10 Destinasi Wisata di Kulon Progo yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Pernah dengar nama Kulon Progo? Well, bagi pecinta traveling pasti tahu betul nama kabupaten yang terletak di Yogyakarta ini. Yap, Kulon Progo yang belakangan mempromosikan dirinya sebagai The Jewel Of Java ini banyak menarik perhatian banyak orang. Dari mulai barisan perbukitan yang memanjang dari selatan ke utara hingga aliran sungai cantiknya sudah pasti dikenal oleh banyak pecinta traveling.

Bagi kamu yang tak pernah bertandang ke Kulon Progo, tak perlu khawatir. Pasalnya, Travelingyuk bakal menunjukkan 10 destinasi wisata di Kulon Progo yang pastinya bakal membuatmu terpana. Nah, tak sabar dengan pemandangan cantik di kabupaten Kulon Progo ini kan? Yuk, intip dan masukkan daftar tujuan travelingmu selanjutnya!

1. Menikmati Keindahan Kulon Progo dari Kalibiru

Kalibiru
Kalibiru [image source]
Wisata Kalibiru, begitulah nama destinasi wisata pertama yang belakangan ini hits banget di sosial media. Wisata Kalibiru ini sendiri berada di Perbukitan Menoreh yang tepat berada di kecamatan Kokap. Karena berada di wilayah perbukitan, tentu saja hal yang paling menarik dari Kalibiru ini adalah pemandangannya. Bukan hanya bisa melihat pohon pinus saja, kamu juga dapat menikmati keindahan Waduk Sermo yang terkenal di Kulon Progo. Bukan hanya itu, jika beruntung, kamu dapat juga melihat hamparan pantai selatan di Kulon Progo. Makin asik, coba saja tunggu hingga matahari tenggelam untuk melihat keindahan alamnya Kulon Progo dari atas bukit Kalibiru.

Wisata Kalibiru
Wisata Kalibiru [image source]

2. Puncak Widosari yang Lengkap dengan Perkebunan Teh

puncak widosari samigaluh
puncak widosari samigaluh [image source]
Tak kalah dengan Kalibiru, ternyata ada satu lagi puncak yang dapat melihat keindahan Kulon Progo dari atas. Puncak satu ini bernama Widosari yang belakangan juga hits banget di kalangan traveler. Puncak Widosari ini sendiri terletak di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh. Bukan hanya keindahan Kulon Progo, kamu juga dapat menikmati hamparan kebun teh mungil Tritis yang biasa menjadi spot foto bagi para traveler.

Puncak Widosari
Puncak Widosari [image source]

3. Waduk Cantik dari Atas Kalibiru

Waduk Sermo Kokap
Waduk Sermo Kokap [image source]
Waduk mana lagi kalau bukan Waduk Sermo. Waduk cantik yang bisa dilihat dari Kalibiru ini sendiri terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Bukan hanya bisa menikmati keindahan waduk dan bukit dari pinggiran saja, kamu juga dapat mengelilingi waduk satu ini dengan perahu sewaan. Saat berada di tengah waduk, kamu juga bisa memancing ikan di perairan cantik satu ini. Yap, Waduk Sermo bukan hanya untuk irigasi tapi juga digunakan sebagai tempat memelihara ikan oleh warga sekitar. Nah, cantik bukan?

Waduk Sermo
Waduk Sermo [image source]

4. Waduk Cantik Saingan Sermo, Kokap

waduk mini kleco
waduk mini kleco [image source]
Ternyata, bukan hanya Kecamatan Kokap saja yang memiliki waduk terkenal di Kulon Progo. Namun, Kecamatan Girimulyo juga memiliki waduk cantik yang terletak di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo. Waduk cantik satu ini bernama Waduk Mini Kleco. Seperti namanya, waduk satu ini tak terlalu besar seperti Waduk Sermo. Namun, pemandangan di destinasi wisata satu ini bakalan membuatmu betah loh. Bagaimana tidak, selain sepi waduk satu ini juga memiliki pemandangan indah. Apalagi ketika sore telah datang, warna jingga di langit menjadi salah satu latar keindahan dari Waduk Mini Kleco.

waduk mini kleco
waduk mini kleco [image source]

5. Embung Banjaroya, Kalibawang yang Terkenal Eksotis di Kala Senja

embung banjaroya kalibawang
embung banjaroya kalibawang [image source]
Seperti Waduk Mini Kleco yang ada di Girimulyo, ternyata Kulon Progo memiliki satu lagi waduk berukuran kecil yang berada di daerah perbukitan. Waduk cantik satu ini adalah Embung Banjaroya yang memiliki keindahan sempurna di kala senja. Waduk cantik ini begitu memesona ketika dalam keadaan cerah. Selain dapat melihat perbukitan, Gunung Merapi dan Merbabu juga terlihat jelas dari sini.

Embung Banjaroya
Embung Banjaroya [image source]

6. Pantai Glagah yang Menawan di Sore Hari

Pantai Glagah
Pantai Glagah [image source]
Tak jauh dari pusat Yogyakarta, ada satu pantai yang benar-benar favorit para traveler. Ialah Pantai Glagah yang memiliki daya tarik sendiri dibandingkan pantai-pantai lainnya. Ialah Laguna atau pemecah ombak yang terlihat cantik ketika di sore hari. Laguna ini sendiri sering menjadi spot foto paling populer di banyak kalangan. Tentu saja karena bentuknya yang lucu dan cantik banget. Bukan hanya Lagunanya saja, hamparan pasir di pantai Glagah juga menjadi tempat favorit para traveler ketika mengabadikan fotonya di destinasi wisata satu ini.

Pantai Glagah Indah
Pantai Glagah Indah [image source]

7. Lucunya Wisata Penyu di Pantai Trisik

pantai trisik
pantai trisik [image source]
Selain pantai Glagah, ada satu lagi pantai cantik yang juga menjadi incaran traveler. Ialah Pantai Trisik yang terletak tak jauh dari Muara Sungai Progo. Jika Pantai Glagah terkenal dengan Lagunanya, berbeda lagi dengan pantai Trisik. Pantai cantik ini merupakan pantai landai yang memiliki hamparan pasir hitam. Selain karena keindahan pantainya, ternyata pantai Trisik ini juga bisa menjadi tempat wisata untuk mengamati habitat penyu yang sudah di kelola oleh masyarakat sekitar. Wah, tentu seru banget bisa melihat perkembangbiakan penyu di pantai cantik satu ini.

Pantai Trisik
Pantai Trisik [image source]

8. Wisata Instagram-able di Dolan Ndeso Boro Kalibawang

dolan ndeso boro kalibawang
dolan ndeso boro kalibawang [image source]
Kulon Progo memang benar-benar memiliki banyak tempat wisata mengasyikkan. Salah satunya adalah Desa Wisata Dolan Ndeso Boro yang tak hanya cantik tapi juga instagram-able. Wisata desa yang terletak di Kali Bawang ini sendiri menyuguhkan bagaimana kehidupan desa yang menyenangkan seperti rumah khas jaman dulu. Selain digunakan sebagai spot foto, Wisata Dolan Ndeso Boro ini juga menyajikan bermacam kegiatan menyenangkan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Wah, makin penarasan kan dengan wisata desa satu ini?

wisata desa dolan ndeso boro kalibawang
wisata desa dolan ndeso boro kalibawang [image source]

9. Hutan Mangrove Congot yang Tak Kalah Instagram-able dari Wisata Desa

jembatan api-api
jembatan api-api [image source]
Mendengar wisata hutan, mungkin banyak orang yang tak tertarik. Namun, tidak dengan wisata di hutan Mangrove Congot, Kulon Progo. Yap, wisata hutan satu ini benar-benar populer dan ramai dibicarakan di media sosial. Bukan hanya cantik karena hutan Mangrovenya saja, tapi destinasi wisata yang terletak di daerah Jangkaran ini populer lantaran empat area cantik dan menawan. Keempat area wisata ini adalah Jembatan Api-Api, Pantai Pasir Kadilangu, Wanatirta Pasir Mendit dan Maju Lestari. Cantik semua, loh!

Hutan Mangrove
Hutan Mangrove [image source]

10. Grojogan Segar yang Menawan Para Wisatawan

grojogan sewu girimulyo
grojogan sewu girimulyo [image source]
Grojogan atau air terjun satu ini adalah Grojogan Sewu. Nama Grojogan Sewu memang familiar lantaran banyak sekali air terjun di Indonesia menggunakan nama yang sama. Kendati nama sama, pemandangan cantik dari air terjun ini tentu saja beda. Air terjun yang terletak di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo ini memiliki banyak jeram yang cantik dan menawan. Yang menjadi daya pikat, Grojogan Sewu tak akan pernah keruh meskipun musim hujan telah tiba. Karena hal tersebut pula, banyak orang yang rela berkunjung ke air terjun ini untuk bermain air.

Grojogan Sewu
Grojogan Sewu [image source]
Bukan hanya 10 destinasi wisata di atas, ternyata masih banyak lagi tempat wisata menarik yang berada di tanah The Jewel Of Java ini, loh. Nah, sudah masuk dalam daftar tujuan traveling berikutnya kan? Next