Tingkah Wisatawan Indonesia di Borobudur Ini Bikin Geregetan

Advertisement

Candi Borobudur merupakan destinasi wisata bersejarah yang bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Wisatawan yang datang dibuat terpesona dengan bangunan megah yang mulai dibangun pada tahun 750 M ini. Bahkan presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama juga tertarik dengan kemegahan dari objek wisata di kota Magelang, Jawa Tengah tersebut.

Saat libur lebaran tahun 2017 ini, Borobudur masih tetap dipadati oleh pengunjung. Berdasarkan informasi dari General Manager Unit Candi Borobudur, Chrisnamurti Adiningrum yang dikutip dari Kompas, puncak kunjungan objek wisata ini jatuh pada tanggal 29 Juni 2017 atau H+3 lebaran. Di hari yag sama, ada cerita unik yang dibagikan oleh pengguna facebook dan instagram bernama Khaterine Cai. Wanita cantik yang berminat untuk menikmati matahari terbenam ini geregatan setelah melihat tingkah dari pengunjung.

Stupa Candi Diinjak
Stupa Candi Diinjak [image source]
Di postingan yang sama, ia mengaku bahwa stress lantaran perilaku para turis yang berpotensi merusak bangunan candi. “Saya sengaja posting pake bahasa Indo aj, biar yg baca juga cuma org Indo jg. Hari ini 29 Jun 2017, pukul 5 sore, saya mengunjungi Borobudur untuk menikmati sunset, tp bukan bikin sy happy, malah bikin stress!! Serius lho,” tulis Khaterine. Bagaimana tidak mengeluh, traveler cantik ini melihat banyak orang yang duduk bahkan memanjat stupa dari Borobudur. Padahal, di setiap sudutnya ada banyak larangan untuk duduk di bagian tersebut. Bahkan ia sempat mempertanyakan hal tersebut kepada petugas yang saat itu tengah bertugas.

Selain itu, Khaterine juga menanyakan pengelola yang tidak membatasi jumlah pengunjung hingga membuat candi ini sesak di hingga sampai puncak. Meski sempat kesal, Ia banyak memberikan anjuran kepada wisatawan lain untuk sadar dan menghargai bangunan di Candi Borobudur. Ia juga memberikan beberapa saran kepada pengelola untuk memberikan edukasi kepada turis saat berkunjung di sini.

Pengunjung Candi Borobudur
Pengunjung Candi Borobudur [image source]
Curahan hati dari Khaterine tersebut ternyata mendapatkan tanggapan positif terhadap banyak orang. Bahkan tidak sedikit yang setuju untuk saling mengingatkan kepada wisatawan lain untuk tidak merusak destinasi cantik yang tanah air miliki. Kisah dari Khaterine menjadi sebuah pembelajaran bagi kita untuk tidak malu untuk mengingatkan orang lain agar tidak merusak objek wisata.

Advertisement
Tags
candi Indonesia Jawa Tengah Magelang
Share