Aneka Pilihan Tempat Liburan Untuk Anak di Dalam dan Luar Negeri

Advertisement

Bagi traveler yang telah berkeluarga apalagi memiliki anak kecil pasti akan lebih selektif dalam memilih destinasi rekreasi. Mereka tidak lagi mengutamakan kesenangan diri mereka sendiri namun juga keselamatan anak-anak mereka. Sehingga obyek-obyek wisata yang punya beragam pilihan wahana dengan tingkat keselamatan tinggi akan menjadi prioritas mereka.

Tidak hanya itu saja, destinasi yang memberikan nilai edukasi juga bakal menjadi pertimbangan, yang kesemuanya bakal dibungkus dalam satu paket lengkap, itulah yang umumnya orang tua cari untuk tempat berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Lantas mana saja destinasi yang sesuai dengan yang mereka harapkan? Dilansir Travelingyuk dari Skyscanner, berikut destinasi rekomendasi untuk berlibur bareng keluarga dan anak-anak di Indonesia dan mancanegara.

1. Pulau Bali, Indonesia

Jangan salah menganggap Pulau Bali hanya berisi bule berbikini saja. Pulau ini memiliki pilihan wisata yang lengkap termasuk untuk keluarga dan anak-anak. Untuk liburan bareng keluarga, traveler bisa berkunjung ke Bali Safari and Marine Park yang menawarkan pengalaman safari bertemu satwa liar yang ramah untuk segala usia. Taman yang pengelolaannya satu manajemen dengan Taman Safari Indonesia ini memang sangat ahli dalam bidang konservasi binatang serta melakukan pertunjukan pada pengunjung. Dengan begitu traveler bisa sekaligus mengenalkan pada anak aneka jenis binatang.

Bali Safari and Marine Park, via instagram
Bali Safari and Marine Park, via instagram

Tempat lain yang sarat dengan nilai edukasi adalah Pulau Penyu. Pulau yang digunakan sebagai tempat konservasi penyu ini tentu akan memberi banyak pengetahuan mengenai habitat dan kehidupan binatang laut tersebut. Selain itu anak-anak juga dapat diajak snorkeling di pantainya yang tenang. Atau pilihan lainnya adalah berkunjung ke Taman Nusa yang mana di tempat tersebut mereka akan belajar tentang kebudayaan Bali dan Indonesia.

2. Singapura

Bagi traveler dewasa, Singapura dikenal sebagai tujuan wisata belanja. Namun demikian bukan berarti negara ini tidak ramah dikunjungi bersama anak-anak. Anda sebagai orang tua tinggal memilih destinasi yang tepat saja sebab banyak sekali obyek wisata yang ramah anak disana. Yang pertama Anda bisa berkunjung ke Pulau Sentosa. Pulau ini sangat terkenal karena luasnya yang semakin bertambah karena reklamasi. Spot-spot favorit traveler berkeluarga antara lain Imbiah Lookout yang berisi tempat belajar seperti Discover of Singapore hingga taman kupu-kupu.

Tempat rekreasi di Singapura, via instagram
Tempat rekreasi di Singapura, via instagram

Tempat lain yang tak kalah bermanfaat jika dikunjungi bersama anak-anak adalah Jurong Bird Park. Sebuah taman yang menjadi habitat dari sekitar 8.000 burung dari 600 spesies. Pengunjung akan dibuat kagum dengan banyaknya jumlah burung yang ada di taman tersebut. Bagi anak-anak bertemu dengan hewan utamanya burung tentu akan membuat mereka senang dan manfaat tidak langsungnya mereka akan mengenal aneka jenis burung.

Singapura juga dikenal memiliki kebun binatang terbaik di Asia yang layak untuk dikunjungi dengan kondisi yang sangat bersih dan hewan-hewan yang terawat dengan baik. Ini juga bisa dimasukkan dalam daftar kunjungan Anda bersama keluarga di Singapura.

3. Kuala Lumpur, Malaysia

Bagi traveler Indonesia, Kuala Lumpur, Malaysia adalah tujuan wisata favorit kedua setelah Singapura. Selain lokasinya dekat, kota ini juga memiliki segudang obyek wisata yang ramah buat rekreasi keluarga dan anak-anak. Ajaklah keluarga dan anak-anak ke Sunway Theme Park. Obyek wisata ini seperti Ancol jika di Indonesia. Terbagi menjadi beberapa zona seperti water park, Extreme Park, Wildlife Park dan juga Amusement Park dengan berbagai wahana yang lebih variatif.

Taman bermain di Kuala Lumpur, via instagram
Taman bermain di Kuala Lumpur, via instagram

Untuk pilihan lain, Anda dapat membawa buah hati liburan ke Kidzania Kuala Lumpur atau Megakidz Funland. Wahana yang tersedia di pusat permainan ini beragam dan mengedukasi sehingga selain menyenangkan, anak-anak juga bakal dapat pelajaran yang berharga dari setiap permainan yang dimainkan. Tidak ketinggalan, Legoland di Johor Baru bisa menjadi alternatif lain liburan di Malaysia.

4. Hongkong

Agak jauh sedikit Anda dapat mengajak anak-anak liburan ke Hongkong. Kota ini begitu terkenal dengan pertunjukan lampu kelas dunia yang memukau di Symphony of Light. Selain itu ada pula rute trekking yang menantang di Dragon Back Trail. Untuk obyek wisata yang ramah dengan anak-anak, Anda bisa memilih Ocean Park. Ini merupakan wahana taman laut kelas dunia yang dibuka tahun 1977. Berbagai penghargaan sudah disandang taman hiburan ini atas kemahirannya dalam menggabungkan hiburan, pendidikan, dan konservasi alam.

Kereta gantung di Hongkong, via instagram
Kereta gantung di Hongkong, via instagram

Jika Anda mencari taman bermain yang berkelas dan penuh dengan kebahagiaan, Hong Kong Disneyland lah jawabannya. Taman bermain ini menawarkan berbagai permainan seru. Anak-anak juga pasti suka dengan karakter Disney seperti Donald Bebek, Mickey Mouse dan lainnya. Tidak hanya bertemu dengan karakter Disney, anak-anak juga berkesempatan menaiki banyak pilihan wahana bermain yang menyenangkan.

5. Tokyo, Jepang

Tokyo di Jepang juga memiliki banyak theme park yang sangat ramah dengan pengunjung anak-anak. Sebut saja Tokyo Disneyland, Tokyo DisneySea, Sanrio Puroland, Joypolis, Hanayashiki, Namco Namja Town, dan Tokyo Dome City Attractions. Seperti misalnya Tokyo Disneyland yang merupakan taman hiburan terbesar di kota Tokyo dan juga berdampingan dengan Tokyo DisneySea. Taman hiburan ini memiliki beberapa zona yang terdiri dari teater, restoran, dan toko-toko suvenir.

Disneyland Tokyo, via instagram
Disneyland Tokyo, via instagram

Lain lagi dengan Tokyo DisneySea yang merupakan proyek lanjutan dari Tokyo Disneyland. Zona paling menonjol disana bertemakan laut. Faktanya taman bermain ini sangat populer di dunia dan mampu menarik kunjungan sebanyak 12 juta orang per tahun yang menempatkannya sebagai taman hiburan keempat yang paling banyak dikunjungi di dunia.

So, sudah menentukan pilihan mau mengajak anak-anak liburan kemana?

Advertisement
Tags
Bali Explore Bali explore indonesia Hongkong jepang Malaysia Singapura
Share