Pulau Kecil di Belitung untuk Island Hopping Seru

Jika di wilayah timur Nusantara ada Raja Ampat yang cantiknya sungguh istimewa, di wilayah barat terdapat Kepulauan Bangka Belitung yang keindahannya cetar membahana. Kali ini kita akan membahas tentang kegiatan island hopping di Belitung. Jika dipraktikkan berarti perjalanan dari satu pulau ke pulau lain untuk berwisata atau melakukan sesuatu yang lebih seru. Namanya saja kepulauan, nggak heran jika Belitung memiliki gugusan-gugusan daratan kecil di sepanjang wilayahnya. Beberapa ada yang sudah terkenal dan menjadi langganan para turis, bahkan ada juga yang dijadikan sebagai lokasi syuting film.

Provinsi yang ada di bagian utara Pulau Sumatera itu memiliki 470 pulau termasuk Bangka dan Belitung. Dari semua itu, tak sampai seratus pulau yang sudah di huni. Di sekitarnya terdapat spot-spot yang berpotensi sebagai tempat wisata bahari. Maka untuk kegiatan island Hopping Belitung adalah surganya. Lalu tempat apa saja yang bisa kamu datangi? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Pulau Memperak

Pulau Memperak [image source]
Pulau Memperak belum terlalu popule, hanya segelintir orang yang pernah dan sudah membuktikan seperti apa keindahan pulau ini. Letaknya ada di Kabupaten Belitung Timur dan saat ini masih dikembangkan menjadi lokasi santai yang nyaman. Air Lautnya nampak jernih menampilkan gradasi warna biru dan hijau. Di bawah permukaan laut malah lebih menawan lagi, terumbu karang dan ikan-ikan kecil menunggu untuk kamu kunjungi. Bawa juga peralatan snorkelmu ya, agar bisa lebih leluasa berenang dan mengintip kehidupan bawah laut di Pulau Memperak. yang jadi primadona wisata pantai di Belitung ini.

2. Pulau Seliu

Pulau Seliu [image source]
Pulau Seliu merupakan sebuah Desa Kepulauan yang masuk dalam wilayah Kecamatan Membalong. Luas daratannya memang tidak seberapa dan hanya ada sekitar 364 Kepala Keluarga yang mendiami pulau ini. Namun soal pemandangan alam bawah laut serta pantai, Pulau Seliu pantas jadi primadona di Belitung. Pantainya memiliki pasir putih yang lembut dab udara sejuk. Untuk sampai di sini, kamu harus menempuh perjalanan laut dari Pelabuhan Teluk Gembira, sekitar 67 km dari Tanjung Pandan.

3. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas [image source]
Pulau Lengkuas bisa kamu capai jika berangkat dari Desa nelayan Tanjung Binga dengan naik perahu. Mengarungi laut sambil melihat gugusan pulau di kejauhan sudah jadi ajang yang seru, apalagi setelah kamu menginjakkan kaki di pulau seluas sekitar satu hektare itu. Nikmati waktu liburanmu dengan berjalan-jalan di pinggir pantai melintasi batu-batu granit besar yang menjulang tinggi hingga berteduh di bawah sambil menghirup angin laut. Ikon pulau ini terletak pada bangunan mercusuar tua yang dibangun Belanda sekitar tahun 1882. Para pengunjung diperbolehkan naik sampai ke puncak mercusuar, pemandangan laut dari ketinggian akan tersuguh di depan mata.

4. Pulau Pasir

Pulau Pasir [image source]
Disebut pulau pasir karena hanya berupa hamparan pasir laut yang berwarna putih bersih dikelilingi oleh lautan yang berwarna biru. Kamu tidak bisa datang ke tempat ini setiap waktu, karena kemunculannya hanya terjadi saat air laut sedang surut saja. Sebaliknya, ketika pasang datang maka Pulau Pasir akan tenggelam. Karena tidak terlalu luas, maka Pulau Pasir tidak cukup bisa menampung banyak pengunjung. Kamu bisa berhenti sejenak di sini dalam perjalananmu melakukan island hopping dari Pantai Tanjung Kelayang di Belitung.

5. Pulau Garuda

Pulau Garuda [image source]
Pulau garuda juga bisa didatangi dengan perjalanan laut dari Pelabuhan Tanjung Kelayang, Belitung. Disebut begitu karena adanya tumpukan batu granit besar yang bentuknya menyerupai kepala burung garuda. Sebagian masyarakat setempat juga menyebutnya sebagai Pulau Burung. Sempatkan juga untuk mampir ke Pulau Kelayang, keduanya berdekatan dan terhubung dengan laut dangkal yang jernih. Ada banyak pohon kelapa yang rindang dengan rumput-rumput liar di sini.

6. Pulau Batu Berlayar

Batu Berlayar [image source]
Pulau-pulau di Bangka Belitung identik dengan batu granit yang ukurannya besar di sepanjang tepian pantai. Sebuah hamparan yang Instagram-able serta fotogenic. Salah satu spot foto yang paling diburu adalah Beberapa batu yang saling berdampingan menjulang tinggi membentuk layar perahu. Itulah mengapa tempat ini disebut Pulau Batu Berlayar. Letak daratan ini tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang.

Itulah beberapa pulau pilihan yang bisa kamu datangi untuk island hopping di Belitung. Ikuti hati dan mari menjalah sampai ke pelosok negeri. Baca juga ulasan pantai-pantai di Belitung di sini.

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *