Selain Kebun Jolong, Deretan Air Terjun di Pati Ini Bisa Dijelajahi

Advertisement

Pati, salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini, memiliki banyak area persawahan. Tidak heran suasananya begitu sejuk dan menentramkan jiwa. Daerah ini pun sebagian penduduknya merupakan petani, diantaranya petani buah naga. Salah satu budidaya buah naga berlokasi di kawasan wisata bukit Jolong dan cukup tersohor. Namun tidak hanya itu, kabupaten ini juga memiliki deretan air terjun. Berikut adalah beberapa wisata air terjun di Pati. Lihat seindah apa.

Air Terjun Sepletuk

Air Terjun Sepletuk via Instagram @explorepati
Air Terjun Sepletuk via Instagram @explorepati

Wisata air terjun di Pati ini berada di perbukitan Gunung Wungkal, tepatnya di Desa Sentul  Cluwak. Kalau Teman Traveler berada di pusat kota Pati, air terjun ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam kurun waktu kurang lebih 1 jam. Akses menuju guyuran air terjun ini pun bisa dilalui oleh sepeda motor. Uniknya adalah saat perjalanan menuju Sepletuk, Teman Traveler akan menjumpai beberapa monyet berkeliaran bebas.

Air Terjun Gemarang

Air Terjun Gemarang via Instagram @explorepati
Air Terjun Gemarang via Instagram @explorepati

Air Terjun Gemarang berada di kawasan wisata Bukit Jolong 2, berjarak setidaknya 40 menit dari pusat kota Pati. Air terjun ini berlokasi kurang lebih 1 kilometer dari Bukit Naga. Akses menuju lokasi ini memang bisa ditempuh dengan sepeda motor, namun kendaraan harus dipersiapkan dengan baik karena kondisi jalan berbatu. Air Terjun Gemarang ini cukup populer di kalangan para pelancong.

Air Terjun Semar

Air Terjun Semar via Instagram @explorepati
Air Terjun Semar via Instagram @explorepati

Wisata air terjun di Pati selanjutnya yang bisa Teman Traveler kunjungi saat liburan adalah Semar atau biasa juga disebut Lorotan Semar. Berada di dusun Dukuh Ngalingan Desa Sumbersari Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, Jawa Tengah berjarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota Pati dapat ditempuh dengan mobil atau motor. Kalau biasanya air terjun jatuh dari ketinggian yang tegak lurus, berbeda dengan yang satu ini karena cukup landai. Oleh karena itulah disebut lorotan yang berarti prosotan.

Air Terjun Grudo

Air Terjun Grudo via Instagram @explorepati
Air Terjun Grudo via Instagram @explorepati

Wisata yang konon katanya serupa dengan air terjun Niagara ini berlokasi di Desa Gunungpati, Kecamatan Winong. Bagi Teman Traveler yang berada di pusat Kota Pati bisa melipir ke Air Terjun Grudo yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Untuk mencapai kawasan ini harus melewati ladang jagung milik warga. Keistimewaan air terjun di Patu satu ini terletak pada guyuran air yang bisa terbagi menjadi beberapa titik saat debit tidak terlalu kencang.

Begitu banyak wisata air terjun di Pati yang patut untuk dijelajahi. Ada yang aksesnya mudah maupun cukup membuat lelah, namun keelokan panorama alam dan segarnya guyuran air dapat menghilangkan penat. Apakah Teman Traveler sudah siap berpetualang di kota ini?

Advertisement
Tags
Air Terjun Indonesia Jawa Tengah Pati Wisata
Share