4 Objek Wisata di Takengon yang Eksotis, Bisa Dikunjungi Dalam Sehari

Advertisement

Takengon merupakan ibukota Kabupaten Aceh Tengah. Meski wilayahnya tidak begitu luas, hanya berkisar 4318 km² saja, tapi pesona bikin wisatawan terkagum-kagum. Udaranya sejuk, sementara keindahan alamnya eksotis banget. Kabar baiknya, kota kecil ini memiliki banyak objek wisata yang bisa dikunjungi sekaligus dalam sehari. Seperti objek wisata di Takengon berikut yang direkomendasikan oleh Kontributor Travelingyuk, Bang Harlen.

1. Puncak Pantan Terong

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/
Puncak Pantan Terong (c) Bang Harlen/Travelingyuk

Puncak Pantan Terong merupakan dataran tinggi yang dikelilingi perbukitan asri nan hijau. Keindahan alam di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah ini memanjakan mata siapapun yang memandangnya. Dari atas bukit, Teman Traveler dapat melihat suasana Kota Takengon dan keindahan Danau Laut Tawar dari kejauhan. Tak hanya orang lokal, wisatawan yang datang juga banyak dari luar Takengon.

Menariknya di sini terdapat kedai kopi yang menyediakan Kopi asli Gayo. Jenis kopinya banyak, mulai dari espresso, cappuccino, mochacino, hingga latte. Selain minum kopi, pengunjung juga bisa mengisi perut di Warkop satu-satunya disini. Sayangnya, menunya hanya mie seduh. Jika tak ingin kelaparan, lebih baik untuk makan terlebih dahulu sebelum ke sini.

2. Danau Laut Tawar

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/
Danau Laut Tawar (c)Bang Harlen/Travelingyuk

Dari Puncak Pantan Terong menuju Danau Laut Tawar cukup menempuh waktu 45 menit saja. Objek wisata dengan luas 5.472 hektare ini merupakan ikon dari kota Takengon. Pemandangan alamnya memanjakan mata. Selain ketenangan air, hamparan bukit barisan yang mengitari danau sedalam 50 meter ini juga tak kalah eksotis. Belum lagi kicauan burung yang menambah suasana teduh nan syahdu.

Di sekitar danau ini, biasanya terdapat beberapa orang yang kembing. Selain menikmati keindahan, mereka rela bermalam demi bisa mengabadikan momen cantik di danau ini. Sekilas destinasi ini mirip dengan Danau Toba, bedanya ukuran tempat wisata ini lebih kecil. Selain itu juga kurang terkenal karena perkembangan potensi wisata kurang.

3. Goa Putri Pukes

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/
Goa Putri Pukes (c)Bang Harlen/Travelingyuk

Takengon juga memiliki goa eksotis yang menyimpan sebuah legenda. Singkat cerita, konon ada seorang putri Raja yang bernama Putri Pukes yang menikahi seorang pemuda dari negeri seberang. Ketika akan meninggalkan kerajaan, orangtua sang Putri berpesan agar tidak menoleh ke belakang saat melangkahkan kaki keluar Kerajaan. Namun sayangnya karena terlalu sedih dan teringat kepada Ayah dan Ibunya tanpa sengaja Putri Pukes pun menoleh ke belakang, seketika muncullah petir yang menyambar disertai angin puting beliung dan hujan yang lebat. Putri dan pengawalnya pun melindungi diri dalam sebuah Goa. Perlahan tubuh putri pun mengeras, ia pun terkejut dan menangis.

Menurut penjaga goa, sekitar tahun 1990 patung Putri Pukes masih terlihat jelas seperti sedang bersujud, namun seiring berjalannya waktu stalakmit dari atas Goa terus berjatuhan ke Patung tersebut, jadi bentuknya sudah tidak begitu jelas. Terlepas dari benar tidaknya legenda ini, objek wisata di Takengon ini memang menarik untuk dikunjungi.

4. Bur Telege

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/
Bur Telege (c)Bang Harlen/Travelingyuk

Di sebelah selatan kota Takengon, tepatnya di Kampung Hakim Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar juga terdapat objek wisata yang bernama Bur Telege. Waktu tempuhnya sekitar 30 menitr dari Danau Laut Tawar. Bur Telege menawarkan pesona alam yang dikemas kekinian. Banyak spot berswafoto yang instagenic di sini. Akses menuju ke sini cukup melelahkan karena jalan menanjak. Bagaimana tidak, ketinggian mencapai 1250 mdpl, meski kondisi jalan sudah beraspal.

Tiket masuknya hanya Rp2.500 dan menyajikan pemandangan istimewa. Dari puncak, pemandangan Danau Laut Tawar terlihat memesona. Udaranya juga segar karena banyak pohon pinus yang tumbuh.

Nah itulah 4 destinasi wisata di Takengon yang bisa dikunjungi dalam satu hari. Seperti kata pepatah yang mengatakan waktu adalah uang, maka saat traveling manajemen waktu itu sangatlah penting. Jadi, kapan nih jelajah kota cantik di Provinsi Aceh ini?

Advertisement
Tags
Aceh Aceh Tengah Indonesia takengon Travelingyuk wisata aceh Wisata Takengon
Share