Wisata Bukit di Kalimantan, Halaman ‘Surga’ yang Indah

Advertisement

Belantara Kalimantan penuh dengan misteri dan tantangan. Puncak tertingginya yaitu Bukit Raya dikelilingi oleh hutan lebat dan beraneka hewan liar. Namun itu belum semuanya, pulau terluas kedua di Indonesia ini juga memiliki spot padang rumput atau ilalang yang keren. Hamparan hijau rerumputan bisa jadi spot foto instagenic. Di mana saja wisata bukit di Kalimantan? Simak ulasan berikut.

1. Bukit Alpha

Bukit Alpha
Bukit Alpha via Instagram/@nilapopon

Letak Bukit Alpha ada di Kelurahan Manggar dan berdekatan dengan tempat pembuangan sampah. Jangan kecewa dulu, karena areanya tidak jadi satu dan tetap indah di pandangan. Akses menuju lokasi masih susah dengan jalanan tak beraspal sejauh sekitar 500 meter. Ketika sampai di puncaknya, kamu akan melihat rerumputan yang terhampar luas. Bawa perbekalan yang cukup mengingat fasilitasnya masih belum lengkap.

2. Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville Singkawang
Taman Bukit Bougenville Singkawang

Tempat ini berupa taman bunga dengan berbagai macam spot foto kekinian. Meski begitu, nuansa alam masih begitu menonjol dengan udara sejuk berhembus menyegarkan. Kamu bisa menikmati berbagai jenis bunga, terutama Bougenville (Bougenvillea Spectabilis). Lokasinya berada di Desa Sijangkung, Singkawang menghadap Gunung Passi yang gagah di Kejauhan.

Menuju ke Bukit Bougenville 

  • Berangkat menuju Bandara Supadio
  • Menggunakan kendaraan darat ke Kota Singkawang
  • Lanjut ke Desa Sijangkung dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

3. Bukit Jamur

Bukit Jamur 
Bukit Jamur via Instagram/@kusumaaryatrio

Bukit Jamur adalah salah satu destinasi wisata yang keren. Lokasinya berada di Bengkayang, Kalimantan Barat. Ada padang rumput yang dijadikan sebagai spot berkemah. Di sekitarnya terdapat pemandangan lembah-lembah cantik. Jika langit cerah, kamu pun bisa menikmati sunrise menakjubkan. begitu juga dengan lutan awan layaknya kahyangan.

4. Bukit Saran

Bukit Saran
Bukit Saran via Instagram/@yayankhandayani

Bukit Saran berada di ketinggian 1741 meter di atas permukaan laut. Kamu harus mendaki untuk sampau di puncaknya. Melewati hutan belantara yang sejuk tergolong lebat dan lembab. Destinasi yang terknal memiliki jalur pendakian estrem ini berada di Desa Riam, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Waktu tempuhnya bahkan mencapai 8 jam. Namun tenang, rasa lelah tidak akan terlalu terasa karena kamu akan melihat banyak keindahan. Termasuk area hutan lumut langka.

Kalimantan tidak memiliki gunung berapi karena tidak dilalui oleh Ring of Fire (cincin api). Meski begitu bukit-bukit di sini memiliki pesona tersendiri. Puncak tertingginya adalah Bukit Raya. Kamu sudah pernah berkunjung ke mana nih?

Advertisement
Tags
bukit Indonesia kalimantan Wisata Kalimantan
Share