4 Toko Roti Legendaris di Bandung, Citarasanya Tak Berubah

Advertisement

Mencicip kuliner Bandung kurang rasanya jika belum menjelajah yang jadul. Di tengah menjamurnya kuliner kekinian, ternyata Kota Kembang ini masih menjaga warisan kuliner legendarisnya. Bukan siomay atau batagor, tapi roti. Bahkan, ada toko yang sudah buka sebelum Indonesia merdeka. Di mana saja toko roti legendaris di Bandung ini? Berikut daftarnya

1. Toko Roti Bumbu Bakar Cari Rasa

Roti Bumbu Cari Rasa
Roti Bumbu Cari Rasa via instagram/@infobandungkuliner

Toko Roti ini didirikan oleh seorang veteran bernama H. Katmajaya atau akrab dipanggil Haji Ama pada tahun 1960. Meski masa terus berubah namun citarasa yang diprakarsai Haji Ama ini tidak berubah. Bisa dibayangkan betapa banyaknya pelanggan toko roti ini khan? Letak Bumbu Cari Rasa berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 148, Sumur Bandung. Varian rasa roti bakar di sini ada srikaya, meses, hingga keju. Harganya juga bervariasi tergantung pilihan rasa, ukuran roti, serta proses pembuatannya.

Roti Cari Rasa
Roti Cari Rasa via instagram/@agustin_ming

2. Toko Roti Gempol

Roti Gempol Bandung
Roti Gempol Bandung via instagram/@bubueataway

Sedikit lebih tua dari Toko Roti Cari Rasa, ada Toko Roti Gempol yang berdiri di tahun 1954. Bangunan tokonya yang tua bisa kamu temukan di Jalan Otto Iskandardinata Bandung. Nah untuk kamu yang ingin mencicipi kenikmatan resep roti legendaris ini harus datang lebih pagi. Karena sekitar jam 13.00, deretan roti yang terpajang di etalase sudah amblas terjual. Membeli kue di toko ini juga tidak cuku jika hanya satu, karena ukurannya yang mini. Tak perlu khawatir, hingga artikel ini ditulis harga perbijinya terjangkau mulai dari Rp4.000. Jadi tidak rugi kan kalau beli banyak?

Roti Gempol
Roti Gempol via instagram/@foodventure.id

3. Toko Roti Sidodadi, Bandung

Roti istimewa di Bandung
Roti istimewa di Bandung via instagram/@sundafoodie

Masih di tahun yang sama yaitu 1954. Di Bandung berdiri pula toko roti yang hingga kini masih eksis. Toko ini bernama Toko Roti Sidodadi yang juga beralamatkan Jalan Otto Iskandardinata. Hidangan di sini berbeda karen proses pembuatannya yang masih bertahan menggunakan rasa. Varian yang tersedia di sini cukup banyak, bahkan sampai 30 jenis. Ada coklat, strawberry, sampai smoked-beef. Hingga artikel ini ditulis, harga per biji roti antara Rp3.000-Rp25.000. Meski murah, tapi kamu bakal dibuat kenyang, karena roti di sini lebih padat dan berisi dari biasanya.

Roti legendaris di Bandung
Roti legendaris di Bandung via instagram/@ana_farkhana

4. Toko Roti Sumber Hidangan

Toko Roti Sumber Hidangan Bandung
Toko Roti Sumber Hidangan Bandung via instagram/@nurmalitaf

Tempat satu ini menjadi yang paling tua dari lainnya. Toko Roti Sumber Hidangan sudah berdiri sejak zaman kolonial, yaitu tahun 1929. Dulunya bernama Het Snoephuis dan berlokasi di Jalan Braga nomor 20-22 Bandung. Menu yang dihadirkan di sini adalah roti klasik dengan aneka isian. Uniknya, roti di sini dibuat dengan tanpa menggunakan pengawet, jadi tidak tahan lama. Selain roti yang masih menjaga resep turun temurun, desain interior lawas toko pun masih dipertahankan hingga kini.

Toko Roti Sumber Hidangan
Toko Roti Sumber Hidangan via instagram/@syafihakim

Itulah toko roti legendaris di Bandung yang masih mempertahankan cita rasanya. Nah, bagi kamu yang sedang jalan-jalan di Bandung, tak ada salahnya kan mampir sejenak ke toko roti di atas? Sekalian beli pula untuk orang di rumah.

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat Kuliner Legendaris Toko Roti
Share