Waduk Penjalin Brebes, Tawarkan Spot Selfie Kekinian Buah Inisiatif Warga

Advertisement

Waduk Penjalin Brebes merupakan salah satu waduk yang berlokasi di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Ini merupakan waduk yang dibangun sekitar tahun 1930-an oleh pemerintah kolonial Belanda. Awalnya, waduk ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan irigasi Sungai Pemali bawah dan juga areal persawahan. Nah semakin ke sini seiring waktu berlalu, lantaran menyuguhkan panorama yang apik, menjadi salah satu alternatif destinasi wisata oleh warga setempat.

Dahulu Pernah Sangat Kumuh

Spot selfie di Waduk Penjalin, Via Instagram dankerz.ayoe
Spot selfie di Waduk Penjalin, Via Instagram dankerz.ayoe

Selain menjadi irigasi, Waduk Penjalin juga dimanfaatkan warga setempat untuk beraktivitas. Namun sayangnya, beberapa waktu yang lalu kondisi di sekitaran Waduk penjalin Brebes ini sangatlah kotor dengan berbagai sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan.

Lokasi paling digemari, Via Instagram cahyaa12_inst
Lokasi paling digemari, Via Instagram cahyaa12_inst

Namun di akhir 2016 lalu warga sekitar sepertinya semakin sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan, terutama di sekitaran Waduk Penjalin yang memiliki banyak manfaat untuk warga setempat. Beberapa warga setempat berinisiatif untuk melakukan pembersihan waduk yang memiliki luas kurang lebih 1,25 kilometer persegi itu.

Banyak Spot Selfie Kekinian

Waduk Penjalin, Via Instagram lily_tumariya
Waduk Penjalin, Via Instagram lily_tumariya

Tak berhenti pada pembersihan area sekitar Waduk Penjalin saja, mereka juga melakukan percantikan di beberapa spot. Untuk membuat para wisatawan tersedot, dibuat beberapa spot selfie Instagenic. Salah satu yang berhasil menarik perhatian adalah tangga pelangi. Tangga pelangi ini diresmikan pada Januari 2017 yang lalu. Spot ini terinspirasi dari Jembatan Pelangi yang terdapat di Kabupaten Purbalingga.

Memandangi keindahan waduk, Via Instagram anggi_sz09
Memandangi keindahan waduk, Via Instagram anggi_sz09

Selain itu ada juga ayunan di atas air, kursi berbentuk hati, sampai dengan background bunga sakura yang cantik. Semua hal-hal cantik itu sekarang sudah ada di sekitaran Waduk Penjalin. Untuk menjaga area Waduk Penjalin tetap asri, pengelola melakukan pembersihan secara berkala. Selain melakukan pembersihan, untuk membuat area sekitar asri, pengelola juga melakukan penanaman pohon di sekitar waduk.

Bisa Main Perahu di Sekitar Waduk

Spot cantik, Via Instagram wh_u32juana
Spot cantik, Via Instagram wh_u32juana

Tak hanya selfie saja, kamu juga bisa berkeliling dengan menggunakan perahu di sekitaran waduk. Kamu bisa mengelilingi waduk dengan segala pesonanya saat menyewa perahu. Bisa jadi aktivitas yang cukup menarik jika dilakukan bersama dengan keluarga ya. Tak hanya perahu, ada fasilitas lainnya yang membuat traveling makin nyaman. Misalnya saja area parkir, tempat istirahat, toilet, bahkan tempat makan juga sudah ada.

Setelah selesai menyusuri Waduk Penjalin, kamu bisa mencicipi nikmatnya telur asin khas Brebes. Jika tidak, ada kuliner lainnya yang sangat bisa untuk dicicipi kelezatannya, misalnya saja sate blengong, kupat glabed, dan juga nasi lengko.

Advertisement
Tags
Brebes Indonesia Jawa Tengah Waduk Penjalin waduk penjalin Brebes
Share