Liburan Tahun Baru Sendirian di Bali? Siapa Takut!

Tahun baru tinggal menghitung hari, yuk rencanakan perjalananmu ke tempat keren seperti Bali. Jangan ragu cuma karena nggak ada travelmatenya, berangkat saja sendirian! Justru sensasinya akan lebih menantang. Liburan ramai-ramai itu sudah biasa bukan? Pada momen pergantian tahun nanti kamu bisa menuju ke salah satu pusat perayaan paling meriah di Bali. Akan ada banyak turis dari berbagai daerah dan negara untuk menikmati manisnya Bali di penghujung tahun ini.

Kamu perlu tahu bahwa liburan sendirian atau traveling solo itu tidak semenakutkan dan sesulit yang kamu bayangkan. Memang sih dalam beberapa hal kamu harus melakukannya sendiri, tapi dengan beberapa tips berikut ini, perjalananmu mencari kesenangan bakalan lebih fenomenal. Lalu bagaimana biar Bali jadi tempat keren di benakmu? Ini caranya!

1. Persiapkan Perjalanan dan Kedatanganmu

Merencanakan Perjalanan [image source]
Bali sudah fix ya jadi destinasi liburanmu tahun baru nanti? Maka yang harus kamu lakukan setelahnya adalah memikirkan bagaimana kamu akan ke sana, alias transportasinya. Cari tahu mulai sekarang tentang biaya transportasi misalnya pesawat terbang kemudian segera memesannya agar tidak kehabisan tiket. Lebih baik pesan juga untuk pulangnya. Baru setelah itu memesan akomodasi. Jika kamu tiba saat malam hari, lebih baik memilih penginapan yang bersedia melakukan pejemputan. Kamu nggak mau terlantar dan ke mana-mana hanya untuk mencari penginapan kan?

2. Sewa Sepeda Motor Saja

Sewa Motor [image source]
Begitu Tiba di Bali, pasti kamu nggak sabar ingin mengunjungi tempat-tempat populernya seperti Pantai Kuta yang ramai setiap waktu. Ya, kamu memang harus melakukan itu, sudah jauh-jauh ke Pulau Dewata kok di hotel saja, kan sayang. Ketika liburan akhir tahun, jalanan di Bali biasanya padat, bahkan sampai macet. Maka dari itu, saya menyarankan untuk menyewa kendaraan sepeda motor saja. Tentu kamu harus memesannya jauh-jauh hari juga.

3. Jalan di Kuta akan Ditutup Saat Malam Tahun Baru

Jalan di Kuta akan Ditutup Saat Malam Tahun Baru [image source]
Ini informasi penting yang harus kamu tahu. Kuta akan penuh sesak oleh wisatawan-wisatawan yang ingin menghitung momen akhir tahun. Agar tidak terjadi kemacetan total, maka kepolisian setempat memutuskan untuk menutup jalanan di Kuta, termasuk juga legian. Diperkirakan sat sore hari jalan sudah dalam keadaan steril tanpa kendaraan baik yang melintas ataupun parkir. Lalu untuk pengunjung yang membawa kendaraan akan diarahkan untuk parkir di sekitar Jalan Dewi Sri.

4. Menghindari Keramaian dan Mendapat Kenyamanan

Menghindari Keramaian dan Mendapat Kenyamanan [image source]
Sudah bisa dipastikan bahwa Kuta akan menjadi tempat yang ramai dengan sorak-sorak, nyanyian, hingga pesta kembang api. Jika kamu nggak terlalu suka dengan hiruk pikuk seperti itu bisa mengalihkan tujuan ke luar Kota Denpasar. Misalnya saja Ubud, letaknya yang berada di pegunungan akan memberikan ketenangan. Kamu bisa mengistirahatkan tubuh dan menenangkan pikiran sambil memikirkan resolusi untuk tahun depan.

5. Jangan Beli Sembarangan

Jangan Beli Sembarangan [image source]
Lakukan kontrol diri ketika liburan sendirian, khususnya dalam hal belanja. Kebanyakan orang jadi lupa diri saat berhadapan dengan pusat oleh-oleh dan souvenir, main ambil tanpa mempertimbangkan harga dan kualitas. Perhitungkan baik-baik berapa biaya untuk belanja ini dan itu agar kamu tidak kehabisan uang dan menyesal kemudian. Belilah oleh-oleh khas yang hanya ada di Bali dan tidak kamu temukan di tempat lain. Barangnya jadi lebih bernilah bukan?

Itulah beberapa tips untuk mengisi liburan tahun baru di Bali nanti. Liburan itu tentang bagaimana kita memanjakan diri, be your self! Sendirian bukan berarti kesepian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *