Indahnya Deretan Wisata Karanganyar, Berasa Liburan ke New Zealand!

Advertisement

Setelah beberapa waktu lalu Travelingyuk mengajak sobat traveler semuanya untuk menjelajahi kekayaan alam di seluruh kabupaten di Jawa Timur, kini kami mengajak untuk melanjutkan ekspedisi menuju Provinsi Jawa Tengah. Daerah pertama yang akan dijelajahi adalah Kabupaten Karanganyar. Penasaran potensi wisata apa saja yang terdapat di daerah yang mayoritas wilayahnya berupa pegunungan ini?

Kabupaten Karanganyar merupakan sebuah wilayah yang berada di tengah ujung timur provinsi Jawa Tengah. Dengan demikian kabupaten ini berbatasan langsung dengan kabupaten Ngawi dan Magetan di Jawa Timur serta tidak memiliki batas laut. Kebanyakan situs traveling yang membahas wisata di kabupaten ini menggabungkannya dengan tempat-tempat wisata di kota Solo dalam satu paket. Kali ini Travelingyuk mencoba untuk mengupas potensi wisata di Kabupaten Karanganyar secara lebih privat. Tempat apa saja yang bisa traveler kunjungi? Yuk ikuti Travelingyuk menjelajah kabupaten ini.

1. Grojogan Sewu, Air Terjun Cantik yang Paling Banyak Diburu

Tidak sah jika berlibur di kabupaten Karanganyar namun tidak mengunjungi kawasan Tawangmangu terlebih dahulu. Bagaimana tidak, Tawangmangu adalah pusat wisata di daerah ini dengan air terjunnya yang super keren bernama Grojogan Sewu. Air terjunnya sangat tinggi sehingga menghasilkan percikan air dari jarak yang cukup jauh. Karena lokasinya berada di tengah hutan di lereng pegunungan maka suasana di sana sangat asri dan cenderung dingin.

Grojogan Sewu, Air Terjun Cantik yang Paling Banyak Diburu, via instagram
Grojogan Sewu, Air Terjun Cantik yang Paling Banyak Diburu, via instagram

Kawasan wisata Grojogan Sewu ini telah dilengkapi dengan banyak fasilitas wisata lainnya. Traveler yang berkunjung dapat mencoba flying fox, hingga berenang di kolam yang telah di sediakan. Namun yang paling menarik adalah mitos yang beredar di jembatan penghubung antara sisi kanan grojogan dengan sisi kiri. Konon pasangan yang belum menikah dan melintasi jembatan ini dipercaya akan mengalami kegagalan hubungan.

2. Candi Sukuh, Sekelumit Keindahan Candi Suku Maya Ada di Karanganyar

Bukan rahasia lagi jika Candi Sukuh dikenal luas karena kemiripannya dengan candi milik Suku Maya di Meksiko. Candi ini memang unik karena punya bentuk yang nyeleneh dibanding candi-candi Jawa lainnya. Traveler yang berkunjung ke sana bisa melihat keunikan candi ini berupa adanya relief rahim wanita dan tidak hanya itu saja, konon candi ini bisa untuk mengetes wanita masih perawan atau tidak.

Candi Sukuh, Sekelumit Keindahan Candi Suku Maya Ada di Karanganyar, via instagram
Candi Sukuh, Sekelumit Keindahan Candi Suku Maya Ada di Karanganyar, via instagram

Candi Sukuh terletak di lereng Gunung Lawu atau di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Bentuknya adalah piramida dengan puncak terpotong yang menandakan ciri dari candi peninggalan kerajaan Majapahit. Candi ini memiliki lorong tangga sempit yang digunakan untuk menuju ke puncak candi. Lorong inilah yang digunakan untuk mengetes keperawanan wanita. Jika ia lewat dan bajunya robek maka wanita itu sudah tidak perawan. Tapi ini hanya mitos, wajar jika orang yang lewat tangga ini bajunya robek pasalnya ukuran lorong tangga ini sangat sempit.

3. Candi Cetho, Candi Unik yang Dibangun di Atas Lahan Berundak

Setelah puas melihat-lihat candi Sukuh, kalian bisa melanjutkan eksplorasi menuju candi lainnya yang berada tidak jauh dari sana. Adalah candi Cetho, candi yang diperkirakan berasal dari zaman kerajaan Majapahit ini terletak di lereng Gunung Lawu sekitar 1496 mdpl. Secara administratif lokasi penemuan candi ini berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Candi Cetho, Candi Unik yang Dibangun di Atas Lahan Berundak, via instagram
Candi Cetho, Candi Unik yang Dibangun di Atas Lahan Berundak, via instagram

Diperkirakan zaman dahulu kawasan ini digunakan untuk pemujaan. Hal ini dapat dilihat dari bangunan candi yang terdapat lebih dari satu dan dibangun di lahan berundak. Total ada 14 tingkat namun hanya 13 yang tersisa sedangkan pemerintah baru memugar 9 diantaranya. Pemugaran yang pernah dilakukan pun mendapat sorotan serius dari para pakar karena tidak dilakukan studi secara mendalam terlebih dahulu sehingga bentuk asli bangunan candi pasca pemugaran inipun diragukan. So far, kawasan di sekitar candi ini sangat keren, sejuk dan tenang.

4. Relaksasi di Tengah Kebun Teh Kemuning yang Hijau Segar

Kebun teh tidak hanya dijumpai di kawasan Puncak Bogor saja. Bagi traveler yang berlibur di Kabupaten Karanganyar juga bisa menikmati kesejukan kebun teh ala Puncak di Perkebunan Teh Kemuning yang terletak di desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso. Umumnya traveler berkunjung ke sana bersama keluarga karena tempat ini memang pas untuk rekreasi sekaligus relaksasi.

Kebun Teh Kemuning, via instagram
Kebun Teh Kemuning, via instagram

Kebun Teh Kemuning mendapat julukan sebagai Puncak Bogornya Karanganyar. Letaknya yang ada di lereng Gunung Lawu memberikan pemandangan yang alami dan segar. Dibalik pemandangannya yang permai ini tersedia pula aneka pilihan olahraga ekstrim yang bisa dijajal traveler salah satunya adalah paralayang. Traveler tinggal menuju ke Bukit Paralayang, Desa Segoro Gunung Kemuning Karanganyar jika mau mencicipi olahraga ini.

5. Sekipan Camp, Area Kemping Hits di Kawasan Tawangmangu

Kemping menjadi salah satu gaya hidup baru dari seorang traveler. Kegiatan out door ini bisa dilakukan di pantai maupun gunung. Kalau lagi di Karanganyar tentu gunung adalah satu-satunya camping ground yang tersedia dan tempat yang paling direkomendasikan adalah Sekipan Camp di desa Kalisoro, kecamatan Tawangmangu. Tempat kemping keren ini hanya berjarak 2 km dari pasar Tawangmangu dan dapat ditempuh selama 1,5 jam dari Kota Solo.

Sekipan Camp, Area Kemping Hits di Kawasan Tawangmangu, via instagram
Sekipan Camp, Area Kemping Hits di Kawasan Tawangmangu, via instagram

Sekipan Camp tidak hanya menyediakan camping ground yang nyaman di tengah hutan di kaki Gunung Lawu namun juga menyediakan berbagai fasilitas seperti villa serta warung-warung makan. Hingga saat ini kebanyakan pengunjung yang kemping di area ini berasal dari organisasi tertentu dan juga mahasiswa yang menggelar kegiatan makrab. Pun demikian ada juga keluarga dan traveler lain yang juga menggelar tenda di sana.

6. Pura Pemacekan, Tempat Beribadah Umat Hindu Dengan Nuansa Bali yang Kental

Di Indonesia, Bali dikenal sebagai pulau seribu pura. Hal ini tidak lepas dari banyaknya pura yang ditemukan di pulau Dewata ini. Ternyata pura-pura seperti di sana juga ada di Kabupaten Karanganyar. Traveler bisa jalan-jalan menuju lereng Gunung Lawu, tepatnya di Dusun Pasekan, Desa Keprabon, Kecamatan Karangpandan untuk melihat salah satu pura tersebut.

Pura Pemacekan, Tempat Beribadah Umat Hindu Dengan Nuansa Bali yang Kental, via instagram
Pura Pemacekan, Tempat Beribadah Umat Hindu Dengan Nuansa Bali yang Kental, via instagram

Pura yang terletak di desa Keprabon ini adalah pura Hindu yang bernama Pura Pemacekan. Nuansa Hindu dan suasana Bali sangat terasa saat berada di kawasan tersebut. Hingga kini pura tersebut masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah umat Hindu yang ada di Karanganyar. Di dalam kawasan pura terdapat Candi Gelung Patung Panca Tirta, Candi Gelung Patung Dewa, Bale Piasan dan berbagai bangunan lainnya. Foto-foto di sana tentu akan menghasilkan gambar seperti lagi liburan di Bali. Keren!

7. Tempat Kece yang Masih Baru di Karanganyar, Taman Wisata Edukasi Dirgantara, Kamu Wajib Berkunjung ke Sana

Kabupaten Karanganyar menambah koleksi baru destinasi wisata di wilayahnya yang baru dibuka pertengahan Juli tahun ini. Tempat tersebut dikenal dengan nama Karangayar Edupark atau Taman Wisata Edukasi Dirgantara. namanya juga taman belajar kedirgantaraan, wahana yang ada di sana tentu adalah sebuah pesawat terbang asli yang diparkir di taman dan diberi nama Lawu Air.

aman Wisata Edukasi Dirgantara, Kamu Wajib Berkunjung ke Sana, via instagram
Taman Wisata Edukasi Dirgantara, Kamu Wajib Berkunjung ke Sana, via instagram

Pesawat yang digunakan sebagai media edukasi ini berjenis boeing 737-300 berkapasitas 160 penumpang. Traveler yang berkunjung bisa foto-foto sepuasnya layaknya sedang di dalam pesawat terbang sungguhan yang ada di bandara. Traveler juga diijinkan untuk masuk ke dalam pesawat, di sana akan diberi berbagai pengetahuan tentang penerbangan termasuk juga dengan keselamatan penerbangan. Koleksi lainnya di taman ini adalah helikopter jenis balco dan masih banyak fasilitas keren lainnya.

8. Air Terjun Parang Ijo, Keindahannya Bikin Kamu Ogah Pulang Bro!

Air Terjun Parang Ijo terletak tidak jauh dari kawasan candi Cetho. Traveler hanya perlu berkendara selama 20 menit saja. Air terjun setinggi 50 meter ini berada di Lereng Gunung Lawu yang menyajikan keasrian dari pemandangan pegunungan. Namanya memang belum seterkenal Grojogan Sewu namun masalah keindahannya berani diadu.

Air Terjun Parang Ijo, via instagram
Air Terjun Parang Ijo, via instagram

fasilitas pendukung yang disediakan di kawasan air terjun ini sudah lumayan lengkap, ada menara pandang, area bermain anak dan dewasa serta kolam renang yang dibangun di dekat air terjun langsung. Tak lupa pula kehadiran warung makan yang menjajakan menu penggugah selera.

Wah ternyata banyak juga ya pilihan tempat keren untuk berlibur di Karanganyar. So tunggu apalagi, akhir pekan ini mari menjelajahi Kabupaten Karanganyar.

Advertisement
Tags
Explore Karanganyar Jawa Tengah Karanganyar
Share