Lengkapnya Destinasi Wisata Padang Lawas Utara di Sumut yang Belum Banyak Bicara

Advertisement

Kabupaten Padang Lawas Utara atau disebut juga Paluta terletak di Sumatera Utara. Kawasan ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Meskipun begitu, Paluta punya potensi wisata yang tidak akan membuat Teman Traveler merugi saat mengunjunginya. Bahkan, potensi wisata di Padang Lawas Utara ini termasuk lengkap lho. Pilihannya bermacam-macam, dari candi sampai batu kapur, danau, hingga air terjun. Simak ulasan berikut aja yuk supaya gak terus penasaran!

1. Bahal Temple

Jalan ke Paluta Jangan Lupa Mampir ke Candi Bahal
Jalan ke Paluta Jangan Lupa Mampir ke Candi Bahal via Instagram/ryooey

Bahal Temple, atau Candi Bahal merupakan kompleks Candi Buddha yang terletak di Desa Bahal. Dikenal juga dengan nama Biaro Bahal atau Candi Portibi, potensi wisata di Padang Lawas Utara ini terbuat dari susunan batu bata merah yang menurut cerita berasal dari sekitar abad ke-11. Secara desain, Candi Bahal termasuk kecil. Ia mirip dengan Candi Jabung yang ada di Kabupaten Probolinggo.

2. Air Terjun Siranap

Siapa Mau Basah-basahan di Air Terjun Siranap
Siapa Mau Basah-basahan di Air Terjun Siranap via Instagram/enda_harahap

Teman Traveler yang menikmati sekali suasana air terjun, Padang Lawas Utara memiliki Air Terjun Siranap. Air terjun yang mengalir alami melalui tebing batu ini terletak di Desa Janji Martogu, Kabupaten Padang Lawas Utara. Kejernihan airnya yang berwarna biru serta kedalaman yang tidak terlalu, akan menarik Teman Traveler untuk basah-basahan di bawahnya. Mandi!

3. Batu Kapur Paranginan

Batu Kapur Paranginan yang Unik
Batu Kapur Paranginan yang Unik via Instagram/tivanimutia

Destinasi wisata di Padang Lawas Utara selanjutnya yang potensial adalah Batu Kapur Paranginan. Bentuk batu kapur di Gunungtua ini unik, lho. Ujung-ujung batu kapur cenderung tumpul dan bisa diduduki. Ia menghampar cukup luas dan jadi salah satu spot foto terbaik di Paluta. Terbentuknya batu kapur di Paranginan ini merupakan proses alam yang menakjubkan.

4. Danau Tao

Duduk-duduk di Pinggir Danau Tao
Duduk-duduk di Pinggir Danau Tao via Instagram/irwanriitonga

Padang Lawas Utara memang lengkap soal pariwisata. Selesai bersenang-senang di Bahal Temple, kemudian lanjut ke Air Terjun Siranap dan Batu Kapur Paranginan, Teman Traveler juga harus mengunjungi Danau Tao. Danau ini dikelilingi hijaunya pepohonan dan perbukitan. Berada di sini, Teman Traveler akan mendapatkan kesejukan dan ketenangan setelah putar-putar Padang Lawas Utara seharian.

Teak sabar untuk liburan, mengunjungi tempat wisata di Padang Lawas Utara? Siapkan untuk berangkat besok kalau gitu ya! Sampai ketemu! Kita jelajah Paluta sama-sama!

Advertisement
Tags
Indonesia padang lawas utara Sumatera Utara Wisata
Share