Lahir di Tambang, Jeans Menjelma Jadi Pakaian Wajib Saat Traveling

Tak hanya ke tempat kerja atau kampus, traveling juga butuh penampilan yang menarik dan gaya. Jenis pakaian yang paling mudah digunakan dan dikombinasikan adalah jeans. Tahukah kamu sebelum populer seperti sekerang ini, jeans adalah pakaian penambang di Amerika? Simak info dari Travelingyuk berikut!

Cikal Bakal Jeans

Produk Levi’s [image source]

Amerika adalah tempat di mana trend jeans berkembang pesat ditandai dengan banyaknya orang yang memakainya. Namun cikal bakal atau asal kain yang dikenalkan oleh Levi Strauss itu dari Genoa dan dalam Bahasa Prancis disebut blue de Gnes. Berawal dari modal nekat dan keinginan untuk mengadu nasib ke negara lain, Levi pindah ke California di Amerika Serikat. Dengan mengandalkan sisa-sisa kain kanvas yang ia bawa dari tempat asalnya, Levi mulai membuat celana dan dijual pada para pekerja tambang sekitar tahun 1870-an.

Selalu ada cadangan jeans di koper saat traveling [image source]

Sang Penemu Jeans

Levi Strauss [image source]
Segera setelah dikenalkan, celana kanvas ala Levi langsung laku keras dan jadi favorit para pekerja tambang. Demi memperbaiki kualitas kain, pria asal Jerman itu sampai memesan kain genes dari Genoa. Sejak saat itulah muncul istilah Jeans dan identik dengan kelas pekerja. Kesuksesan Levi  rupanya menarik Jacob Davis untuk bekerja sama. Hak paten atas produk mereka didapat tahun 1873, baik Levi maupun Davis dianggap sebagai penemu Jeans.

Celana jeans jadi pilihan yang nyaman untuk traveling [image source]

Pakaian Favorit Pekerja Tambang

Jeans digunakan oleh para pekerja di masa silam [image source]
Tentu ada alasan kenapa pakaian yang dibuat dari bahan jeans begitu mudahnya menarik golongan para pekerja tambang. Bahkan jauh sebelumnya para angkatan laut di dari Genoa, Italia juga menggunakan celana dengan kain yang tebal dan berat. Jeans yang dijual oleh Levi dan Davis tidak mudah sobek dan cocok untuk pekerja di tambang. Segera setalah dipatenkan celana jeans menjadi seragam tidak resmi para penambang.

Para pekerja masa kini juga masih banyak yang menggunakan jeans [image source]

Perkembangan Jeans dari Masa ke Masa

Skinny Jeans [image source]
Kepopuleran jeans terus meningkat bahkan sampai ke luar Amerika. Jujur saja, mungkin di dalam lemarimu saat ini ada satu atau dua potong pakaian berbahan jeans. Ini membuktikan bahwa ada tren fashion yang tak lekang oleh zaman, meski modelnya berubah-ubah. Kamu masih ingat dengan model cutbray jeans yang dipakai oleh Elvis Presley? Celana seperti itu sangatlah hits di tahun 1970an. Sedangkan saat ini kebanyakan model skinny jeans dan ripped jeans masih mendominasi.

Ripped Jeans [image source]
Sudah tahu tentang sejarah jeans, bukan? Kamu punya model jeans apa saja nih untuk traveling? Tinggal di kombinasikan dengan tips fashion yang pas, kamu bisa tampil dengan penuh pesona. Next