5 Desa Tertinggi di Indonesia dengan Pesona Alam Tak Ada Duanya

Advertisement

Selain memiliki banyak gugusan pulau, Indonesia kaya akan pegunungan dengan pesona alam yang sempurna. Keindahannya makin lengkap dengan potret pemukiman yang berada tidak jauh dari puncak gunung. Seperti beberapa tempat di bawah ini, disebut-sebut sebagai desa tertinggi di Indonesia. Wah, seperti apa sih keindahannya !

1. Desa Sembungan, Wonosobo

Desa Sembungan
Desa Sembungan [image source]
Sudah menjadi rahasia umum jika objek wisata Wonosobo memiliki panorama sempurna di atas awan. Banyak destinasi menarik yang membuat turis terkagum-kagum, salah satunya adalah Desa Sembungan. Berada di ketinggian 2.306 mdpl, Sembungan dijuluki sebagai desa tertinggi di pulau Jawa. Wahana wisata untuk menikmati alam di sana pun beragam, mulai dari Bukit Sikunir, Telaga Cebong, Gunung Pakuwojo hingga Curug Sikarim. Benar-benar tempat keren untuk melepaskan penat.

Desa Sembungan, Wonosobo
Desa Sembungan, Wonosobo [image source]
Alamat : Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah

2. Desa Argosari

Puncak B29 [image source]
Bukan hanya Sembungan, di Pulau Jawa ada lagi desa yang terletak di ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Ialah Desa Argosari di kawasanTaman Nasional Bromo Tengger Semeru, Lumajang. Selain udara dingin yang mencapai 5 derajat celcius, Agrosari juga terkenal dengan puncaknya untuk melihat panorama Gunung Bromo. Disebut Puncak B29, belakangan diperebutkan oleh dua kabupaten yaitu Probolinggo dan Lumajang. Nah, liburan ke sini bakalan menyenangkan karena dapat menemui penduduk Tengger yang ramah.

Puncak B 29
Puncak B 29 [image source]
Alamat : Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

3. Ranu Pani

Ranu Pani [image source]
Masih di daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada satu lagi desa yang memiliki ketinggian 2.100 mdpl. Ialah Desa Ranu Pani, Kabupaten Lumajang yang mayoritas dihuni oleh suku Tengger. Selain udara dingin yang menyegarkan, di desa terakhir sebelum Semeru ini juga memiliki wahana wisata yang wajib dikunjungi yaitu Danau Ranu Pani dan Ranu Regulo yang sudah terkenal dikalangan traveler.

Ranu Pani Semeru
Ranu Pani Semeru [image source]
Alamat : Ranupani, Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

4. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo
Desa Wae Rebo [image source]
Bagi traveler yang hobi ke wilayah Indonesia bagian timur pasti tahu dimana lokasi desa Wae Rebo. Meski tak setinggi desa di Jawa, kampung di atas awan ini benar-benar indah dan membuat banyak orang terkagum-kagum. Bagaimana tidak, permukiman yang hanya diisi 7 rumah adat ini dikelilingi oleh hutan belantara yang asri. Sayangnya, untuk dapat berkunjung ke wana wisata di barat daya Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai Barat ini harus menempuh perjalanan melelahkan. Bukan kendaraan, tetapi jalan kaki sekitar 2 sampai 3 jam.

Desa Wae Rebo Manggarai
Desa Wae Rebo Manggarai [image source]
Alamat : Desa Wae Rebo, Ruteng, Manggarai Barat, Nuta Tenggara Timur

5. Desa Sembalun

Desa Sembalun
Desa Sembalun [image source]
Sembalun menjadi gerbang pertama yang digunakan pendaki untuk menyambangi Gunung Rinjani. Seperti desa terakhir di pegunungan lainnya, Sembalun pun dikenal dengan udara yang segar. Seluruh pemandangan di desa ini serba hijau dan bikin mata adem. Terletak di ketinggian sekitar 1000 hingga 1200 mdpl, Desa Sembalun makin menarik jika dilihat dari beberapa bukit yang mengelilinginya. Salah satunya adalah Bukit Pergasingan yang menjadi tempat paling indah untuk melihat pemukiman serta ladang desa.

Desa Sembalun, Lombok
Desa Sembalun, Lombok [image source]
Alamat : Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Meski jauh dari pusat kota, hampir semua desa di atas hidup makmur dan sejahtera. Selain mengandalkan pertanian, mereka juga memanfaatkan lahan untuk traveler yang berniat bermalam di sana. Nah, desa mana nih yang ingin kamu kunjungi?

Advertisement
Tags
Desa Tertinggi Explore Lombok
Share