersanding dengan panorama Gunung bromo dari atas bukit. Tidak seperti gunung-gunung lainnya, jika berwisata ke Gunung Bromo kamu nggak perlu capek-capek mendaki karena untuk sampai kemari bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan bermotor. So, buat kamu yang nggak hobi naik gunung karena takut kecapekan nggak perlu khawatir untuk berkunjung kemari.

Gunung Ijen

Gunung berapi aktif yang berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit untuk dikunjungi saat pagi hari. Di objek wisata ini terkenal dengan fenomena blue fire atau api biru, yaitu fenomena alam berupa pertemuan antara gas belerang yang keluar dari tanah dengan oksigen kemudian memancar dan terlihat seperti api biru. Fenomena ini hanya dapat disaksikan pada dini hari menjelang pagi hari sekitar pukul 05.00 karena pada saat itu kadar oksigen sedang bagus-bagusnya.

Gunung Ijen [image source]

Saat matahari mulai terbit, perlahan pengunjung dapat melihat warna keemasan yang masuk melalui sela-sela gunung. Dan setelah matahari muncul dengan sempurna menyinari bumi, kamu akan melihat betapa indahnya panorama di Gunung Ijen baik di bagian kawah dengan warna serba putih maupun di bagian gunung yang rimbun dengan hijaunya pepohonan. Menang banyak deh pokoknya kalau berkunjung kemari!

Gunung Rinjani

Sunrise di Gunung Rinjani [image source]

Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jika punya uang lebih, kamu bisa melewatkan malam pergantian tahun dan menikmati pagi pertamamu di tahun  di atas gunung ini. Gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut ini sudah sangat terkenal akan keindahannya. Tak heran jika wisatawan yang datang kemari tidak hanya wisatawan lokal tapi juga dari mancanegara. Meski beberapa bagian di jalur pendakian tergolong cukup terjal dan menguras tenaga, namun seluruh energimu akan terbayar segera setelah sampai di atas puncak. Nikmati keindahan sunrise dan pegunungan yang eksotis serta udara yang segar khas Gunung Rinjani!

Inilah kesepuluh tempat yang cocok kamu jadikan destinasi untuk menikmati pagi pertamamu di tahun 2017 nanti. Kira-kira kamu mau pilih yang mana?

One Comment

Leave a Reply
  1. Kenapa hanya menampilkan 10 tempat saja, kalau boleh tahu dasar atau acuannya apa ya, apakah berdasarkan survey, atau berdasarkan banyaknya pengunjung 10 tempat tersebut?

    Untuk daerah Malang gak ada yang cocok ya,
    padahal ini daerah terdekat yang paling mungkin dikunjungi?

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *