50 Wisata Murah di Lombok, Ada yang Gratis

Advertisement

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata favorit, baik oleh pengunjung lokal maupun mancanegara. Ada banyak tempat wisata yang bisa dijelajahi. Agar liburan Teman Traveler makin terarah, Traveling Yuk akan memberi rekomendasi tempat wisata murah di Lombok yang bisa jadi destinasimu selanjutnya. Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

1. Villa Hantu 

wisata murah di lombok
Sudut Villa Hantu via instagram/journeylaziza_

Salah satu wisata murah di Lombok yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Villa Hantu. Meskipun namanya menyeramkan, tempat wisata ini menghadirkan pemandangan Pantai Setanggi yang begitu indah.

Sebenarnya, bangunan ini dulunya ingin dibuat villa oleh sang pemilik. Namun sayangnya, di tengah-tengah pembuatannya, villa ini harus dihentikan pembangunannya karena ada suatu sebab.

wisata murah di lombok
Villa Hantu tampak depan via instagram/lulukwidy

Kini, villa hantu kondisinya tampak lebih bersih dan banyak mural kece di dalamnya. Kalian bisa dengan bebas mengambil momen dari sudut manapun, karena semua spot yang ada tidak mengecewakan. Apabila kalian ingin datang ke sini, segera meluncur ke Desa Malaka, Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara. Tak perlu khawatir soal biaya, karena pengunjung tidak dikenakan tarif apapun selain parkir.

2. Pusuk Sembalun 

wisata murah di lombok
Pusuk Sembalun via instagram/simaun_

Bagi yang suka selfie, bisa datang ke Pusuk Sembalun. Di sini, tersedia gardu pandang yang bisa Teman Traveler gunakan untuk berfoto sepuasnya. Selain itu, kalian juga bisa melihat pemandangan alam hijau yang begitu indah lewat gardu pandang tersebut.

Pusuk Sembalun berada di kawasan lereng Gunung Rinjani. Jadi, panorama dan udara sejuknya tak perlu diragukan lagi. 

wisata murah di lombok
Panorama keseluruhan Pusuk Sembalun via instagram/rpesik

Kalau kalian tertarik mengunjungi wisata Lombok satu ini, lokasinya berada di Jl. Wisata Gunung Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Untuk tiketnya, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp5 ribu. 

3. Pantai Semeti 

wisata murah di lombok
Pantai Semeti via instagram/karistar__

Apabila kalian sedang berada di Kabupaten Lombok Tengah, jangan sampai melewatkan yang namanya Pantai Semeti. Berlokasi di Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, pantai satu ini menawarkan keunikan yang tak bisa kalian temukan di tempat wisata bahari lainnya.

wisata murah di lombok
Keindahan Pantai Semeti via instagram/krstn.mua

Pantai dikelilingi oleh bukit karang yang ditumbuhi oleh tumbuhan hijau. Ada juga tebing-tebing hitam yang tidak beraturan di beberapa sudut pantai. Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, kalian hanya perlu merogoh kocek Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu bagi mobil. 

4. Air Terjun Benang Kelambu 

wisata murah di lombok
Air Terjun Benang Kelambu via instagram/taqy_malik

Selain pantai, Lombok juga menghadirkan banyak wisata air terjun indah. Salah satunya yang paling disukai adalah Air Terjun Benang Kelambu. Wisata satu ini memiliki aliran air yang jatuh dari tebing dan kemudian mengalir melewati celah-celah tanaman yang merambat di bebatuan. Lalu, airnya jatuh seperti tirai yang menggantung di udara dan berjajar bagaikan kelambu. Dari sanalah, air terjun dinamakan menjadi Benang Kelambu. 

wisata murah di lombok
Bagian bawah Air Terjun Benang Kelambu via instagram/vladislav.palenik 

Keunikan dari air terjun ini bisa kalian nikmati di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Kemudian untuk tiketnya, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp5 ribu. Sangat murah, bukan? 

5. Tiu Pituq 

wisata murah di lombok
Gardu pandang hati di Tiu Pituq via instagram/wiranurmansyah

Spot foto yang instagenic juga bisa Teman Traveler temukan di Tiu Pituq. Wisata ini sebenarnya merupakan air terjun yang memiliki keindahan tiada tara. Namun, di sini juga menyediakan spot-spot foto yang bisa digunakan oleh pengunjung. Di antaranya adalah ayunan, juga gardu pandang berbentuk hati.

wisata murah di lombok
Ayunan di Tiu Pituq via instagram/nandachandiniwidhianola

Kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp5 ribu untuk dapat menikmati semua fasilitasnya. Lokasinya berada di Dusun Penjor, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. 

6. Pantai Tanjung Aan 

Pantai Tanjung Aan via instagram/your_passport

Ketika berkunjung ke Lombok, kalian jangan sampai melewatkan Pantai Tanjung Aan. Pantai ini memiliki keunikan pada bentuk pasirnya yang mempunyai dua jenis. Untuk pasir yang berwarna putih, ketika kalian menyentuhnya akan terasa lembut seperti tepung.

Sudut lain Pantai Tanjung Aan © Suci Rahayu/Travelingyuk

Pasir berwarna kuning, akan terasa seperti merica karena bentuknya menggumpal. Jadi, tempat wisata yang berlokasi di kawasan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah ini kerap disebut sebagai pantai tepung atau merica. Untuk harga tiketnya sendiri, dibanderol Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil. 

7. Bukit Nanggi 

Bukit Nanggi via instagram/_ayyif

Tak hanya gunung, Lombok juga punya perbukitan yang dapat Teman Traveler jelajahi. Salah satunya adalah Bukit Nanggi yang berada di Desa Sembalun Bumbung, Selong, Kabupaten Lombok Timur.

Bukit Nanggi sore hari via instagram/zlatan_rama

Dengan harga Rp10 ribu, kalian sudah bisa menikmati pemandangan indah dari Bukit Nanggi. Berupa sunset, sunrise hingga hamparan awan yang muncul ketika pagi dan sore hari. Oleh karenanya, Bukit Nanggi kerap disebut sebagai Negeri di Atas Awan. 

8. Taman Wisata Alam Gunung Tunak 

Taman Wisata Alam Gunung Tunak via instagram/tengakarta

Di Kabupaten Lombok Tengah ada destinasi wisata yang merupakan hasil kolaborasi dengan Korea. Namanya adalah Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Destinasi satu ini menawarkan banyak hal yang bisa dinikmati para pengunjung.

Sisi lain Taman Wisata Alam Gunung Tunak via instagram/shellyhazelina98

Di antaranya adalah gardu pandang untuk spot foto, penangkaran kupu-kupu dan rusa sampai dengan Pantai Taman Ujung. Segeralah bergegas ke Tj. Bungkulan, Desa Mertak untuk bisa menikmati itu semua. Tiketnya dibanderol dengan harga Rp10 ribu. 

9. Goa Bangkang 

Goa Bangkang via instagram/agusm123

Apabila Teman Traveler bosan ke gunung atau pantai, bisa mencoba berlibur ke Goa Bangkang. Lokasinya berada di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Daya tarik yang paling menonjol dari obyek wisata ini adalah spot fotonya.

Spot lain Goa Bangkang via instagram/leonardoo_lemos

Yaitu spot goa yang langit-langitnya dimasuki sinar dari bagian atas. Penampakannya seperti efek sinar yang turun dari langit, sehingga tak heran kalau goa ini dijuluki dengan tempat cahaya tuhan. Untuk masuk ke goa ini, kalian hanya membayar sebesar Rp10 ribu. 

10. Bukit Pergasingan 

Bukit Pergasingan via instagram/her_journeys

Wisata murah di Lombok yang bisa jadi pilihan lainnya adalah Bukit Pergasingan. Bukit satu ini biasanya dijadikan alternatif ketika jalur pendakian di Gunung Rinjani sedang ditutup. Jadi, tak perlu heran apabila banyak wisatawan yang menginap di sini.

Pemandangan Desa Sembalun via instagram/veekeii_vee92

Bukit Pergasingan juga menawarkan pemandangan menarik bagi pengunjungnya. Seperti megahnya Gunung Rinjani dan panorama mengesankan dari Desa Sembalun. Untuk masuk ke Bukit Pergasingan ini, kalian hanya cukup membayar Rp15 ribu. Sedangkan lokasinya terletak di Desa Sembalun, Kecamatan Lawang, Kabupaten Lombok Timur. 

11. Air Terjun Goa walet

Air Terjun Goa Walet
Air Terjun Goa Walet via Instagram @d_widyabintarini

12. Taman Wisata Alam Kerandangan

Taman Wisata Alam Kerandangan
Taman Wisata Alam Kerandangan via Instagram @tamiihd__

13. Pantai Kerandangan

Pantai Kerandangan
Pantai Kerandangan via Instagram @syadad2000

14. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi via Instagram @lombokiniindah

15. Pantai Alang-alang

16. Pura Kaprusan

Spot indah di sekitar Pura Kaprusan
Spot indah di sekitar Pura Kaprusan via Instagram @vian.inside

17. Pasar Seni Senggigi

Pasar seni Senggigi
Pasar seni Senggigi via Instagram@cipongg

18. Batu Layar

Batu Layar
Batu Layar via Instagram @spillsy17

19. Gardu Pandang makam Batu layar

Gardu Pandang makam Batu layar
Gardu Pandang makam Batu layar via Instagram @berkilsever

20. Pantai Montong

Pantai Montong
Pantai Montong Via Instagram @o.galangg

21. Pantai Tanjung Bias

Pantai Tanjung Bias
Pantai Tanjung Bias via Instagram @nnasaiddine

22. Pantai Meninting

Pantai Meninting
Pantai Meninting via Instagram @smuhtadi_

23. Pantai Ampenan

Pantai Ampenan
Pantai Ampenan via Instagram @isti_kyu

24. Pantai Penhulu Agung

Pantai Penghulu Agung
Pantai Penghulu Agung via Instagram @memet_ahmad_fauzi

25. Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq
Pantai Loang Baloq via Instagram@whyzhaa02

26. Pantai Mapak Indah

Pantai Mapak Indah
Pantai Mapak Indah via Instagram @rizal_alfararizi

27. Pantai Gading

Pantai Gading
Pantai Gading via Instagram@ultimaswari

28. Pantai Kuranji

Pantai Kuranji
Pantai Kuranji via Instagram @made_thee

30. Pantai Uringin

Pantai Uringin Lombok
Pantai Uringin via Instagram @kkntematik_desakuranji

31. Pantai Cemare Indah

Pantai Cemare Indah
Pantai Cemare Indah via Instagram @ardiysyahreza

32. Regional Ecotourism Mangrove Bagek Twins 

Regional Ecotourism Mangrove Bagek Twins
Regional Ecotourism Mangrove Bagek Twins via Instagram @bagekkembar

33. Pantai Goa Landak

Pantai goa Landak Lombok
Pantai goa Landak via Instagram @iimam09__

34. Gili Kedis

Gili Kedis Wisata Lombok
Gili Kedis Wisata Lombok via Instagram @ombokexcursions

35.

Bagaimana, menarik kan destinasi wisata yang ada di Lombok ini? Selain menawarkan berbagai hal menakjubkan, harganya pun juga sangat terjangkau. Yuk deh, bagi kalian yang ingin ke Lombok, bisa datang ke tempat-tempat di atas. 

Advertisement
Tags
Indonesia Lombok Nusa Tenggara Barat Wisata wisata murah di lombok
Share