Vintgar Gorge, Jurang di Slovenia dengan Keindahan Tebing yang Mengagumkan

Advertisement

Pesona Slovenia memang bikin mata terbelalak. Apalagi ketika membicarakan Vintgar Gorge atau Soteska Vintgar yang merupakan jurang yang dipahat oleh Sungai Radovna. Aliran air sepanjang 1600 meter di Kawasan Taman Nasional Triglav, di Barat Laut Slovenia ini menjadi tempat wisata Slovenia yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja keunikannya? Berikut penuturan kontributor Travelingyuk. Muthia Anindita.

Akses Menuju Vintgar Gorge

Vintgar Gorge
Vintgar Gorge (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Vintgar Gorge mulai dijadikan objek wisata pada tahun 1893. Sejak saat itu, beningnya air Sungai Radovna yang dipagari dinding-dinding batu yang menjulang puluhan meter di atas kepala terus menjadi perhatian wisatawan dari segala penjuru dunia. Vintgar Gorge berjarak 4 km dari Kota Bled. Untuk mencapainya, Teman Traveler dapat menggunakan bus dari ibukota Slovenia, Ljubljana, menuju Kota Bled. Waktu tempuh sampai di kota ini sekitar1 jam 20 menit.

Petunjuk Jalan
Petunjuk Jalan(c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Dari Kota Bled, dapat dilanjutkan menggunakan bus lokal menuju Desa Podhom, kemudian berjalan kaki selama lima menit ke Vintgar Gorge. Cara lain adalah dengan menggunakan mobil, sepeda atau berjalan kaki.

Di sepanjang perjalanan terdapat penunjuk jalan yang menandakan arah ke wisata eksotis ini. Teman traveler tidak akan bosan selama perjalanan, karena pemandangannya sangat menakjubkan.

Tempat Penjualan Tiket
Tempat Penjualan Tiket (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Tiket untuk memasuki kawasan wisata ini dapat dibeli di pintu masuk. Harganya 5 euro atau sekitar Rp80.000 untuk dewasa dan 3 euro atau sekitar Rp50.000 bagi anak-anak. Sementara waktu bukanya mulai 08.00 hingga 19.00.

Vintgar Gorge di Georgia
Vintgar Gorge di Georgia (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Jalan Setapak dengan Keindahan Menakjubkan

Jalan Setapak Kayu
Jalan Setapak Kayu (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Untuk menikmati keindahan alam Vintgar Gorge, dibangun jalan setapak kayu sepanjang sungai. Jalan setapak ini dibangun pada tahun 1893 dan terus dipertahankan hingga sekarang. Dari jalan setapak ini Teman Traveler dapat menikmati beningnya Sungai Radovna yang mengalir diantara dinding-dinding batu Bukit Hom dan Borst.

Sungai Radovna
Sungai Radovna (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Pemandangan Air Terjun Sum Dan Bohinj Railway

Air Terjun Sum
Air Terjun Sum (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Jalan setapak kayu yang menyusuri jurang berakhir di Air Terjun Sum, air terjun tertinggi di Slovenia. Di atas destinasi wisata ini, membentang jembatan batu yang merupakan bagian dari jalan kereta api Bohinj Railway. Jembatan tersebut juga cukup bersejarah karena sudah dibangun tahun 1906 dan masih digunakan hingga sekarang.

Menikmati Pemandangan di Kedai Kopi

Keindahan Lain di Vintgar Gorge
Keindahan Lain di Jurang eksotis di Slovenia (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Tidak jauh dari pintu keluar, terdapat kedai kopi dan tempat beristirahat yang disediakan untuk pengunjung. Di sini Teman Traveler dapat menikmati secangkir kopi hangat di tengah udara segar Vintgar Gorge. Sejenak beristirahat dan menikmati keindahan alam menjadi pengalaman yang menyenangkan saat mampir di Slovenia.

Nah, itulah ulasan tentang keindahan Vintgar Gorge, salah satu wisata alam di Slovenia. Pesonanya tidak hanya karena aliran air, tapi juga arsitektur tebing yang tercipta karena alam. Bagaimana, destinasi ini layak masuk daftar tempat yang wajib dikunjungi kan?

Advertisement
Tags
Eropa Tengah Luar negeri Slovenia Travelingyuk Wisata Slovenia
Share