Pilihan Destinasi Wisata Rohani di Indonesia, Wajib Masuk Agenda Libur Natal Tahun Ini!

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Masih bingung menghabiskan libur Natal di mana? Teman Traveler bisa memilih beberapa destinasi wisata rohani di Indonesia berikut ini! Mulai dari goa, hingga patung Yesus Kristus setinggi puluhan meter, tempat-tempat ini akan berikan pengalaman rohani yang berkesan. Di mana sajakah itu? Berikut ulasannya!

1. Goa Maria Lourdes, Kediri

Goa Maria Puhsarang di Kediri via Instagram/ susanaisdiyanti

Goa Maria Pohsarang merupakan salah satu tempat ziarah yang banyak dikunjungi oleh umat Kristiani. Letaknya berada di kompleks Gereja Pohsarang, Desa Puhsarang, Semen, Kediri. Berdasarkan beberapa cerita, goa ini sudah ada sejak 1925.

Di sini, Teman Traveler bisa mengunjungi stasi prosesi jalan salib yang merupakan sebuah tradisi dari abad 14. Ada 15 stasi jalan salib di kawasan Goa Maria Lourdes. Stasi yang terakhir adalah kubur batu terbuka yang melambangkan Yesus bangkit.

2. Bukit Doa Pinaling, Minahasa Selatan

Bukit Doa Pinaling Bisa Jadi Destinasi Wisata Libur Natal via Instagram/ andro_andreas

Teman Traveler juga bisa mengunjungi Bukit Doa Pinaling di Minahasa Selatan untuk wisata religi di musim libur Natal tahun ini. Berwisata religi di sini Teman Traveler akan sekaligus menikmati suasana pedesaan yang masih asri. Selain ada patung Yesus dan Bunda Maria, di sini juga terdapat aliran sungai yang jernih serta bebatuan yang bertingkat. Di sini ada 14 stasi yang juga bisa Teman Traveler kunjungi.

3. Patung Yesus Kristus dan Salib Besar di Pulau Mansinam, Papua

Prasasti Salib di Pulau Mansinam Papua via Instagram/ jariet_senandi05

Wisata rohani di Indonesia selanjutnya yang bisa Teman Traveler jadikan destinasi libur Natal adalah Pulau Mansinam yang ada di Manokwari, Papua. Pulau Mansinam merupakan lokasi pertama kali injil disebarkan oleh pendeta asal Jerman pada abad 19, yaitu Carl William dan Goltlob Geisller. Di sini terdapat prasasti Salib besar yang tingginya kurang lebih 6 Meter.

Patung Yesus Kristus dengan Total Tinggi 30 Meter via Instagram/ omk.jhonpaul.2

Selain itu, terdapat juga Patung Yesus dengan total tinggi 30 Meter yang akan membuat wisata rohani Teman Traveler semakin berkesan. Langsung saja agendakan untuk berkunjung?

4. Patung Yesus Kristus Memberkati, Tana Toraja

Patung Yesus Tertinggi di Dunia Ada di Tana Toraja via Instagram/ mari.wisata1

Destinasi wisata rohani di Indonesia ini harus menjadi tujuan liburan Natal Teman Traveler selanjutnya. Pasalnya patung Yesus Kristus Memberkati yang ada di Tana Toraja merupakan patung Yesus Kristus tertinggi di dunia, mengalahkan patung yang ada di Brasil. Bangunan ini memiliki tinggi 30 Meter ini. Pembangunannya dilaksanakan pada 2014 dipimpin oleh Theofilus Allorerung dan Adelheid Sosang.

5. Goa Maria Sendangsono, Jogja

Goa Maria Sendangsono via Instagram/ ratnadarmawan

Berada di kawasan Bukit Menoreh, Goa Maria Sendangsono Jogja menjadi tempat wisata rohani selanjutnya yang bisa Teman Traveler jadikan tujuan untuk libur Natal. Berbagai kegiatan kerohanian bisa dilakukan di sini, mulai dari ziarah, misa di Kapel Utama, Kapel Bunda Maria dan Kapel Para Rasul. Selain itu di sini juga ada di dua pilihan rute jalan salib, yaitu rute pendek dan panjang.

6. Goa Maria Sendang Sriningsih, Klaten

Goa Maria Sendang Sriningsih di Klaten via Instagram/ benzgates

Selanjutnya, destinasi wisata rohani di Indonesia yang harus menjadi agenda libur Natal Teman Traveler adalah Goa Maria Sendang Sriningsih, Klaten. Di sini terdapat ratusan anak tangga, pepohonan besar dan rindang berumur ratusan tahun serta hembusan angin gunung yang sejuk. Berada di sini, siapa pun akan betah. Perjalanan menuju sini harus melewati rute jalan salib yang terhitung cukup menantang. Siapkan stamina ya!

7. Goa Fatima Sawer Rahmat, Kuningan

Goa Fatima Sawer Rahmat, Kuningan via Instagram/ lunalululunalulu

Lokasi Goa Fatima Sawer Rahmat berada di Bukit Totombok. Di sini terdapat patung Bunda Maria dengan aliran air di bagian bawahnya. Air yang jernih di sini berasal dari Curug Sawer. Pada setiap malam Jum’at diadakan sebuah prosesi bernama upacara ‘Jum’at Agung’ yang bisa Teman Traveler ikuti. Hawa udara yang sejuk dari pedesaan, pohon yang rimbun dan semak di sekitar gua dijamin bikin betah!

8. Bukit Do’a Tomohon

Bukit Doa Tomohon yang Tertata dan Sejuk via Instagram/ thevebrydc

Bukit Do’a Tomohon merupakan kawasan wisata rohani di Indonesia yang sekaligus bisa digunakan sebagai tempat untuk rekreasi. Keindahan alam serta sejuk udara di sini, terutama karena letaknya berada di kaki Gunung Mahawu, membuat Bukit Do’a Tomohon menyenangkan untuk dikunjungi.

Rumput hijau yang dikelola dengan baik sehingga tampak tertata rapi menjadi daya tarik lainnya. Di Bukit Do’a Tomohon terdapat 14 lokasi perhentian Jalan Salib yang bisa ditemui. Semuanya memberikan pengalaman rohani yang berkesan.

9. Sumur Kitiran Mas, Jogja

Sumur Kitiran di Gereja St. Maria Assumpta di Paroki Pakem Jogja via Instagram/ viv_vienn

Destinasi wisata rohani di Indonesia selanjutnya terlihat paling unik. Sebab ia merupakan sebuah sumur yang berada di dalam gereja, tepatnya Gereja St. Maria Assumpta di Paroki Pakem Jogja. Sumur di dalam gereja ini dilengkapi dengan tali timba dan ember bergambar salib. Sumur Kitiran Mas ini memiliki sejarah yang berasal dari jambangan berisi air yang ada di bawah patung Bunda Maria. Jambangan ini biasa digunakan agar suasana saat berdo’a tetap sejuk. Namun kini banyak umat yang meminum airnya untuk berdo’a.

Destinasi wisata rohani di Indonesia di atas, akan menjadi perjalanan bermakna bagi Teman Traveler. Semakin dekat dengan Tuhan sekaligus bergembira. Mau berangkat kapan untuk mengunjunginya?