6 Destinasi Wisata di Kabupaten Magetan Siap Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Advertisement

Pulang ke kampung halaman adalah momen yang paling di nanti-nanti saat libur lebaran. Selain bisa berkumpul dengan keluarga tercinta, momen lebaran ini juga dijadikan kesempatan untuk berwisata ke tempat-tempat seru di kampung. Banyak kenangan yang tersimpan di destinasi-destinasi wisata di Magetan.

Jika Anda pulang kampung ke Kabupaten Magetan, setidaknya ada 6 destinasi yang layak untuk dikunjungi saat libur lebaran. Tempat-tempat ini akan mengingatkanmu tentang memori indah kota kelahiran Anda. Dikumpulkan Travelingyuk, inilah enam destinasi wisata Magetan untuk libur lebaran.

1. Telaga Sarangan

Mayoritas tempat wisata di Magetan berupa wisata alam. Hal ini tak lepas dari keberadaan Gunung Lawu di wilayahnya. Salah satu wisata andalah kabupaten ini adalah Telaga Sarangan. Mungkin nama tempat wisata ini tidak asing di telinga kalian, terutama mereka yang tinggal di kota-kota yang berbatasan dengan Magetan.

Telaga Sarangan disebut juga dengan Telaga Pasir. Letaknya sekitar 16 km ke arah barat dari pusat kota. Telaga dengan luas permukaan sekitar 30 hektar dengan kedalaman air dikisaran 28 meter ini memiliki pemandangan alam yang indah dipadu dengan udara yang sejuk. Terang saja pasalnya telaga ini berada di kaki Gunung Lawu.

Telaga Sarangan, Ikonnya Kabupaten Magetan [image source]
Telaga Sarangan, Ikonnya Kabupaten Magetan [image source]

Sebagai ikon wisata Magetan, Telaga Sarangan dilengkapi dengan fasilitas lengkap mulai penginapan berbintang hingga kelas pondok. Terdapat pula kios oleh-oleh, fasilitas berkuda, atau berkeliling telaga naik speedboat. Tiap libur panjang seperti tahun baru dan lebaran kawasan ini akan ramai dikunjungi wisatawan.

2. Cemoro Sewu

Mungkin ini akan menjadi salah satu destinasi yang paling dikangeni saat pulang kampung ke Magetan. Cemoro Sewu merupakan kawasan wisata Magetan Karanganyar yang berada di perbatasan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Biasanya mereka yang berwisata di Telaga Sarangan akan mampir ke sini saat akan menuju ke Tawangmangu di Karanganyar.

Cemoro Sewu, Tempat Paling Sejuk di Magetan [image source]
Cemoro Sewu, Tempat Paling Sejuk di Magetan [image source]

Pesona alam yang disuguhkan adalah berupa suasana sejuk pegunungan yang terkadang tertutup kabut. Di sana Anda bisa berhenti sejenak untuk berburu kuliner khas berupa sate kelinci. Setiap akhir pekan dan juga libur-libur nasional termasuk libur lebaran kawasan ini akan ramai dikunjungi pemudik.

3. Telaga Wahyu

Berada tak jauh dari Telaga Sarangan, sekitar 2 km ke arah timur terdapat wisata alam berupa telaga yang tak kalah mempesona dibanding Sarangan, telaga tersebut bernama Telaga Wahyu. Luas telaga ini hanya sepertiga dari Telaga Sarangan yakni 10 hektar saja. Meski tak seluas dan seramai telaga tetangganya namun ini bisa menjadi alternatif liburan untuk mendapatkan suasana yang santai dan sepi.

Telaga Wahyu, Tempatnya Para Mancing Mania [image source]
Telaga Wahyu, Tempatnya Para Mancing Mania [image source]

Telaga Wahyu atau oleh warga sering disebut dengan Telaga Wurug ini lebih dikenal sebagai tempat pemancingan. Aktivitas utama saat berkunjung ke sana adalah rekreasi sambil memancing atau juga kemping di bumi perkemahan yang disediakan di sana. Beberapa fasilitas pendukung seperti tempat parkir yang nyaman, kamar mandi, gazebo, warung makan, dan becak air juga tersedia di sana.

4. Air Terjun Pundak Kiwo

Selain memiliki telaga yang indah, Kabupaten Magetan memiliki wisata alam lain yang begitu eksotis berupa air terjun. Hampir semua tempat wisata di kabupaten ini berpusat di lereng Gunung Lawu. Salah satunya adalah Air Terjun Pundak Kiwo, sebuah air terjun berketinggian 45 meter dan menjadi air terjun tertinggi dalam hal posisi keberadaannya yaitu di ketinggian 1.476 mdpl.

Air Terjun Pundak Kiwo, Air Terjun di Lokasi Paling Tinggi [image source]
Air Terjun Pundak Kiwo, Air Terjun di Lokasi Paling Tinggi [image source]

Saat mudik lebaran, berkunjung ke air terjun yang berada di desa Ngancar ini adalah pilihan yang tepat untuk menyatu dengan alam setelah setahun bergulat dengan kehidupan perkotaan yang penuh dengan bangunan pencakar langit. Nama Pundak Kiwo sendiri merujuk pada posisi air terjun yang dilihat dari atas berada di lereng gunung sisi kiri. Fasilitas-fasilitas seperti gazebo, area parkir serta toilet dan warung makan sudah tersedia di sana.

5. Air Terjun Tirtasari

Berada di bawah Air Terjun Pundak Kiwo terdapat air terjun lain yang cantik bernama Air Terjun Tirtasari. Air terjun ini berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 1.200 mdpl. Air terjun ini sendiri punya ketinggian terjun 50 meter dengan akses yang lebih mudah ketimbang air terjun sebelumnya.

Air Terjun Tirtasari [image source]
Air Terjun Tirtasari [image source]

Buat wisatawan yang ingin berada di dekat air terjun bisa mendaki tangga dari beton yang sengaja dibangun untuk memfasilitasi mereka. Berhati-hatilah saat menaiki tangga sebab tangga ini memiliki kemiringan yang cukup curam. Air Terjun Tirtasari hanya berjarak 2,5 kilometer dari Telaga Sarangan. Sayangnya kendaraan tidak bisa langsung parkir di dekat air terjun. Dari parkiran menuju air terjun masih berjarak sekitar 1 km yang bisa Anda tempuh dengan jalan kaki atau menyewa kuda.

6. Kolam Renang Banyu Biru

Obyek wisata terakhir sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Inilah taman bermain air yang ada di kota Magetan, namanya Wahana Wisata Taman Rekreasi Banyu Biru. Berada di Tinap, Sukomoro taman rekreasi air ini begitu mudah ditemukan pasalnya lokasinya berada di pinggir jalan utama.

Momen lebaran bisa diisi dengan rekreasi bermain air bersama keluarga besar di sana. Namun Anda harus sedikit bersabar sebab di musim liburan terlebih lebaran kawasan ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya kolam renang saja yang berada di kawasan wisata ini, ada area pemancingan, tempat pertemuan, gedung pemutaran film dan lain sebagainya. Tak lupa pula hadirnya warung makan di area wisata akan menjamin Anda tidak kelaparan meski seharian berada di sana.

Itulah destinasi wisata di Magetan yang bisa jadi pilihan rekreasi saat libur lebaran.

Advertisement
Tags
Air Terjun Indonesia Jawa Timur Magetan Telaga
Share