Keliling Air Terjun Eksotis di Jawa Barat Bersama Pangeran Curug

Jawa Barat, sebuah provinsi yang memiliki berbagai potensi di dalamnya. Kekayaan alam berupa air terjun menjadi salah satu yang mendominasi. Di setiap kota terutama yang berada di dataran tinggi menyimpan banyak sekali curug indah yang kemudian dijadikan destinasi wisata. Berikut ini deretan air terjun dengan pemandangan eksotis yang terletak di Jawa Barat yang telah dijelajahi oleh Pangeran Curug.

1. Curug Cikaso

Curug Cikaso dengan aliran airnya yang besar dan deras [image source]

Sering disebut Curug Cikaso karena berasal dari anak Sungai Cikaso. Tapi sebenarnya air terjun ini sudah memiliki nama, yaitu Curug Luhur. Memiliki pemandangan yang berbeda dari biasanya, terdapat 3 aliran air yang kemudian bersatu dalam sebuah kolam yang berada tepat di bawahnya. Dengan ketinggian sekitar 30 meter dan lebar mencapai 100 meter membuatnya terlihat sangat menakjubkan karena wisata alam yang seperti ini jarang ditemukan. Dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat. Rute agak sulit sehingga kendaraan harus dalam keadaan prima. 300 meter dari lokasi pengunjung harus berjalan kaki menyusuri persawahan. Bagi yang malas berjalan kaki, ada fasilitas sampan yang dapat digunakan dengan membayar biaya tambahan.

Curug Cikaso Sukabumi [image source]
Nama : Curug Cikaso

Lokasi : Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Surade, Kab. Sukabumi, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp3.000,-

Jasa Sampan : Rp 10.000,-

2. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya dengan tebing seperti batu bertumpuk [image source]

Dikenal juga dengan nama Curug Apuy dengan ketinggian sekitar 73 meter. Disebut-sebut sebagai air terjun paling tersohor di Majalengka karena memiliki panorama yang sangat unik. Tebingnya terlihat seakan bersusun dan berbentuk melebar. Wisata alam Jawa Barat ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jalan menuju Curug Muara Jaya cukup menanjak dan berkelok, namun dalam keadaan baik. Di kanan kirinya terdapat pemandangan cantik persawahan dan perkebunan. Setelah melewati pintu masuk, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga untuk bisa sampai di lokasi air terjun.

Curug Muara Jaya di Majalengka [image source]
Nama : Curug Muara Jaya

Lokasi : Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp15.000,-

3. Curug Orok

Curug Orok, salah satu wisata alam yang hits di Garut [image source]

Dinamakan ‘orok’ atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘bayi’ karena konon katanya terdapat bayi yang dibuang di lokasi ini. Berada di sekitar perkebunan teh dengan suasana yang tenang, sejuk, dan asri. Memiliki ketinggian 40 meter dengan beberapa air terjun kecil di sebelahnya membuat Curug Orok tampak unik dan indah. Jalan menuju lokasi wisata alam Jawa Barat ini sudah cukup baik. Jaraknya pun tidak jauh dari tempat parkir dan hanya menuruni beberapa anak tangga, sehingga cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga.

Curug Orok memiliki beberapa air terjun dalam satu lokasi [image source]
Nama : Curug Orok

Lokasi : Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp10.000,-

4. Curug Citambur

Curug Citambur [image source]

Terdapat 2 versi cerita tentang asal-usul nama air terjun ini. Yang pertama adalah, disebut Citambur karena aliran yang deras menghasilkan suara seperti alat musik tambur. Sedangkan yang kedua, beberapa warga mempercayai bahwa dulunya ada raja yang setiap kali akan mandi di tempat ini, maka para prajuritnya membunyikan tambur. Memiliki panorama yang menakjubkan dengan ketinggian mencapai 100 meter. Debit airnya sangat deras sehingga tidak ada yang berani mendekati lokasi jatuhan karena terlalu berbahaya. Jika ingin bermain, biasanya pengunjung akan turun ke sungai yang berada di bawahnya. Suasana sekitar begitu hijau dan udara disini cukup dingin.

Derasnya aliran air di Curug Citambur [image source]
Nama : Curug Citambur

Lokasi : Desa Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Cianjur Selatan, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp3.000,-

5. Curug Pelangi

Menikmati pemandangan Curug Pelangi dari atas [image source]

Dikenal juga dengan sebutan Curug Cimahi. Dinamakan ‘pelangi’ karena terkadang pengunjung bisa menemukan pelangi di sekitar air terjun. Memiliki luas area sekitar 25,75 hektare dengan ketinggian sekitar 87 meter. Pepohonan hijau nan rindang dan udara yang cukup dingin mendominasi lokasi ini. Berbagai fasilitas seperti gazebo, toilet, musholla, dan tempat parkir juga tersedia untuk menambah kenyamanan. Dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun 4 dengan kondisi jalan yang cukup baik. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit dari Kota Bandung dan hanya setengah jam dari Cimahi.

Asrinya suasana di Curug Pelangi Cimahi [image source]
Nama : Curug Pelangi

Lokasi : Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Harga Tiket : Rp15.000,-

6. Curug Ngebul

Curug Ngebul di Cianjur [image source]

Menurut cerita yang beredar, nama ‘ngebul’ disematkan pada wisata alam Jawa Barat yang satu ini karena derasnya aliran air yang menimbulkan uap atau asap di sekitarnya. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang sangat deras sehingga pengunjung jarang ada yang mendekat. Meski hanya dapat menikmatinya dari kejauhan, namun pemandangan di sini sangat menawan. Agar mempermudah perjalanan, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua karena jalurnya masih kurang baik. Dari tempat parkir menuju lokasi dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 45 menit. Meski cukup menguras tenaga, tapi kamu dijamin tidak akan menyesal karena setelah sampai di Curug Ngebul, lelahmu akan segera tergantikan.

Bersantai di Curug Ngebul, Cianjur [image source]
Nama : Curug Ngebul

Lokasi : Desa Bunijaya, Kec. Pegalaran, Kab. Cianjur, Jawa Barat

7. Curug Rahong

Air di Curug Rahong tampak kehijauan [image source]

Dikenal juga dengan sebutan Curug Grahong. Memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan aliran yang terpisah menjadi 2 bagian akibat adanya batu besar yang runcing di bagian tengahnya. Kondisi masih sangat alami. Kolam cantik berwarna kehijauan yang berada tepat dibawahnya air terjun seakan menggoda siapa saja untuk berenang di sana. Dapat dicapai dengang menggunakan kendaraan bermotor dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Waktu tempuh dari Bogor sekitar 60 menit dan dari Kota Tangerang sekitar 2 jam.

Curug Rahong di Garut [image source]
Nama : Curug Rahong

Lokasi : Kampung Kedaung, Desa Rengasjajar, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp4.000,-

8. Curug Mandala

Aliran air terjun bertingkat di Curug Mandala [image source]

Masih berada dalam satu kawasan dengan Curug Capolaga dan Sadim. Tapi bedanya, perjalanan menuju wisata alam Jawa Barat yang satu ini harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jalurnya agak curam sehingga memerlukan kehati-hatian dan cukup menguras tenaga. Tapi tenang saja, sesampainya di lokasi kamu akan langsung terhibur dengan pemandangan yang indah. Di sini terdapat 2 air terjun sekaligus yaitu versi besar dan kecil. Curug Mandala besar cukup tinggi dan debit airnya lumayan besar, sedangkan yang kecil lebih aman untuk dijadikan tempat berenang karena arusnya tidak deras.

Sungai yang mengalir di bawah Curug Mandala [image source]
Nama : Curug Mandala

Lokasi : Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp10.000,-

9. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek [image source]

Curug Batu Templek memiliki ketinggian sekitar 52 meter. Pemandangan disini sangat unik karena air mengalir dari sela batuan beku yang disebut-sebut sebagai fenomena khas Cekungan Bandung. Namanya sendiri berasal dari jenis batuan metamorf yang ada di lokasi wisata alam ini. Saat musim penghujan tiba, air akan keluar cukup deras dan terkadang berwarna cokelat. Sedangkan ketika musim kemarau, hanya sedikit yang mengalir. Sejak dulu hingga sekarang, tempat ini merupakan tambang batu.

Eksotisnya Curug Batu Templek [image source]
Nama : Curug Batu Templek

Lokasi : Kampung Cisanggarung Lebak, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp5.000,-

10. Curug Malela

Curug Malela di Bandung [image source]

Disebut-sebut sebagai salah satu air terjun terbaik di kota Paris van Java. Biasa dijuluki sebagai Niagara mini versi Bandung karena jika diperhatikan, sekilas keduanya terlihat mirip. Dengan ketinggian sekitar 60 meter dan lebar hingga 70 meter, Curug Malela memiliki 5 aliran sehingga akan terlihat sangat indah terutama saat musim penghujan karena air mengalir deras. Dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Tapi, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda 2 karena keadaan jalannya kurang baik dan transportasi umum masih sulit ditemui.

Panorama Curug Malela dari ketinggian [image source]
Nama : Curug Malela

Lokasi : Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat

Harga Tiket : Rp5.000,-

Indah sekali bukan deretan curug yang ada di Jawa Barat ini? Jika punya kesempatan, kapan-kapan cobalah mampir untuk membuktikan sendiri keelokannya. Next

Written by Atikah W

I love Traveling