Wana Wisata Gonoharjo, Nikmati Indahnya Alam Kendal

Advertisement

Wana Wisata Gonoharjo yang berada di kawasan Nglimut, Kendal termasuk kawasan cantik yang wajib dikunjungi. Tempat ini memiliki air terjun, pemandian air panas, dan tentunya pemandangan alam yang memanjakan mata.

Lokasinya berada di kaki Gunung Ungaran. Sepanjang perjalanan, kamu akan disajikan panorama alam memukau. Hamparan pepohonan hijau, udara sejuk, dan beragam suara alam, semuanya efektif menyegarkan otak dari penatnya kehidupan kota.

Gampang Dijangkau

Wana Wisata Gonoharjo (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Tidak perlu khawatir soal transportasi, cukup dengan kendaraan roda dua saja kamu sudah bisa sampai di sini. Akses jalannya juga cukup mulus, tidak terlalu esktrem.

Setelah melewati beberapa pemandangan apik di sepanjang jalan, kamu akan tiba di Wana Wisata Gonoharjo. Di sekitar loket ada banyak warung yang menjajakan makanan dan minuman, tak perlu khawatir kekurangan perbekalan.

Air Terjun Mini

Air terjun mini (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Sebelum bisa menikmati pemandian air panas dan air terjun, kamu harus melakukan tracking terlebih dahulu. Jalurnya tidak terlalu susah untuk dilalui. Namun ingat, harus tetap berhati-hati.

Setelah tracking sekitar 15 menit, kamu akan menemukan air terjun mini. Pemandangan sekitarnya membuat terpana. Hanya melihatnya, sudah merasa bahagia. Apalagi jika kamu datang ke sini untuk bersantai.

Lokasi ini benar-benar cocok untuk menenangkan jiwa. Jika kamu merasa lelah setelah tracking, ada baiknya berhenti sejenak di air terjun mini ini dan menikmati pemandangan di sekitarnya.

Pemandian Air Panas yang Menenangkan

Kolam air panas di tengah rimbunnya pohon (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Dari air terjun mini, butuh kurang lebih 20 menit untuk sampai di pemandian air panas. Jalur menuju ke sana cukup memanjak, namun tidak terlalu menguras tenaga. Hati-hati terhadap pijakan kaki, sebab kadang ada permukaan yang licin. Terutama sesudah hujan.

Pelan tapi pasti, kamu akan melalui jalur tersebut. Eloknya pemandangan sekitar tentu akan efektif menghapus rasa lelah. Semuanya dengan cepat akan berganti dengan ketenangan.

Kolam dengan pemandangan alami (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Begitu sampai, kamu akan disuguhi sederet kolam air panas yang dikelilingi pepohonan rindang. Tak jauh dari situ juga terdapat kolam air dingin.

Keduanya sama-sama menyuguhkan pemandangan indah. Bisa dibayangkan betapa asyiknya berendam sembari memanjakan mata di sini. Selain menyegarkan badan, tentunya juga bagus untuk jiwa, hati, dan pikiran.

Keterangan mengenai sumber air panas (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Oh iya, di sini ada sebuah selang mengucurkan air dengan suhu lumayan panas. Di sebelahnya ada tulisan khusus berisi informasi seputar air panas tersebut.

Fasilitas Umum di Gonoharjo

Jalur pejalan kaki di Gonoharjo/Travelingyuk

Sebetulnya, masih ada beberapa kolam air panas. Tak jauh dari pemandian juga ada warung yang menyajikan gorengan, kopi, mie instan, dan berbagai jajanan untuk mengisi perut.

Aku sendiri tak sempat mengunjungi air terjun di sini. Mungkin lain kali. Setelah puas bermain air, kalian bisa membersihkan diri di kamar mandi yang sudah disediakan pengelola. Ada pula musholla bagi yang ingin menunaikan sholat.

Gonoharjo bisa jadi salah satu alternatif wisata di akhir pekan (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Wana Wisata Gonoharjo bisa jadi salah satu alternatif tempat liburan di akhir pekan. Biaya tiket masuknya hanya Rp10.000, sementara parkir roda dua dikenakan tarif Rp3.000. Tidak menguras kantong, bukan? Jadi bagaimana Teman Traveler, Siap mengagumi indahnya panorama alam Kendal dengan berkunjung ke Gonoharjo?

Advertisement
Tags
Indonesia Kendal kontributor Travelingyuk wisata kendal
Share