Pemandangan Gerbang Tol Serasa di Swiss

Tol Baru Indonesia

Swiss merupakan salah satu negara yang memiliki pemandangan eksotis dengan rangkaian pegunungan berlapis salju. Dari berbagai sudut, negara ini tidak pernah membuat wisatawan bosan. Sayangnya, biaya perjalanan untuk ke sini sangatlah mahal. Belum lagi akomodasi hingga harga makanan juga tidak murah.

Nah, kamu yang sudah tidak sabar untuk terbang ke Swiss tapi tabungan belum cukup, mampir saja ke Jawa Tengah. Salah satu kotanya menyajikan panorama alam yang mirip dengan pegunungan di Swiss. Dilansir dari Merdeka, tempat tersebut adalah Gerbang Tol Salatiga dengan latar pegunungan yang masih satu rangkaian dengan Gunung Ungaran. Tidak percaya? Lihat saja foto berikut ini!

Wajah Cantik Gerbang Tol Salatiga
Wajah Cantik Gerbang Tol Salatiga [image source]
Gerbang Tol Salatiga masih belum dioperasikan. Berdasarkan kabar terbaru, jalan yang menghubungkan Salatiga dan Bawen sepanjang 17,50 km ini sedang dalam proses penyelesaian. Rencananya, tol tersebut baru akan digunakan tujuh hari sebelum lebaran tahun ini. Pembukaan gerbang tol diharapkan akan mengurangi angka kemacetan yang sering terjadi di sepanjang jalan Semarang- Solo. Wah, sudah siap menikmati keindahan Swissnya Indonesia belum?

Jalan Tol Siap Digunakan mudik tahun ini
Jalan Tol Siap Digunakan mudik tahun ini [image source]
Bukan hanya gerbang tol yang menarik, kamu bakal terpesona dengan keindahan wisata Salatiga di sekitar jalur ini. Mulai dari pepohonan hijau rimbun, perbukitan yang eksotis, bahkan Rawa Pening dapat dilihat sebelum sampai gerbang tol Bawen. Tentu perjalananmu tidak akan membosankan, apalagi terkendala macet. Terkait tarif untuk bisa masuk di sini, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengusulkan biaya Rp1.000,- per km atau Rp17.000,- di ruas Bawen-Salatiga. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui angka pasti berapa yang akan dikenakan kepada pemakai jalan tol.

Jalan Tol Salatiga
Jalan Tol Salatiga [image source]
Sekadar informasi, ada satu bagian yang mungkin cukup sulit dilalui bagi pengemudi jika nanti melewati jalur ini. Selepas masuk melalui jalur stasiun Tuntang, terdapat turunan dengan tikungan tajam. Turunan ini terbilang sangat berbahaya, terutama bagi kamu yang belum memiliki kemampuan berkendara yang handal. Apalagi saat musim hujan, pastinya membuat permukaan jalan lebih licin.

Karena itu pula, kamu perlu mengecek kendaraan terlebih dahulu sebelum berangkat dan melewati jalur ini. Dan ada baiknya untuk tidak memaksa lewat tol ini jika masih belum menguasai jalan yang menantang. Next