Tips Snorkeling Pertama Kali untuk Kamu yang Tidak Bisa Berenang

Advertisement

Kata siapa yang tidak bisa berenang juga tidak bisa melihat indahnya lautan? Kamu bisa mencoba snorkeling di taman laut penuh terumbu karang dan ikan-ikan. Spotnya banyak, salah satunya ada di Gili Labak Madura. Namun sebelum melakukannya, kamu harus tahu dulu tips snorkeling yang bermanfaat. terutama untuk kamu yang tidak bisa berenang.

1. Siapkan Obat Anti Mabuk

Ilustrasi Mabuk Laut
Ilustrasi Mabuk Laut via Media Pancing

Snorkeling bukan perkara bagaimana kamu saat berada di dalam air. Tapi juga jauh sebelum itu. Biasanya perjalanan sampai ke lokasi menggunakan perahu nelayan yang ukurannya tidak terlalu besar. Hempasan ombak akan membuat guncang yang mungkin juga menyebabkan kamu mabuk laut. Daripada kamu kehilangan selera untuk snorkeling karena tidak enak badan, sebaiknya minum obat anti mabuk.

2. Ketahui Nama Alat dan Fungsinya

Peralatan Snorkeling
Peralatan Snorkeling via Tribun Travel 

Jika kamu snorkeling dengan pemandu sih enak karena akan diajari bagaimana menggunakan peralatan. Nah jika sendirian dan itu pengalamanmu yang pertama kali kan bisa bikin deg-degan. Jangan terlalu risau. Kamu bisa membaca lebih dahulu tentang apa saja alat-alat snorkeling, Seperti masker dan fins.

3. Bawa Air Minum dan Makanan

Memberi makan ikan dengan roti
Memberi makan ikan dengan roti via IndonesiaKaya.com

Meski berada di air, kamu kan tidak mungkin langsung meminum air laut. Jadi sebaiknya bawa air minum secukupnya. Air itu juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan peralatan selam sewaan. Pilih makanan seperti roti untuk mengenyangkan perut dan juga memberi makan ikan. Roti kering akan memancing ikan mendekat padamu. Lebih baik lagi jika kamu bertanya lebih dahulu kepada orang yang mengerti kondisi laut mengenai bahan makanan yang kamu bawa.

4. Gunakan Pakaian yang Tepat

menggunakan pakaian yang tepat
menggunakan pakaian yang tepat via Jakarta Traveller Media

Saat pertama kali snorkeling, tubuhmu mungkin akan terasa tidak nyaman. Ada pelampung di dada dan sepatu katak, belum lagi alat untuk membantu pernafasan. Agar lebuh mudah menggerakkan bagian tubuh, pilih pakaian yang berbahan ringan dan ketat. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan pakaian yang memang khusus untuk berenang atau menyelam.

5. Foto-foto Itu Bonus

Snorkeling di Gili Labak
Snorkeling di Gili Labak via Instagram/Rajeep_jo

Tujuanmu snorkeling adalah untuk melihat indahnya kehidupan bawah laut, bukannya ribet dengan kamera bawah air atau gadget lainnya. Buat dirimu senyaman mungkin dan nikmati pemandangan yang ada. Ikan-ikan warna-warni hingga terumbu karang yang menari-nari. Setelah tahu medan, baru memutuskan akan foto di mana dan bergaya seperti apa.

6. Bawa Peluit

Snorkeling
Snorkeling via Jalan-Jalan Akhir Pekan

Peluit ini bukan untuk main-main ya. Di kondisi tertentu yang tidak biasa, otot-otot tubuh mungkin akan bereaksi dan mengakibatkan kram. Kalau sudah begitu, meski kamu ahli berenang tidak akan bisa menggerakkan tubuh dengan benar. Di posisi terancam seperti itu, kamu bisa membunyikan peluit untuk meminta pertolongan. Kalau tidak ada, coba berteriak sekeras-kerasnya.

7. Jangan Terlalu Jauh dari Rombongan

Jangan jauh-jauh dari Rombongan
Jangan jauh-jauh dari Rombongan via The Four Islands

Meski terlihat tenang, tapi laut memiliki arus yang bisa menyeretmu. Apalagi jika kamu tidak bisa berenang. Saat berada di dalam air, sesekali kamu harus melihat ke permukaan dan tengok apakah posisimu masih ada di dekat perahu. Jika tiba-tiba kamu menjauh, cobalah untuk mengayuh dengan tangan dan dorong pakai kaki hingga sampai di area yang aman.

8. Jangan Sentuh atau Merusak Terumbu Karang

Jangan memegang terumbu karang
Jangan memegang terumbu karang via Fury Water Adventures

Kebanyakan orang masih belum tahu jika menyentuh terumbu karang bisa menyebabkan kerusakan pada biota laut tersebut. Tanpa menyentuh karang, kamu tetap bisa menikmati keindahannya. Tenang, masih ada ikan-ikan kecil yang tidak kalah eksotis. Kalau beruntung kamu bisa menyaksikan ikan badut atau nemo.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk snorkeling saat pertama kali. Kamu punya cara lain yang lebih ampuh? Bagikan di kolom komentar yuk.

Advertisement
Tags
Indonesia tips
Share