10 Destinasi Wisata di Moskow, Rusia, Negeri Komunis yang Penuh Pesona

Traveling yuk ke negeri Moskow, Rusia

Moskow, kota megapolitan Rusia, merupakan salah satu ibukota yang memiliki wilayah terluas di dunia. Dengan luas sekitar 2511 km2, luas Moskow hampir 5x lipat luas wilayah DKI Jakarta. Penduduk yang padat, dengan suku dan kebudayaan yang beraneka ragam mewarnai keunikan kota terbesar di Eropa ini. Mungkin saja waktu seminggu belum cukup untuk mengelilingi ibukota karena saking beragam tempat destinasinya.

Jika Moskow menjadi salah satu daftar rencana travelling kamu, tempat berikut inilah yang menjadi top destinasi yang paling ramai dikunjungi turis.
Tempat kesatu sampai keenam berikut berada di area lokasi yang sama dan berdekatan. Jadi tidak perlu pergi jauh-jauh.

1. Kremlin

Kremlin adalah salah satu bangunan paling kuno yang mencerminkan simbol Rusia. Selain sebagai tujuan wisata, Kremlin juga merupakan pusat kenegaraan Rusia. Jika di Indonesia ada Istana Negara sebagai kantor presiden di Jakarta, maka di Rusia adalah Kremlin sebagai kantor presiden Rusia.

Kremlin Rusia
Kremlin Rusia

Di dalam bangunan Kremlin, ada bermacam-macam museum yang bisa dikunjungi, diantaranya seperti gudang senjata, gereja, ruang dewan majelis, hingga koleksi arkeologi kuno.

2. Red Square

Red Square atau lapangan merah berdekatan dengan Kremlin yang berada sisi Barat. Bangunan yang disusun dari batu beton merah yang menjulang luas dengan arsitektur yang cantik ini mewakili simbol kota Moskow sebagai pusat politik, sejarah, ekonomi, dan agama Rusia.

Red Square
Red Square

Sebagai daerah pedestrian atau khusus pejalan kaki, lapangan yang disebut sebagai lapangan pusat Rusia ini selalu digunakan sebagai tempat upacara resmi kenegaraan dan momen perayaaan penting lainnya. Setiap ada acara peringatan hari raya kemenangan Rusia ataupun acara penting lainnya, tempat start kendaraan-kendaraan lapis baja selalu dimulai dari Red Square.

3. Gereja St. Basil

ST Basil
St Basil

Bersama dengan Kremlin, Red Square, dan Gereja St. Basil, ketiganya merupakan warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO.
Sekilas bangunan yang bentuknya seperti nyala api unggun yang berkobar ke langit ini ini nampak seperti bangunan masjid, tetapi di ujung pucuknya ada tanda salib. Sejarahnya, gereja St. Basil dibangun sebagai penghormatan terhadap Ivan the Terrible saat berhasil mengalahkan Khan Kazan.

4. Bolshoi Theatre

Bol
Bolshoi theatre

Dalam Bahasa Rusia, Bolshoi theatre artinya teater agung, merupakan salah satu pusat teater terkenal di Rusia. Balet Rusia yang terkenal di dunia itu sering diselengarakan di tempat ini.
Selain itu, tidak jarang pula diadakan pertunjukan proyeksi pencahayaan yang bisa ditonton tepat di sisi depan bangunan Bolshoi teater. Pertunjukan menampilkan berbagai macam seni. Menakjubkan, bangunan yang putih itu disulap menjadi berwarni-warni! Pengunjung bisa menyaksikan dengan gratis.

5. State Historical Museum (SHM)

SHM atau Musium Sejarah Negara yang berwarna merah maroon ini memiliki banyak koleksi yang merepresentasikan setiap fase dalam sejarah Rusia. Sering diadakan pertunjukan di museum ini, yang menampilkan jaman kuno Rusia hingga abad ke-21. Jika kamu menggemari sejarah Rusia, musium ini wajib dikunjungi.

6. Mall GUM

Jika berkantong tebal, kamu bisa menikmati berbelanja di Mall termewah Rusia ini. Konon katanya mall ini merupakan salah satu tempat favorit jetset Rusia. Ada bermacam-macam brand bermerk kelas atas. Selain itu, ada juga supermarket, kafe, dan restoran. GUM bukan mall biasa karena memiliki keunikan sendiri sebagai mall karena desain bangunan arsitekturnya. GUM ibarat mall berbentuk museum.

7. Gorky Park

Pernah dengar lagu Scorpion yang berjudul Wind of Change? Disinilah salah satu lokasi syutingnya. Gorky Park adalah taman yang sangat luas. Saking luasnya, entah bisa berapa jam berjalan kaki mengelilingi Gorky Park. Tempatnya strategis, di dekat jembatan dengan pemandangan bangunan arsitektur Eropa yang berada di seberang sungai. Gorky Park menjadi salah satu hiburan favorit yang selalu ramai dikunjungi. Ada kios, kafe, restoran, tempat pameran, stadion olahraga, dan juga taman bermain. Biasanya, penduduk lokal Rusia menyukai tempat ini untuk bersepeda, bermain sepatu roda, maupun skateboard.

8. Metro Moscow.

Sebagian besar transportasi metro di Moskow terletak di bawah tanah dengan memiliki kedalaman yang sangat tinggi. Stasiun Park Pobedy merupakan stasiun terdalam ketiga di dunia setelah stasiun metro Arsenalna di Kiev Ukraina dan Admiralteyskaya di Saint Petersburg. Kedalamannya mencapai 84 meter.
Tak hanya itu, stasiun metro di Moskow terkenal dengan gaya arsitekturnya berupa patung, monument, lukisan, mozaic, serta hiasan lainnya, dan disebut-sebut sebagai istana bawah tanah Moskow. Terlebih, dengan stasiun-stasiunnya yang cantik yang terletak di jalur cincin. Beberapa di antaranya dilindungi oleh negara sebagai objek kebudayaan yang tak ternilai harganya. Uniknya lagi, jika kamu melihat peta jalur metro Moskow, ia memiliki desain yang paling menarik dibandingkan dengan peta jalur metro manapun di dunia.

9. Moscow Cathedral Mosque.

Dimanakah masjid terbesar di Eropa ? Yup di Moskow. Kapasitasnya bisa menampung 10000 jamaah. Masjid Katedral Moskow sebenarnya sudah dibangun sejak 1904 dan mengalami beberapa rekonstruksi.
Pada 2011 dilakukan rekonstruksi secara penuh, hinga tepat pada 23 September 2015, masjid ini diresmikan di dalam upacara seremonial. Upacara dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Tayyip Erdogan, dan pemimpin Paletina Mahmoud Abbas, serta petinggi Muslim lainnya.
Masjid Katedral yang terletak di pusat kota Moskow ini begitu megah bak istana. Wajar saja pembangunannya mengucurkan dana sebesar 170$ juta. Banyak hiasan ornamen, dan arsitektur bernilai tinggi. Misalnya kubah dan pavilion yang terbuat dari emas sebesar 12 kg.
Masjid Katedral tidak hanya memiliki tempat ibadah, tetapi juga memilik musium Islami. Ada satu hal yang sangat unik yang terdapat masjid ini yang menjadi kebanggan orang Indonesia. Di suatu ruangan di dalam masjid ini terpampang foto Presiden Pertama RI Sukarno ! Nampak Presiden Sukarno berfoto dengan pemimpin Uni Soviet Nikita Kruschev dengan tulisan bahasa Rusia di bawah foto tersebut.

10. Pasar Izmailovo

Ini adalah tujuan wajib bagi turis yang ingin membawa cindera mata dari Rusia. Pasar Izmailovo merupakan tempat yang menjual aneka macam oleh-oleh khas Rusia dengan harga yang paling murah. Ada bermacam-macam jenis lukisan, barang kerajinan, suviner, dan khususnya cindera mata khas Rusia yakni boneka patung matryoshka. Next