Rekomendasi Kuliner dari Surabaya Foodies, Bikin Ketagihan!

Waktunya jalan-jalan ke kota pahlawan, Surabayaa! Ibu kota dari Jawa Timur ini memang merupakan salah satu kota terbesar setelah Jakarta. Mau cari apa saja, ada di Surabaya. Selain terkenal sebagai kota metropolitan terbesar ke dua di Indonesia dengan sederetan mall-mall papan atas, Surabaya juga merupakan pusat dari pendidikan di Jawa Timur, lho.

Surabaya dikenal sebagai kota dengan cuaca yang sangat panas. Kalau sempat bingung mau jajan apa saat jalan-jalan ke kota kelahiran Bung Tomo ini, jangan khawatir. Kami punya sederetan kuliner jaminan enak yang bisa dicoba satu persatu. Sudah siap?

Surabaya Juga Punya Pecel Ciamik

Pecel Ambulan Kraggan Surabaya
Pecel Ambulan Kraggan Surabaya (image source)

Surabaya merupakan kota yang tak pernah mau. Saat kelaparan tengah malam pun tak perlu khawatir. Ada pecel enak banget yang justru baru buka di tengah malam sampai subuh. Yaitu Pecel Ambulan yang lokasinya ada di Jalan Kranggan (depannya BG Junction / Sebelahnya pasar blauran). Harga seporsinya mulai 12 ribu dan tergantung lauk yang dipilih. Ada empal, telur dadar yang gendut banget. Duh, kenyaaang bahagia, deh.

Nggak Perlu Nunggu Lebaran Haji untuk Makan Kambing, Lho

Nasi Kebuli Depot Madinnah Ampel Surabaya
Nasi Kebuli Depot Madinnah Ampel Surabaya (image source)

Biasanya harus nunggu Lebaran Haji atau Idul Adha uintuk menikmati berbagai hidangan dari olahan kambing. Tapi, Surabaya punya tempat yang bisa dijadikan tujuan saat kangen makan kambing tiba-tiba muncul. Coba mampir ke Depot Madinnah yang berlokasi di Jl. K.H.M Mansyur 1/12 (Belakang Hotel Grand Kalimas). Jangan cuma coba sate kambingnya, rasakan juga nikmatnya nasi kebuli yang penuh daging kambing yang harganya cuma 25 ribu. Hmm, hati-hati kolesterolnya, ya.

Hidangan Juara DiMakan Saat Hujan Ataupun Panas

Bakso Kikil Sapi Manunggal Cak Mat
Bakso Kikil Sapi Manunggal Cak Mat (image source)

Yang doyan sruput-sruput sum-sum harus coba yang mampir ke tempat satu ini. Adalah Bakso Kikil Sapi Manunggal Cak Mat yang terletak di Jl. Jolotundo No.10, Surabaya. Bakso yang kenyal ditemani dengan kuah kaya rasa ini memang juara. Jangan lupa untuk pesan kikilnya juga, ya. Untuk sum-sum, kamu harus datang lebih pagi agar tak kehabisan. Seporsi bakso kikil sudah bisa dinikmati hanya dengan 18 ribu rupiah saja. Untuk sum-sumnya bisa tambah 5000 saja sudah dapat 2 potong. Selamat kenyang, ya!

Pernah Dengar Tentang Nasi Babat? Coba Di Sini!

Nasi Babat Ngagel Surabaya
Nasi Babat Ngagel Surabaya (image source)

Surabaya terkenal dengan Rawon Setannya. Tapi kalau sudah bosan dengan rawon, nasi babat ini bisa banget jadi pilihan, lho. Ada Nasi Babat super enak di Jalan Ngagel Jaya Selatan no 143. Seporsi nasi campur, yang berisi babat, usus, paru harganya cuma 25 ribu saja. Kalau kurang, bisa minta tambah ekstra paru, usus, atau paru dengan masing-masing 12 ribu. Hmmm, jangan khawatir kehabisan. Warungnya buka sampai tengah malam, kok. Silakan mencoba dan selamat ketagihan, ya!

Nasi Ayam Legendaris yang Nggak Bikin Kantong Meringis

Nasi Ayam Pak De Saijo
Nasi Ayam Pak De Saijo (image source)

Yang sedang jalan-jalan kena macet di daerah Darmo, bisa mampir sambil nyobain Nasi Ayam-nya Pak De Saijo, nih. Lokasinya ada di Jalan Simpang Darmo Permai Selatan, kiri jalan setelah Indomaret dengan gerobak yang paling ramai. Nasi Ayam Pak De Saijo dilengkapi telur dan disiram dengan bumbu jawa yang rasanya susah dilupakan. Untuk rasa lebih mantap, silakan minta ekstra bumbu, ya. Berapa? Sepiring 15 ribu rupiah ini sudah bisa bikin perut bahagia, lho.

Ini Bukan Nasi Goreng Biasa, Lho!

Nasgor Pak Tohir Surabaya
Nasgor Pak Tohir Surabaya (image source)

Jajanan pinggir jalan memang punya daya tarik tersendiri, ya. Salah satunya adalah Nasi Goreng duk duk yang dijual di gerobak-gerobak. Salah satu yang enak adalah Nasi Goreng Pak Tohir yang berjualan di Jl. Manyar Kertoadi gang IV, Surabaya (Jualannya depan rumah No.33). Sekali masak bisa langsung banyak banget. Tapi, jangan khawatir soal rasanya. Bisa juga minta esktra telur. Seporsi lengkap dengan dadar telurnya hanya 14 ribu rupiah. Siapa bilang makan enak di Surabaya itu mahal?

Mie Ayam yang Ayamnya Nggak Pelit!

Mie Ayam Embong Wungu Surabaya
Mie Ayam Embong Wungu Surabaya (image soure)

Yang doyan dengan mie ayam biasanya mengeluh dengan sedikitnya potongan ayam di dalamnya. Nah, boleh nih coba Mie Ayam Rizky yang berlokasi di Embong Wungu, persis seberang PLN ada semacam gang yang sebagai tempat paguyuban PKL. Sudah lihat kan kalau Mie Ayam satu ini nggak pelit memberi potongan daging? Selain itu, rasa mie-nya juga kenyal banget dan bikin nagih. Seporsinya hanya 11 ribu rupiah. Hmmm, sayang banget buat dilewatkan, kan?

Lontong Mie Nyonya Ini Memang Endeus Banget

Lontong Mie Nyonya Marlia, Surabaya
Lontong Mie Nyonya Marlia, Surabaya (image soure)

Ada yang berkunjung ke Surabaya untuk belanja di Pasar Atum? Wah, ada makanan enak banget di Pasar Atum, nih. Silakan coba Lontong Mie Nyonya Marlia yang terletak di Pasar Atum Lantai 2 Tahap 1/2190B. Rasa segar Lontong Mie satu ini bisa didapat dengan mengeluarkan uang 23 ribu rupiah saja. Jangan lupa tambah sate kerang yang harganya cuma 1500 per tusuknya. Jangan lupa bungkus untuk orang rumah, ya?

Siap-siap Nambah Porsi untuk Bebek Goreng yang Satu Ini

Bebek Donal Surabaya
Bebek Donal Surabaya (image source)

Yang doyan bebek mana nih suaranya? Wah, kamu tak bisa dibilang pecinta bebek goreng sejati kalau belum cob Bebek Donal yang terletak di Kedung Doro No. 71, Surabaya(depan ruko no 71). Seporsi bebek gurih, kriuk di luar tapi juicy di dalam dijual dengan harga 20 ribu rupiah, sudah sama nasinya, lho. Yang paling seru, sambalnya dan juga bumbu kuning bisa ambil sepuasnya sesuai selera. Makan siang pakai menu ini, ditemani es teh manis rasanya enak juga, nih.

Ngemil Enak Pakai Batagor

Batagor Budi Mulia Surabaya
Batagor Budi Mulia Surabaya (image source)

Suka bingung mau makan apa saat pengen ngemil-ngemil sore di Surabaya? Kenapa tak coba makan batagor saja. Di Jl. Raya Ngagel No.27, Surabaya, ada Batagor Budi Mulia yang sudah terkenal enak. Seporsinya hanya dijual dengan harga 15 ribu saja. Bumbu batagor Budi Mulia kaya akan kacang kasar yang rasanya enak banget. Meski parkirannya sempit, banyak juga yang rela bungkus demi merasakan kenikmatan batagor yang satu ini. Next