Warung Gongso Solo, Otentik dan Bikin Ketagihan

Selain tawarkan suasana tenang, Solo juga punya sederet kuliner khas yang jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Rasa otentiknya dijamin bakal bikin ketagihan. Salah satunya seperti Warung Gongso yang belum lama ini saya sambangi.

Tak hanya tawarkan hidangan lezat dengan rasa otentik, Warung Gongso juga hadirkan deretan menu dengan harga terjangkau. Yuk Teman Traveler, simak cerita saya selengkapnya saat mengunjungi Warung Gongso.

Sediakan Aneka Masakan Gongso

dscf8313_iAu.JPG
Cabang Karanganyar (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sesuai namanya, resto ini sediakan aneka menu olahan gongso, masakan
berbahan dasar daging dan jeroan yang diolah bersama bawang merah,
lengkuas, daun salam, dan serai. Semuanya lantas digoreng hingga wangi. Rasanya begitu lezat dan jadi salah satu sajian populer di Solo.

Selain daging ayam, gongso juga bisa menggunakan bahan lain seperti usus sapi, babat, ati ampela, hingga ceker ayam. Jika Teman Traveler ingin mencoba kuliner Solo, jangan lupa untuk mampir ke sini ya.

Berawal dari Resep Keluarga

dscf8305_cAD.jpg
Kondisi dapur (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Keberadaan Warung Gongso berawal dari resep warisan ibu sang pemilik. Rasanya sangat lezat, namun kala itu sang pemilik hanya bisa menikmatinya setahun sekali, bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Penyebabnya tak lain karena faktor ekonomi.

Begitu beranjak dewasa dan memiliki modal usaha, sang pemilik punya niat untuk melestarikan resep gongso racikan sang ibu. Maka pada 5 September 2014, ia lantas mendirikan Warung Gongso dengan bermodal cincin pernikahan yang dijual seharga Rp3 jutaan.

Memiliki Enam Outlet di Seantero Solo

warung gongso
Deretan meja dan kursi di cabang Karanganyar (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Meski sempat alami jatuh bangun, Warung Gongso semakin berkembang karena kualitas masakannya terus dijaga. Bahkan kini outlet-nya sudah ada enam buah dan tersebar di seantero Solo.

Saya sendiri sempat mampir ke cabang mereka di Karanganyar, yang beralamat di Jalan Dr. Muwardi, Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Untuk mudahnya, Teman Traveler bisa langsung meluncur ke belakang toko Amigo dan Mitra Karanganyar.

Keberadaan warung ini tentu jadi kabar gembira bagi para penikmat masakan gongso. Mereka kini tak perlu jauh-jauh pergi ke pusat kota untuk menikmati sajian nikmat nan otentik.

Menu Favorit

warung gongso
Sayap dan Iga Gongso (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Teman Traveler jangan lupa mencicipi Iga Gongso, salah satu menu best seller. Ketika diikutkan dalam ajang Penerus Warisan Kuliner Bango 2019, menu ini mendapat gelar sebagai Pemenang Nasional.

Warung ini juga tawarkan menu lain yang tak kalah menarik, seperti Babat
Gongso, Iso Gongso, Ceker Gongso, Sayap Gongso dan masih banyak lagi. Harganya juga ramah kantong. Menu termahal dibanderol Rp17.000-an saja. Bagaimana, cukup terjangkau kantong bukan?

Itulah sedikit pengalaman saya ketika bersantap di Warung Gongso. Jika Teman Traveler sedang jalan-jalan di wisata Solo dan mendamba masakan nikmat nan otentik, boleh banget mampir ke sini. Takkan menyesal deh.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor kuliner kuliner Solo Solo Travelingyuk Warung Gongso Solo
Share