Villa Yuliana, Rumah Peristirahatan Ratu yang Kini Jadi Museum

Advertisement

Kabupaten Soppeng merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 4-5 jam dari Makassar. Berada di daerah pegunungan, kota ini punya banyak potensi wisata menarik. Salah satunya Villa Yuliana, rumah peristirahatan ratu yang kini berubah jadi museum.

Villa Yuliana dibangun sedemikian rupa dengan menggunakan gaya arsitektur Belanda. Bentuknya masih terus terjaga hingga kini dan menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri di Soppeng. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai daya tarik dan pesonanya dari kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Rumah Peristirahatan Ratu

Villa Yuliana Soppeng via Instagram irwanhusma77
Villa Yuliana Soppeng via Instagram irwanhusma77

Villa Yuliana termasuk salah satu bangunan bersejarah peninggalan Pemerintah Belanda. Dibangun pada tahun 1905 oleh Gubernur Hindia Belanda C.A Kroesen.

Menurut sejumlah sumber, villa ini memiliki kembaran di Negeri Bunga Tulip. Namun bedanya bangunan di Belanda bentuknya berupa Istana sedangkan di Soppeng bentuk villa.

Tujuan dibangunnya rumah peristirahatan tersebut adalah menyambut kedatangan Ratu Yuliana ke Indonesia. Namun karena situasi dan kondisi keamanan yang kala itu tidak mendukung, Ratu Belanda tersebut akhirnya mengurungkan niat berkunjung ke Soppeng.

Menjelma Museum

Desain arsitekur Eropa via Instagram alamdaeng.p
Desain arsitekur Eropa via Instagram alamdaeng.p

Setelah beberapa tahun terbengkalai, pemerintah setempat kini menjadikan Villa Yuliana sebagai museum dan diberi nama Latemmamala. Berbagai koleksi benda bersejarah dipajang di dalamnya, mulai dari senjata, mangkok, piring, guci-guci bergaya Eropa, koleksi uang kuno, hingga barang-barang peninggalan kolonial Lainnya.

Jalan-jalan Sambil Cari Jodoh

Kalong bergelantungan di pohon via kompas
Kalong bergelantungan di pohon via kompas

Setelah puas belajar sejarah di Museum Latemmamala, sobat traveler bisa duduk santai di taman kota yang terletak tak jauh dari situ. Karena lokasinya berada di area perbukitan, pengunjung juga akan dimanjakan pemandangan alam Soppeng dari ketinggian.

Di atas pepohonan besar disekitar taman biasanya terdapat kalong bergelantungan. Menjelang matahari terbenam, kawanan hewan malam tersebut akan beterbangan mencari makan. Menurut cerita masyarakat, seseorang yang dijatuhi kotoran mereka akan mendapat jodoh orang Soppeng.

Sangat Mudah Diakses

Taman kota Soppeng via Instagram bayuregallia
Taman kota Soppeng via Instagram bayuregallia

Museum Latemmamala ini berada di Jl Pengayoman, Soppeng, Sulawesi Selatan. Letaknya berdekatan dengan rumah dinas Bupati Soppeng. Akses menuju tempat wisata ini sangat mudah, sobat traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Di sekitar Villa Yuliana juga sudah terdapat berbagai fasilitas pendukung, seperti area parkir, toilet, penjual makanan ringan, dan penginapan bagi yang ingin bermalam.

Tertarik berwisata sambil belajar sejarah di Villa Yuliana alias Museum Latemmala ini? Segera rencanakan liburan dan berangkat bersama keluarga maupun sahabat terdekat.

Advertisement
Tags
Sulawesi Selatan Wisata
Share