Gili Nanggu, Pulau Eksotis Super Indah di Lombok

Mau yang anti mainstrem tapi tidak mau jauh-jauh dari Gili Trawangan? Datang saja ke Gili Nanggu, lokasinya masih sama-sama di barat Pulau Lombok kog tapi suasana di sini lebih sepi jadi puas deh kalau mau main-main sendiri. Buat yang belum kenal dengan Gili Nanggu, sini Travelingyuk kenalkan sama pulau kecil yang keren ini.

Gili Nanggu adalah pulau kecil yang secara administratif berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Posisinya terletak di tengah Selat Lombok yang memisahkan Pulau Seribu Masjid dengan Pulau Dewata. Ada dua cara yang bisa wisatawan pilih untuk menyeberang ke pulau ini.

Gili Nanggu, via instagram
Gili Nanggu, via instagram

Cara pertama dengan menuju ke Pelabuhan Lembar yang berjarak 27 kilometer dari Mataram. Setelah itu menumpang speedboat atau perahu dengan lama perjalanan sekitar 35-45 menit. Atau cara kedua yaitu start dari Tawun, Sekotong yang jaraknya 47 kilometer dari Mataram. Jika lewat Tawun wisatawan hanya butuh menyeberang selama 15 menit saja.

Karakteristik Gili Nanggu tidak beda jauh dari Tiga Gili baik itu Trawangan, Meno atau pun Air yaitu punya pantai pasir putih, ombak landai, air jernih dan kaya terumbu karang serta biota laut. Yang membedakannya adalah suasana di pulau yang lebih sepi dibanding Tiga Gili lantaran pulau ini memang belum banyak diketahui dan diekspose sebagai tujuan wisata populer.

Pantai di Gili Nanggu, via instagram
Pantai di Gili Nanggu, via instagram

Namun jangan khawatir dengan fasilitas yang ada di dalam pulau. Gili Nanggu sudah dipersenjatai dengan banyak fasilitas termasuk akomodasi modern yang memiliki sarana pendukung seperti wahana watersports, jogging trek, serta perlengkapan diving dan snorkeling. Wisatawan pun akan merasa sedang berada di pulau pribadi karena Gili Nanggu hanya dihuni oleh manajemen dan staf resor.

Snorkeling di Gili Nanggu, via instagram
Snorkeling di Gili Nanggu, via instagram

Menilik ke dalam lautnya, Gili Nanggu dianugerahi dengan taman laut yang indah. Tidak perlu berlayar ke tengah laut, beberapa ratus meter dari bibir pantai wisatawan sudah bisa melihat gugusan terumbu karang yang jadi rumah dari aneka ikan kecil berwarna-warni. Jika beruntung wisatawan bisa menemukan penyu dan berenang bareng di dasar laut yang kedalamannya hanya beberapa meter saja. Lihat peta lokasi Gili Nanggu selengkapnya pada peta di bawah ini.

Next

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.