Tips Traveling Tetap Nyaman Walaupun Musim Penghujan Datang

Advertisement

Sebentar lagi, musim penghujan akan dimulai di beberapa negara di kawasan tropis dan sub-tropis. Tentunya menjadi satu hal yang menghambat untuk melakukan perjalanan wisata ketika hujan mulai turun.

Akan tetapi bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah dan tidak melakukan perjalanan atau juga bersenang-senang di pantai, tidak ada hambatan untuk beraktivitas walaupun hujan terus mendera.

Berikut ini hal-hal yang patut diketahui dan dilakukan sebelum berangkat melakukan perjalanan wisata saat musim penghujan tiba.

1. Mengikuti laporan cuaca

Ada baiknya Anda untuk mengikuti setiap laporan cuaca yang disediakan oleh stasiun TV atau radio atau juga dapat mengetahuinya melalui internet.

Mengikuti laporan cuaca
Mengikuti laporan cuaca [imagesource]
Dengan mengetahui dan mengikuti terus prakiraan cuaca yang akan terjadi setiap hari, maka Anda dapat memastikan apa, kapan dan ke mana tujuan wisata yang akan dikunjungi.

2. Mempersiapkan segala sesuatu

Tentunya semua tidak ingin menjadi basah ketika bepergian karena terkena air hujan. Untuk itu persiapkan segala hal sebelum berangkat, seperti menyiapkan jas hujan atau setidaknya pakaian yang tahan air, tas plastik, payung sampai dengan obat anti-nyamuk.

Mempersiapkan segala sesuatu
Mempersiapkan segala sesuatu [imagesource]
Dengan berbekal persiapan yang matang, maka Anda akan dapat meminimalisir hal-hal tak terduga ketika sedang berada di perjalanan dan hujan turun dengan derasnya.

3. Ketahui tempat mana yang akan dituju

Gunakan waktu Anda untuk melakukan riset kecil-kecilan sebelum memulai perjalanan. Hal ini disara penting karena Anda tentunya tidak ingin hanya sekadar berbekal kata “Get lost” saja dan akhirnya benar-benar buta akan tempat yang dituju.

Ketahui tempat mana yang akan dituju
Ketahui tempat mana yang akan dituju [imagesource]
Dengan mengetahui tempat yang dituju sekaligus cuaca yang ada di sana, maka Anda dapat meminimalisir hal-hal yang tak terduga dan sudah mengetahui medan yang akan ditempuh.

4. Kunjungi tempat yang lebih indah saat hujan tiba

Anda dapat melakukan perjalanan ke daerah wisata air terjun karena selama musim penghujan, justru keindahan atau keeksotisan wisata alam satu ini akan terlihat lebih cantik dan indah. Cipratan air dipadu dengan kabut dari uap air sangat cocok untuk memberikan rasa tenang dan alami untuk orang-orang yang mendatangi daerah tersebut.

Kunjungi tempat yang lebih indah saat hujan tiba
Kunjungi tempat yang lebih indah saat hujan tiba [imagesource]
Disarankan untuk membawa guide lokal yang lebih mengerti seluk beluk daerah tersebut agar dapat mengantarkan Anda ke daerah yang aman dan juga dengan cepat memberitahukan Anda tempat yang dapat dijadikan perlindungan ketika hujan deras datang.

5. Mengunjungi tempat wisata berupa bangunan

Berkunjung ke tempat-tempat yang masuk kategori heritage atau warisan budaya adalah salah satu hal yang cocok dilakukan ketika musim penghujan datang dan Anda ingin melakukan perjalanan wisata. Menikmati keeksotisan arsitektur bangunan sekaligus mengetahui sejarahnya.

Mengunjungi tempat wisata berupa bangunan
Mengunjungi tempat wisata berupa bangunan [imagesource]
Ada banyak bangunan atau tempat-tempat bersejarah yang dapat dikunjungi, seperti rumah-rumah peninggalan era kolonial, arsitektur zaman kuno sampai dengan kota-kota yang menyimpan sejarah lainnya.

6. Kunjungi negara dengan curah hujan yang tidak begitu banyak

Jika Anda berada di negara tropis atau sub-tropis yang notabene memiliki tingkat atau curah hujan berkala dalam setiap tahunnya, maka Anda dapat memutuskan untuk bepergian ke tempat-tempat atau negara yang memiliki curah hujan sedang dan cenderung hangat atau panas.

Kunjungi negara dengan curah hujan yang tidak begitu banyak
Kunjungi negara dengan curah hujan yang tidak begitu banyak [imagesource]
Ada banyak negara-negara yang memiliki curah hujan sedang yang dapat dijadikan destinasi wisata menarik ketika di daerah Anda sedang musim penghujan.

Advertisement
Tags
tips traveling saat ujan
Share