Jajan Unik dan Hits Ini Buat Kamu Bakal Ketagihan Setengah Mati

Siapa yang ngga suka ‘jajan’? Yakin, dijamin semua orang baik tua, muda bahkan anak-anak sekalipun pasti menyukai makanan ringan atau yang biasa dikenal dengan istilah jajanan. Jajanan sendiri memiliki dua kategori yaitu, mulai dari jajanan tradisional dan jajanan modern. Indonesia terdiri dari lebih 1000 pulau dan 34 provinsi, dimana setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing. Jadi, bisa dibayangkan akan ada banyak sekali jenis jajanan yang terdapat di tanah air tercinta ini, bukan? Nah! Berikut ini jajanan unik bukan hanya dari nama, bentuk ataupun bahan dasar pengolahannya tapi juga cita rasa khas dari setiap jajanan ini bakal buat kamu ketagihan lagi, lagi dan lagi.

1. Ampo

Ampo [image source]
Secara tampilan jajanan ini terlihat seperti stik coklat, tapi siapa sangka kalau bahan dasar pengolahan bisa dibilang cukup unik bahkan tidak lazim. Tanah liat adalah bahan dasar dari jajanan Ampo. Eits! Tapi jangan salah, tidak semua tanah liat bisa dijadikan sebagai jajanan Ampo, lho ya. Tanah liat bebas krikil dan batu dan berwarna hitam kecoklatan dengan tekstur lembut adalah tanah liat yang pas dan cocok untuk dijadikan bahan dasar Ampo. Jajan Ampo sendiri berasal dari daerah Tuban, dimana masyarakat Tuban masih percaya jika mengkonsumsi tanah liat dapat menyembuhkan berbagai penyakkit. Ampo dibuat dari lapisan tipis tanah liat yang diiris dengan menggunakan bambu, kemudian diasapi selama kurang lebih satu jam. Setiap gigitan akan terasa krispi, jajanan ini biasanya cocok disandingkan dengan secangkir kopi ataupun teh hangat.

2. Sempol

sempol [image source]
Jajanan satu ini bisa dibilang salah satu jajanan yang sedang hits, khusunya di wilayah Jawa Timur. Sempol merupakan jajan yang berbadan dasar olahan ayam bercampur dengan tepung kanji dan sedikit tepung terigu yang dibentuk seperti tempura dengan lidi yang ditusuk sebagai peyangga. Cara penyajiannya juga terbilang unik, karena sebelum digoreng sempol ini dilumuri oleh kuning telur yang sudah dikocok merata. Sempol akan semakin nikmat saat dicampur dengan bumbu kacang dan saus selagi hangat.

3. Sagon

sagon [image source]
Sagon terbuat dari sagu yang dicampur dengan parutan kelapa serta gula. Sagon kemudian dicetak dan dibakar diatas kayu atau arang. Jadi ngga heran kalau jajan Sangon ini punya rasa gurih manis dan aroma yang cukup khas. Sangon adalah jajanan tradisional hits di daerah Wonosobo.

4. Peuyeum

peuyeum [image source]
Jajanan ini terbuat dari pengolahan tape, tetapi penyajian peuyeum biasanya lebih kering dibandingan dengan jajan yang berasal dari tape lainnya. Peuyeum dikemas seperti kue seperti bentuk roll taupun berbentuk kotak-kotak. Untuk cita rasa tape yang gurih dan nikmat, peuyeum juga bisa disajikan dengan berbagai pilihan toping mulai dari coklat, keju dan toping lain sesuai selera. Peuyeum adalah salah satu pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang saat berkunjung ke Bandung.

5. Colenak

Colenak [image source]
Colenak adalah singkatan dari ‘Dicocol Enak’. Colenak ini memiliki bahan dasar yang sama dengan pembuatan peyeum yaitu berasal dari tape. Bedanya, colenak ini disajikan dengan cara dibakar diatas arang dan disiram ddengan saus yang berasal dari gula merah cair. Sebagai pelengkap colenak biasanya juga ditaburi dengan parutan kelapa muda untuk menambah cita rasa gurih. Jika sedang berlibur di daerah Bandung, jangan sampai kelewatan berburu jajan ini khusunya saat berada di kawasan Ciputra Bandung.

6. Seblak

seblak [image source]
Kalau biasanya kerupuk adalah camilan yang sering kita temui dengan cara digoreng, nah ini bedanya kerupuk dan seblak. Seblak adalah kerupuk mentah yang sengaja direbus hingga tekstur kerupuk menjadi lebih lembut dan kenyal. Kemudian dicampur dengan berbagai bahan seperti bawang, kencur, garam dan berbagai rempah-rempah lain untuk menghasilkan kenimatan yang kian sempurna. Seblak ini juga bisa dikolaborasi dengan campuran lain seperti mie, ataupun makroni. Cita rasa seblak juga dapat dipilih berdasarkan selera mulai dari manis hingga pedas. Kini seblak mempunyai banyak pilihan mulai dari seblak ceker, seblak kwetiiau dan seblak tulang.

Rekomendasi jajanan unik dan hits ini bisa kamu jadikan referensi untuk hunting kuliner saat sembari mengisi waktu luang disaat liburan bersama orang terkasih, baik sahabat, pasangan atapun keluarga. So Happy weekend and keep healthy. Nantikan rekomendasi jajanan menarik dan tentu bikin ketagihan lainnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *