4 Wisata Alam Papua yang Indahnya Bikin Wisatawan Betah Berlama-lama

Berbicara tentang Indonesia, rasanya kurang lengkap jika tak membahas tentang wisatanya. Khususnya wisata alam di Papua yang ternyata keindahannya seakan tak bisa diungkapkan dengan apapun. Mungkin banyak Teman Traveler yang mengira jika alam Bumi Cendrawasih hanya disuguhkan oleh Raja Ampat. Padahal, masih banyak wisata alam Papua lainnya yang tak kalah indah dari perairan ternama tersebut. Di mana saja?

Danau Paniai

wisata alam papua
Danau Paniai via instagram/ @s3trip_pekanbaru

Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Meski namanya jarang terdengar, keindahannya boleh diadu dengan Danau Sentani maupun Raja Ampat. Saat senja, pandangan mata akan dimanjakan dengan keindahan sunset yang ‘berpulang’ ke pelukan sang ufuk barat.

Selain pemandangan alamnya yang eksotis, Danau Paniai menyimpan potensi alam biota laut yang kaya dan terkenal sebagai danau penghasil ikan air tawar terbesar di Papua. Berbagai jenis ikan tawar dapat dijumpai seperti ikan mas, nila, dan mujair.

Bila beruntung, wisatawan dapat melihat udang endemik Papua yang kini sudah mulai langka, yaitu udang selingkuh. Dinamakan demikian karena udang tersebut memiliki capit besar seperti halnya kepiting.

Pantai Bosnik

wisata alam papua
Pantai Bosnik via instagram/ hsbn_marco

Pantai Segara Indah atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Bosnik terletak di sisi timur Pulau Biak, tepatnya di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Di pantai ini, para pengunjung bisa menikmati pasir putih yang bersih dan terumbu karang.

Pantai ini bisa juga digunakan untuk berenang, maupun snorkeling. Ada penyewaan ban dengan tarif Rp10 ribu juga. Namun harap berhati-hati jika ingin ber-snorkeling di Pantai Bosnik, karena pantai ini memiliki arus yang deras.  

Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon via instagram/ khajock

Pulau Rumberpon berlokasi di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Wisata alam Papua satu ini menawarkan suasana yang tenang. Membuat pengunjung yang datang seperti berada di pulau pribadi.

Salah satu kelebihan pulau ini adalah terdapat beberapa spot instagenic. Ini karena adanya pasir putih yang halus, padang ilalang, serta hutan mangrove di sekitar yang menambah cantik pemandangan Pulau Rumberpon.

Tak hanya itu, aktivitas pengunjung di Pulau Rumberpon dapat dihabiskan dengan bersantai menyusuri pantai, snorkeling, menyelam, bermain ski air, berselancar, hingga memancing. Biota-biota laut seperti terumbu karang masih sangat alami di sana dan tersebar hampir di sekeliling pulau. Ini memungkinkan pengunjung bebas memilih spot untuk bersantai, sambil Diving.

Air Terjun Wafsarak

Air Terjun Wafsarak via instagram/ andhikarayya

Air Terjun Wafsarak adalah salah satu objek wisata alam Papua yang menakjubkan. Berada di Distrik Warsa, Biak Utara, Papua Bara, air terjun ini setinggi 10 meter, dengan warna biru kehijauan yang bersih dan jernih.

Ditambah dengan panorama di sekitaran air terjun yang sangat menyejukan mata. Seperti hijaunya pepohonan dan tebing-tebing berwarna coklat, dilengkapi dengan iringan suara aliran air menambah suasana menjadi lebih nyaman dan tenang.

Istimewanya, penduduk sekitar sangat peduli dengan kebersihan dan kealamian dari Air Terjun Wafsarak ini. Sehingga, ketika berkunjung ke air terjun ini, Teman Traveler akan terkagum-kagum dengan keindahan dan kebersihannya.

Terbukit kan, wisata alam di Papua tidak hanya dipersembahkan oleh Raja Ampat. Nah, Teman Traveler suka objek wisata yang mana nih?

Tags
Biak Numfor Biak Utara Indonesia Paniai Papua papua barat Teluk Wondama
Share