Yu Sheng, Salad Cina yang Dipercaya Datangkan Rejeki

Advertisement

Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek 2569 disambut meriah dengan lampion merah di penjuru tempat. Selain kelenteng, pusat perbelanjaan juga dihiasi dengan aksesoris serba merah yang cantik. Tak hanya itu, kuliner yang menjadi khas saat Imlek juga menarik perhatian. Salah satunya Yu Sheng yang disebut-sebut dapat mendatangkan rejeki. Wah, penasaran dengan kuliner pembawa berkah ini kan? Simak, yuk!

Kuliner Wajib Saat Perayaan Imlek

Kuliner khas Imlek yang mirip dengan mie
Kuliner khas Imlek yang mirip dengan mie via instagram/@swissotelthestamford

Imlek tak hanya identik dengan kue keranjang atau Nian Gao. Yu Sheng juga menjadi kue wajib saat perayaan Imlek. Kuliner enak ini terlihat mirip dengan mie dengan warna berbeda seperti merah, kuning, hijau, cokelat, serta putih. Cara memakannya juga unik yaitu dengan memakai sumpit dan disantap ramai-ramai. Konon, memakan Yu Sheng juga menjadi rangkaian tradisi saat Imlek.

Tradisi yang Populer di Malaysia dan Singapura

Yu Sheng Salad Ikan dan Sayuran Segar
Yu Sheng Salad Ikan dan Sayuran Segar via instagram/@sgfoodonfoot

Tradisi memakan Yu Sheng diperkirakan muncul di Chaozhou dan Shantou (Tiongkok) sejak zaman Dinasti Song Selatan. Pun demikian, makanan ini tidak populer di Cina, melainkan terkenal di Singapura dan Malaysia sebagai hidangan khusus. Biasanya Yu Sheng dimakan saat hari Renri atau hari ke-7 di bulan pertama kalender Imlek. Menariknya, kuliner ini juga terkenal di Bangka dan menjadi menu wajib saat Imlek.

Paduan Salad Ikan dan Sayuran Segar

Yu Sheng, Salad Ikan
Yu Sheng, Salad Ikan via instagram/@sharonchanmh

Bentuknya mirip dengan mie, padahal Yu Sheng adalah salad ikan yang dicampur dengan irisan sayuran segar seperti wortel dan lobak. Sementara ikan yang digunakan bukan sembarangan, tapi irisan ikan tuna atau ikan salem. Sebelum dicampur, ikan ini direndam dengan campuran minyak wijen, minyak goreng, dan merica agar rasanya makin nikmat. Baru kemudian, campuran salad ini diberi saus khusus Yu Sheng. Bagaimana, sudah pernah mencobanya?

Hidangan Pembuka yang Dipercaya Datangkan Rejeki

Kuliner pembawa berkah saat Imlek
Kuliner pembawa berkah saat Imlek via instagram/@valerietjahjono

Bukan hanya makanan wajib, ternyata Yu Sheng memiliki arti khusus bagi seseorang yang memakannya. Sesuai dengan artinya menurut aksara Tionghoa, makanan ini berarti meningkatnya kelimpahan. Berdasarkan arti tersebut, Yu Sheng dipercaya dapat mendatangkan berkah dan rejeki. Menariknya lagi, siapa yang mengaduk dan mengangkatnya tinggi-tinggi, maka peruntungannya di tahun baru juga makin melimpah.

Sebenarnya, kuliner ini tak hanya ada saat Imlek. Restoran makanan Cina di Jakarta seperti Li Feng di Mandarin Oriental juga yang menawarkan menu ini. Bagaimana, tertarik untuk mencoba salad dari ikan dan sayuran segar ini?

Advertisement
Tags
Bangka Imlek Indonesia
Share