Uang Tunai atau ATM, Mana yang Paling Aman untuk Traveling?

Advertisement

Pernah mengalami cerita tidak menyenangkan saat liburan? Nah, karena itu pula, membuat agenda saat perjalanan sangat penting. Tak hanya dapat mengatur waktu, keuangan pun juga bakalan aman. Namun, bagaimana cara membawa uang yang banyak saat perjalanan? Haruskan menyimpan semua di dalam dompet ataukah cukup membawa satu kartu ajaib yaitu ATM? Nah, tips di bawah ini pastinya dapat membantumu.

Tentukan Tujuan Destinasi yang Dipilih Saat Lebaran

Tentukan Tujuan Wisata
Tentukan tujuan wisata agar liburanmu menyenangkan [image source]
Sebelum menentukan akan membawa tunai atau ATM, ada baiknya untuk mengetahui tujuan destinasi yang akan dikunjungi. Nah, jika tempat wisata tersebut berada di pusat kota, lebih baik menggunakan ATM saja karena sangat mudah menemukan mesin penarik uang. Namun, sangat berbeda saat liburan ke tempat terpencil. Di saat inilah kamu perlu menyiapkan uang tunai. Ingat, siapkan uang secukupnya untuk makan serta akomodasi baik transportasi maupun tempat bermalam.

Menyiapkan Uang Tunai Negara Tujuan

Paket Saat Traveling ke Luar Negeri
Paket saat traveling ke luar negeri [image source]
Berbeda dengan di dalam negeri, langkah paling bijak adalah mengkombinasikan uang tunai serta ATM. Bukan lagu uang rupiah, namun kamu perlu menukarkan dengan mata uang negara tujuanmu. Tidak perlu banyak, siapkan secukupnya untuk transportasi umum, makan, oleh-oleh serta keperluan mendadak. Ada baiknya untuk menyiapkan beberapa mata uang dolar untuk berjaga-jaga saat kehabisan selama perjalanan. Pasalnya, penukaran USD ke mata uang lainnya lebih mudah dan stabil nilai tukarnya.

Pemakaian ATM Untuk Menghindari Tindak Kriminalitas

Menyimpan Uang di ATM
ATM alat tukar elektronik yang praktis dan aman [image source]
Pemberitaan mengenai kriminalitas dari pecopetan hingga pembegalan sering terdengar belakangan ini. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, menggunakan ATM menjadi langkah yang bijak. Namun, jangan lupa untuk menyiapkan beberapa lembar uang tunai agar kamu tidak kesusahan saat tidak menemukan mesin penarik uang. Penggunaan ATM ini pun juga cukup aman meski kamu kecopetan. Tinggal hubungi bank untuk memblokir kartu ATM, uang tabungan untuk liburan tetap aman.

Simpan Uang Tunai dan ATM di Tempat Aman

Money Belt
Memakai money belt  agar lebih aman [image source]
Tidak ada yang lebih baik antara uang tunai ataupun ATM. Namun, dapat disimpulkan bahwa keduanya cukup aman dibawa saat liburan dibandingkan memakain Kartu Kredit atau cek perjalanan. Kendati aman, ada baiknya untuk menyimpan uang tunai dan ATM di tempat yang sangat aman seperti money belt. Sisipkan pula uang di beberapa tempat baik koper atau tas kecilmu. Hal tersebut juga bisa mengantisipasi jika ada salah satu barang yang ketinggalan.

Nah, sudah tahu kan cara membawa dan mengatur uang saat liburan? Semoga bermanfaat ya!

Advertisement
Tags
tips keuangan
Share