Maladewa yang Glamor Ternyata Punya Wisata Islam!

Advertisement

Mungkin Anda tidak akan percaya jika Maladewa memiliki wisata Islam. Hal tersebut sangat wajar sebab selama ini kita tahu negara kepulauan ini merupakan tujuan wisata dunia yang terkenal dengan wisata pantainya serta berdirinya berbagai resor mewah yang serba glamor jauh dari kesan religi. Padahal Maladewa adalah salah satu negara Islam yang tentu punya wisata religi untuk umat muslim. Tidak percaya?

Baca Juga : 5 Pemandian Air Panas Terbaik di Dunia

Nama Maladewa sebagai tujuan wisata unggulan mulai mencuat di era tahun 1990-an setelah keindahan baik alam daratan dan bawah lautnya diketahui traveler dunia. Sejak saat itu negara ini menjadi tujuan wisata baik bagi traveler biasa hingga artis dan tokoh dunia. Namun dibalik glamornya pulau ini tersimpan cerita religi yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Maladewa [image source]
Maladewa [image source]
Adalah seorang penulis dari BBC Travel yang melihat Maladewa dari sisi yang lain. Dilongok Travelingyuk dari laman BBC, penulis bernama Diane Selkirk menceritakan pengalamannya saat traveling ke Desa Kanditheemu di Pulau Shaviyani. Ini merupakan pulau kecil yang berada 260km dari Ibu Kota Male. Di sana ia menemukan pemandangan yang membelalakkan mata, bagaimana tidak semua wanita mengenakan jilbab meski sedang bermain di pantai.

Salah satu masjid di Maladewa [image source]
Salah satu masjid di Maladewa [image source]
Berbeda dengan resor mewah yang ada di kawasan wisata, kehidupan masyarakat Maladewa cenderung lebih religius. Hal ini merujuk pada fakta bahwa mayoritas penduduk negara tersebut memeluk agama Islam. Umat muslim di sana juga sangat taat beribadah, maka tak heran jika terdapat lebih dari 300 masjid di sana dan suara adzan akan terdengar setiap kali waktu salat telah tiba.

Pada tahun 2009, presiden yang memimpin saat itu adalah Mohamed Nasheed memberlakukan berbagai aturan bagi investor asing. Ia mengijinkan investor membangun resor dengan syarat mematuhi syariat Islam. Jadilah pemandangan turis berbikini hanya bisa dilihat di kawasan wisata saja sebab setelah keluar dari sana para turis wajib mengenakan pakaian yang sopan.

Ada lebih dari 300 masjid di Maladewa [image source]
Ada lebih dari 300 masjid di Maladewa [image source]
Bukan hal yang aneh pula jika Maladewa memiliki Kementerian Agama Islam dan juga Bank Syariah. Tak hanya itu, negara ini juga memiliki situs masjid yang diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia sebab terbuat dari karang yang umurnya lebih dari 400 tahun.

Baca Juga : 4 Destinasi Wisata Regigi Semarang

Yang lebih membanggakan lagi adalah adanya hubungan antara warga dengan turis yang harmonis. Mereka bisa hidup berdampingan di tengah perbedaan. Salut!

Advertisement
Tags
Luar negeri maladewa pulau
Share