Asyiknya Liburan di Semarang, Banyak Destinasi Gratisan!

Advertisement

Hal yang paling menguntungkan saat traveling ke Semarang yaitu traveler diberi banyak pilihan tempat wisata gratis. Meski berlabel gratis, namun tempat-tempat ini tidak nanggung dalam memberikan kepuasan lahir dan batin pada pengunjung. Kota yang oleh Belanda dijuluki sebagai Venetië van Java ini membuktikan diri pada traveler bahwa berwisata itu tidak selalu menghabiskan uang banyak.

Baik di kabupaten maupun kotanya, Semarang menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari sekian daftar tempat wisata keren di Kota Lumpia ini, terselip nama-nama obyek wisata. Di mana untuk mengunjunginya traveler tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Buat kamu yang punya rencana backpacker-an ke Semarang dalam waktu dekat, berikut Travelingyuk rangkumkan tempat-tempat gratis di Kota Atlas ini.

1. Tugu Muda

Salah satu tempat wisata paling terkenal di Semarang adalah Lawang Sewu. Untuk masuk ke dalam bangunan era kolonial ini, traveler harus membayar tiket masuk. Ada cara lain untuk menikmatinya tanpa harus membayar yaitu dari luar pagar atau menontonnya dari Tugu Muda. Memotret Lawang Sewu dari Tugu Muda menghasilkan gambar yang lumayan kece, apalagi mengambilnya pada malam hari saat langit cerah dengan rembulan yang bersinar terang.

Tugu Muda, foto @ardhaniaji
Tugu Muda, foto @ardhaniaji

Yap, Tugu Muda adalah destinasi wisata gratisan di Semarang. Letaknya berada persis di depan obyek wisata Lawang Sewu yang sudah begitu terkenal. Sama halnya dengan Tugu Jogja, Tugu Muda ini juga menjadi landmark kota yang sangat ramai dikunjungi traveler untuk foto-foto, khususnya pada senja hingga malam hari. Malam adalah waktu terbaik untuk menikmati tugu ini, pasalnya udara jadi lebih dingin dan traveler bisa puas foto-foto atau sekedar menikmati arsitektur tugu yang memiliki air mancur cantik dan kerlap-kerlip lampu tanpa kepanasan.

2. Kelenteng Tay Kak Sie

Kelenteng Sam Poo Kong adalah kawasan wisata terkenal di Semarang, disamping fungsinya sebagai tempat ibadah warga Tionghoa. Kelenteng ini wajib masuk dalam daftar kunjungan bagi traveler yang plesiran di kota Lumpia. Namun karena kita sedang membicarakan mengenai destinasi gratis, maka tempat tersebut tidak masuk di dalam daftar. Sebagai gantinya, buat traveler yang pengen punya foto dengan latar belakang kelenteng namun didapatkan secara gratis, bisa berkunjung ke Jalan Gang Lombok, kawasan Pecinan, Semarang.

Kelenteng Tay Kak Sie, via instagram
Kelenteng Tay Kak Sie, via instagram

Di dalam kawasan Pecinan tersebut traveler akan menemukan Kelenteng Tay Kak Sie. Kelenteng ini telah berusia sangat tua, umurnya sekitar 200 tahun. Keberadaannya yang sarat akan nilai sejarah, menjadikannya salah satu tujuan wisata religi atau sekedar berfoto dengan suasana seperti di negeri Tirai Bambu sungguhan. Traveler yang datang juga bisa sekalian wisata kuliner, di dekat kelenteng ini banyak penjual makanan khas Semarang seperti lumpia panggang, bakmi dan es buah.

3. Kota Lama

Ada satu kawasan di Semarang yang mirip kota-kota di Eropa. Adalah Kota Lama, sebuah daerah yang dipenuhi bangunan kuno peninggalan Belanda dan dikenal sebagai Little Netherland ini, bisa dinikmati traveler secara cuma-cuma selama 24 jam non-stop. Kamu yang traveling ke Semarang wajib hukumnya menjejakkan kaki di Kota Lama sebelum berkeliling ke tempat-tempat yang lain.

Kota Lama, foto @ardhaniaji
Kota Lama, foto @ardhaniaji

Bangunan-bangunan yang wajib jadi latar belakang foto saat di Kota Lama antara lain Gereja Blenduk, Kantor Pos, Gedung Marabunta dan Stasiun Tawang. Saat siang udara di kawasan kota ini begitu panas, untuk itu ada pilihan bersantai yang nyaman di sebelah Gereja Blenduk yaitu Taman Srigunting. Kalau malam mau nongkrong eksklusif sambil menikmati pemandangan kota ini, kamu bisa datang ke kafe Spiegel yang berada tidak jauh dari gereja.

4. Pelabuhan Tanjung Mas

Semarang yang secara geografis berada di ujung utara pulau Jawa ini sudah tentu memiliki pantai dan pelabuhan. Sejak zaman dahulu, kota ini menjadi pusat labuh kapal-kapal penting hingga Laksamana Cheng Hoo saja sempat singgah dan berlabuh di Semarang dalam pelayarannya di bumi Nusantara. Tak heran jika kemudian kota ini juga memiliki julukan lain sebagai Kota Pelabuhan.

Pelabuhan Tanjung Mas, via instagram
Pelabuhan Tanjung Mas, via instagram

Satu pelabuhan yang cukup terkenal di Semarang yaitu Pelabuhan Tanjung Mas. Nama pelabuhan ini kemungkinan besar tidak asing di telinga traveler Jawa, pasalnya pernah digunakan sebagai judul lagu oleh Didi Kempot yaitu “Tanjung Mas Ninggal Janji.” Pelabuhan ini berada tidak jauh dari pusat kota, hanya butuh setengah jam saja untuk ke sana dengan asumsi start dari Tugu Muda. Di pelabuhan ini traveler bisa menikmati suasana pantai secara gratis lengkap dengan pemandangan kapal-kapal besar. Atau melakukan aktivitas olahraga semisal jogging atau bersepeda.

5. Simpang Lima

Simpang Lima adalah tempat wajib berikutnya yang harus dikunjungi di Semarang. Kawasan ini berada di ujung Jalan Pahlawan dan telah menjadi ikon kota tersebut sekaligus berfungsi sebagai alun-alun. Tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik warga Semarang sendiri atau traveler dari daerah lain. Datanglah ke Simpang Lima pada hari Minggu untuk mendapatkan kemeriahan yang lebih maksimal.

Simpang Lima, foto @ardhaniaji
Simpang Lima, foto @ardhaniaji

Setiap Minggu pagi, kawasan Simpang Lima adalah pusat penyelenggaraan car free day. Berbagai kegiatan dilakukan pada hari itu, sedang para pedagang banyak yang menggelar dagangannya di sekeliling lapangan. Di momen itu pula kamu akan menemukan jalan-jalan utama di Semarang steril dari kendaraan. Umumnya mereka yang ikutan dalam acara car free day di Simpang Lima tidak akan melewatkan momen untuk berfoto di depan Hotel Ciputra yang megah dan berada di seberang Simpang Lima.

6. Jalan Pahlawan

Selain di Tugu Muda, tempat populer untuk nongkrong anak muda Semarang pada malam hari adalah di Jalan Pahlawan. Cobalah untuk lewat di sepanjang jalan ini pada malam menjelang akhir pekan, pinggir-pinggir jalan akan dipenuhi muda-mudi yang sedang asyik bercengkerama dengan kelompoknya. Apalagi trotoar di sepanjang jalan ini telah direnovasi menjadi lebih lebar.

Jalan Pahlawan, via instagram
Jalan Pahlawan, via instagram

Seperti kata pepatah, ada gula ada semut, di mana ada keramaian pasti ada pedagang yang menjual aneka makanan dan camilan di sekitarnya. Untuk menemani kegiatan nongkrong, banyak pedagang yang menjual aneka makanan seperti wedang ronde, jagung manis, serta aneka makanan dan minuman lain. Kebanyakan mereka yang menghabiskan malam di Jalan Pahlawan adalah sekumpulan anak muda yang tergabung dalam komunitas tertentu seperti mobil, motor dan skate board.

7. Banjir Kanal Barat

Sebuah kanal dibangun di Semarang yang bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir. Kanal yang kemudian diberi nama Banjir Kanal Barat ini tidak sekedar berfungsi sebagai pencegah banjir, tapi juga dipercantik sedemikian rupa hingga menjadi tempat nongkrong gratisan yang asyik. Muda-mudi ini akan berduyun-duyun mendatangi tempat ini pada malam hari.

Banjir Kanal Barat, via instagram
Banjir Kanal Barat, via instagram

Karena keindahannya, banyak dari mereka yang betah untuk berlama-lama main di pinggir kanal ini. Kerlap-kerlip lampu di jembatan menjadi daya tarik utama yang memeriahkan suasana malam di Banjir Kanal Barat. Lokasi tempat ini berada tidak jauh dari Simpang Lima, traveler hanya butuh berkendara selama 10 menit saja untuk menuju ke Banjir Kanal Barat.

8. Taman Tabanas

Ingin mengunjungi bukit bintangnya Semarang? Pilihannya jatuh pada Taman Tabanas yang terletak di kawasan Gombel yang tidak jauh dari Tembalang. Tempat ini berada di ketinggian, sehingga traveler bisa melihat keindahan city light di malam hari.

Taman Tabanas, via instagram
Taman Tabanas, via instagram

Taman Tabanas memang akan sangat ramai dikunjungi mulai sore hingga malam. Dengan pertimbangan saat itu udara sudah mulai sejuk dan lampu kota mulai menyala menampakkan kerlap-kerlipnya bagaikan bintang. Di sekitar taman juga banyak kios makanan yang menjamin kebutuhan perut para pengunjung.

Wah, ternyata banyak juga ya tempat gratis di Semarang yang keren-keren. Kamu mungkin masih punya rekomendasi tempat gratisan lain di Semarang? Yuk share di kolom komentar.

Advertisement
Tags
explore jawa tengah Explore Semarang Jawa Tengah Kota Lama semarang Wonderful Indonesia
Share