Keliling Dunia Tanpa Ketinggalan Sholat Lima Waktu, Begini Caranya!

Advertisement

Terlalu asyik menikmati keindahan dunia luar terkadang membuat kita lupa akan waktu. Tak jarang, ibadah shalat yang harusnya dikerjakan tepat waktu akhirnya terlewatkan. Namun, tidak sedikit traveler yang sering membagikan tips liburan makin menyenangkan tanpa meninggalkan ibadah. Seperti kisah Chairul Azhar, traveler muda yang sudah menjelajahi beberapa kota bahkan negara di Asia serta Eropa. Wah, lalu seperti apa sih trik jitunya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut!

Masih Muda dan Telah Jelajahi 13 Negara

Travelling tanpa tinggalkan ibadah
Travelling tanpa tinggalkan ibadah

Chariul Azhar, begitulah nama traveler yang baru menginjak usia 24 tahun ini. Di umurnya sekarang, Azhar sudah memiliki banyak pengalaman menyenangkan. Apalagi kalau bukan traveling ke kota bahkan negara dengan keindahan menakjubkan. Pria yang berprofesi sebagai Middle Officer di Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI ini sudah menjelajahi 13 negara. Mulai dari Malaysia, Singapura, Thailand, Prancis, Belgia, Belanda, Jerman, Republik Ceska, Slovakia, Austria, Swiss hingga Italia. Wah, keren bukan?

Nikmati keindahan alam di negara lain
Nikmati keindahan alam di negara lain

Riset Semampunya Sebelum Menjelajah Negara Tujuan

Hasil Foto Azhar selama perjalanan
Hasil Foto Azhar selama perjalanan

Salah satu langkah yang selalu dilakukan sebelum memutuskan untuk traveling ke luar negeri adalah melakukan riset. Riset inilah menjadi ujian pertamanya agar bisa siap sampai di tujuan. Bukan hanya hotel murah, transportasi menuju destinasi tujuan atau bahkan promo perjalanan terjangkau, Azhar juga mencari tahu bagaimana orang di negara tujuannya menyapa, memulai pembicaraan singkat, cara makan, jenis makanan, aturan berpakaian, aturan jam malam, tempat shalat, waktu shalat, pusat komunitas Muslim, tempat makanan halal, hingga alamat Kedutaan Indonesia. Intinya, semua yang bisa dipelajari akan dipelajari meski nantinya tidak semua dibutuhkan. Nah, wajib nih dicontoh!

Perjalanan Azhar Keliling Dunia
Perjalanan Azhar Keliling Dunia

Memilih Hotel Dekat dengan Kebutuhan Beribadah

Kisah traveling ala Azhar
Kisah traveling ala Azhar

Mahal bukan berarti membuatmu nyaman saat traveling. Karena itu pula, ada baiknya untuk memilih hotel sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang diutarakan oleh Azhar kepada tim Travelingyuk, ada baiknya memilih hotel yang dekat kebutuhan. Apalagi kalau bukan untuk ibadah dengan kata lain dekat dengan masjid. Selain bisa beribadah tempat waktu, kamu pun bisa berkenalan dengan komunitas muslim di dalamnya. Tak hanya mendapatkan teman baru, kamu pun bisa mendapatkan informasi baru mulai dari makanan halal hingga objek wisata. Menarik bukan?

Makanan halal pilihan Azhar
Makanan halal pilihan Azhar

Tempat Ibadah Pilihan Azhar Selain Masjid

Riset tempat cantik di negara tujuan
Riset tempat cantik di negara tujuan

Sebagai negara dengan penduduk muslim yang minoritas, negara di Eropa memang tidak memiliki banyak masjid. Adapun ruang ibadah multifaith yang biasa dipakai muslim lokal untuk beribadah. Namun, kamu tidak perlu khawatir saat akan menjalankan ibadah. Menurut Azhar, banyak tempat yang bisa dijadikan tempat untuk sholat. Sebut saja taman atau juga stasiun. Nah, karena itu pula, riset sebelum berangkat traveling ke negara lain memang sangat penting.

Foto Azhar saat keliling Eropa
Foto Azhar saat keliling Eropa

Negara Non Islam? Mengapa Tidak

Bertemu dengan orang baru
Bertemu dengan orang baru

Isu Islamophobia memang tengah ramai-ramainya dibicarakan oleh banyak orang. Karena itu pula, tidak sedikit traveler yang takut ketika bepergian ke negara non muslim. Padahal, banyak juga negara non Islam yang malah memberikan banyak fasilitas untuk traveler muslim. Seperti Singapura yang bahkan memiliki kawasan dengan kedai-kedai halal dengan harga terjangkau. Selama perjalanannya, Azharpun juga merasakan aman. Bahkan ia juga tidak pernah mengalami perlakuan diskriminatif selama perjalanan. Jadi, berpikiran positif saat melakukan traveling. Jangan sampai meninggalkan ibadah karena takut menerima perlakuan tidak menyenangkan saat berada di luar negeri. Setuju kan?

Pertemuan Azhar dan teman baru
Pertemuan Azhar dan teman baru

Wah, kini makin menyenangkan saat liburan ke luar negeri? Jangan lupa untuk mengingat tips dari Azhar agar liburan makin menyenangkan tanpa meninggalkan ibadah ya!

Advertisement
Tags
Traveler Muslim
Share