Empat Leuwi dengan Air Jernih untuk Berenang dan Menyegarkan Pikiran

Advertisement

Leuwi umumnya adalah istilah Sunda untuk lubuk atau bagian terdalam dari sungai. Alirannya begitu tenang sehingga bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Ada beberapa leuwi yang terkenal bukan hanya karena kejernihan air, tapi juga pesona alam di seklilingnya. Di mana saja kamu bisa menemukan Leuwi di Jawa Barat? Simak ulasan berikut.

1. Leuwi Baliung

Leuwi Cibaliung
Leuwi Baliung via Instagram/@rahmancosta92_

Leuwi Baliung masih memiliki udara sejuk dan air jernih. Lokasinya berada di Kawasan Sentul Bogor. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini selain foto-foto. Mulai dari berenang, hingga trekking menelusuri sungai. Saat musim kemarau, airnya tidak terlalu deras dan berwarna kebiruan. Lebih keren lagi jika kamu ke sini sambil santai di atas floaties. Ada juga wisat Curug Cibaliung yang menawarkan keindahan super keren.

Curug Cibaliung
Curug Cibaliung via Instagram/@chepybaper.id

2. Leuwi Hejo

Leuwi Hejo Bogor
Leuwi Hejo Bogor via Instagram/@bdllhfaiez

Leuwi Hejo pernah ditutup sementara karena bencana logsor. Meski begitu, sekarang keindahannya sudah kembali merekah. Banyak yang datang ke sini untuk bersantai dan menikmati kesegaran air sungai. Fasilitsnya pun dilengkapi agar wisatawan yang datang semakin betah. Untuk ke sini, kamu harus mengarahkan kendaraan ke Babakan Medang, Sentul, Bogor. Tebing-tebing tinggi dan bebatuan di antara aliran sungai adalah daya tarik yang membuat Leuwi Hejo semakin menawan.

Leuwi Hejo Bogor
Leuwi Hejo Bogor via Instagram/@agrickoyrombon

3. Leuwi Lieuk

Leuwi Lieuk
Leuwi Lieuk via Instagram/@sarahboneee

Leuwi Lieuk ini juga terkenal sebagai nama curug air terjun di Bogor. Lokasinya penuh dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Kamu pun bisa mampir ke sini juga setelah bertandang ke Leuwi Hejo karena letaknya berdekatan. Saat cuaca cerah, aliran airnya begitu jernih dengan warna kebiruan. Cocok sekali dijadikan tempat berenang bersama kawan-kawan. Jika bermain di sini kamu harus berhati-hati saat melewati bebatuan karena licin.

Leuwi Lieuk
Leuwi Lieuk via Instagram/@ramabraders

4. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong 
Leuwi di Jawa Barat, Leuwi Tonjong Via Instagram/ @gumilangagung /@ilmansalim

Garut juga memiliki beberapa Leuwi yang tidak kalah indah. Udaranya juga sejuk dengan air jernih mengalirkan kesegaran. Salah satunya adalah Leuwi Tonjong yang berada di aliran Sungai Cihurip. Tapatnya di wilayah Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip. Ada air terjun kecil di sini yang berada di antara dua bukit hijau dan tebing berbatu. Sangat instagramable dan cocok sebagai tempat santai mengisi waktu senggang.

Leuwi Tonjong 
Leuwi di Jawa Barat, Leuwi Tonjong via Instagram/@fawwazalkautsar

Itulah beberapa Leuwi di Jawa Barat yang menawarkan keindahan lengkap. Tentu saja masih ada destinasi serupa lain. Sebut saja Leuwi Korsi dan Leuwi Jurig. Kamu pernah berkunjung ke salah satunya? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Barat Leuwi
Share