Menggabungkan Lari, Merapi, dan Jogja, Inilah Volcano Run 2019

Advertisement

Bermacam-macam aktivitas dapat dilakukan ketika berwisata di Jogja. Tidak perlu alasan maupun momen khusus untuk jalan-jalan di kawasan dengan aneka atraksi. Kalau mau liburan sekalian olahraga, plus bonus pemandangan pegunungan, ada nih event Volcano Run 2019. Kompetisi lari dengan rute sekitar lereng Merapi ini akan diselenggarakan Maret 2019. Bisa siap-siap dari sekarang. Informasi selengkapnya langsung disimak ulasan berikut yuk.

Volcano Run 2019, Perpaduan Lari, Merapi dan Jogja

Volcano Run 2019 via Instagram @volcanorun2019
Volcano Run 2019 via Instagram @volcanorun2019

Volcano Run 2019 merupakan kompetisi olahraga lari kerjasama Dinas Pariwisata kabupaten Sleman dengan Jogja Running Community atau lebih dikenal dengan sebutan Uburuburlari. Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Maret 2018 ini telah membuka pendaftaran untuk sesi awal alias early bird sampai 31 Desember 2018. Sedangkan untuk registrasi selanjutnya akan diberitakan di website resmi Volcano Run. Lokasi start dan finish adalah Merapi Volcano Museum Jalan Kaliurang kilometer 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Kategori Lari

Ilustrasi Mengajak Anak Ikutan Lari via Instagram @volcanorun2019
Ilustrasi Mengajak Anak Ikutan Lari via Instagram @volcanorun2019

Target peserta Volcano Run 2019 diharapkan mencapai 2 ribu sampai 3 ribu orang. Kompetisi ini menawarkan tiga kategori. 5K Family Fun Run diperuntukkan bagi para keluarga yang hendak mengajak anak-anak dengan panjang rute 5 kilometer. Dengan melakukan pembayaran sebesar Rp225 ribuan. 10K Race bagi Teman Traveler yang ingin berlari sejauh 10 kilometer, siapkan biaya Rp250 ribuan. 21K Half Marathon menawarkan rute cukup menantang melewati lereng gunung Merapi sejauh 21 kilometer. Tiket dibanderol dengan harga Rp300 ribuan.

Demi Mengangkat Wisata Lereng Merapi

Antusiasme Peserta via Instagram @volcanorun2019
Antusiasme Peserta via Instagram @volcanorun2019

Volcano Run 2019 merupakan salah satu sport tourism yang diselenggarakan demi meningkatkan wisata di lereng Merapi. Sejauh ini terdapat beragam atraksi menarik yang dapat Teman Traveler temui jika berwisata di Merapi. Di antaranya Jeep Lava Tour Merapi, singgah di Bunker Kaliadem, Bukit Klangon, atau berkunjung ke bekas rumah Mbah Maridjan yang dikenal sebagai juru kunci legendaris. Tentu saja kuliner di bagian lerengnya seperti menjajal jadah tempe sampai wedhang gedhang juga tak bisa dilewatkan.

Mengenal Jembatan Kali Boyong

Melewati Jembatan Kali Boyong via Instagram @volcanorun2019
Melewati Jembatan Kali Boyong via Instagram @volcanorun2019

Rute kompetisi Volcano Run 2019 salah satunya adalah melewati Jembatan Kali Boyong yang mempunyai panjang sekitar 100 meter. Jembatan yang dibangun pada tahun 2010 itu merupakan perantara Jalan Boyong, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman. Sarana ini dibuat demi memudahkan akses pelancong dan warga menuju objek wisata Kaliurang. Jembatan gantung yang dibangun dari besi baja ini mempunyai lebar kira-kira 2 meter. Teman Traveler dapat melihat pemandangan indah gunung Merapi dari atas jembatan. Fasilitas ini bahkan dilengkapi dengan kamera sensor pendeteksi banjir lava merapi. Sehingga dapat memberikan pemberitahuan dini kepada penduduk.

Teman Traveler yang berada di Jogja dan sekitarnya masih bisa berpartisipasi pada kompetisi Volcano Run 2019, kategori 5K. Langsung saja dilihat di website resmi mereka. Jadi tertarik nggak nih?

Advertisement
Tags
DIY Indonesia Jogja Volcano Run 2019 Wisata
Share