Cinta Indonesia, Pria Jerman Ini Bersihkan Sampah di Gili Trawangan

Advertisement

Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa. Dari Sabang hingga Merauke, ribuan objek wisata memiliki keunikan tersendiri hingga menarik perhatian wisatawan. Sayangnya, meski keindahannya menakjubkan, banyak orang yang masih belum sadar betul untuk menjaga lingkungan. Buktinya, di akhir tahun 2016 lalu sampah yang berhasil diangkut dari Gunung Rinjani hampir mencapai 1,5 ton. Belum lagi dengan destinasi wisata lain yang selalu dipadati oleh pengunjung.

Belakangan ini, banyak komunitas traveler yang makin giat membersihkan tempat wisata. Yang paling baru adalah menyapu gunungan sampah di Gunung Rinjani. Tak hanya komunitas pecinta alam, ternyata beberapa wisatawan mancanegara pun turut andil dalam membersihkan sampah yang ada di objek wisata. Salah satu yang menarik perhatian banyak orang adalah Federik Neust, turis ganteng yang membersihkan pesisir pantai di Gili Trawangan pada tahun 2016 lalu.

Turis Asing Bersihkan Gili Trawangan
Turis Asing Bersihkan Gili Trawangan [image source]
Dalam video yang ia unggah di akun instagramnya, pria asal Jerman ini merasa malu dan sedih karena beberapa sudut pantai di Gili Trawangan malah kotor. Bahkan sampah yang terdiri dari bungkus makanan serta botol minuman berserakan di mana-mana. Dengan memunguti satu persatu sampah, ia juga sedih lantaran masih banyak wisatawan yang belum sadar untuk peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Tak hanya di Gili Trawangan, Frederik juga sempat ikut berkampanye untuk menjaga alam Indonesia di Jakarta.

Bukan hanya cinta dengan lingkungan, kepedulian pria 26 tahun ini tidak lain karena ia telah jatuh cinta dengan Indonesia. Bahkan ia memutuskan untuk tinggal lebih lama demi mempelajari budaya dan juga sejarah Indonesia. Di samping itu ia juga terus berkampanye kepada wisatawan lain untuk terus melestarikan alam Indonesia. Belum lama ini ia juga bergabung dalam komunitas yang bergerak di bidang edukasi bernama 1.000 guru. Dalam beberapa foto, ia terlihat senang berinteraksi dengan penerus bangsa yang dinilai cerdas.

Federik Neust
Federik Neust [image source]
Federik yang bukan warga Indonesia saja sangat peduli dengan lingkungan Indonesia, bagaimana dengan kita? Langkah yang dilakukan turis asing satu ini harusnya menjadi contoh untuk kita agar sadar untuk mencintai alam Indonesia yang indah. Jangankan memungut, membuang sampah di tempatnya sudah menjadi langkah awal yang baik. Yuk, terus lestarikan alam Indonesia.

Advertisement
Tags
Gili Trawangan Sampah Tempat Wisata
Share