Mudik Sambil Liburan? Bisa Banget, Baca Dulu Tipsnya

Advertisement

Orang yang merantau tidak memiliki kesempatan banyak untuk menikmati setiap perkembangan wisata yang terjadi di daerahnya. Satu-satunya cara untuk merasakan kekayaan tempat kelahirannya adalah saat momen mudik lebaran. Kebetulan lebaran tinggal menghitung hari, rencana mudikpun sudah ditetapkan. Buat traveler yang mau mudik sambil liburan baca dulu tipsnya berikut ini.

1. Kumpulkan Informasi Mengenai Objek Wisata yang lagi Hits di Kampung Halaman

Wisata di Kampung Halaman [image source]
Biar nanti saat di kampung tidak bingung, mulai sekarang gali informasi mengenai tempat-tempat keren yang ada di kampung halamanmu. Informasi bisa diperoleh lewat internet, sosial media atau berita dari teman dan sanak famili yang ada di kampung. Atau cara yang lebih mudah, kalian bisa menggunakan menu pencarian Travelingyuk dengan cukup mengetikkan nama kabupaten atau kota tempat tinggalmu. Khusus untuk wilayah di Pulau Jawa sudah pernah Travelingyuk kupas tuntas semuanya lho potensi wisatanya.

2. Cari Jalan Alternatif

Jalur Alternatif [image source]
Terkadang jalur alternatif tidak selalu memberi solusi sebab hampir semua pemudik ingin melewati jalur tersebut guna menghindari macet. Yang terjadi adalah jalur umum yang biasanya macet menjadi lancar sedangkan jalur alternatif malah macet. So, selain mencari tahu jalur alternatif, calon pemudik hendaknya juga rutin mencari informasi mengenai kondisi lalu lintas di berbagai ruas jalur mudik. Jika ingin yang lebih aman lagi bisa menggunakan jalan tikus dengan memanfaatkan GPS.

3. Minimalisir Barang Bawaan

 

Membawa barang yang banyak saat mudik sangat riskan dilakukan apalagi jika tidak membawa kendaraan roda empat sendiri. Otomatis barang tersebut harus kamu bawa kemanapun pergi sehingga membatasi pergerakan. Untuk itu kalau mudik pakai motor atau angkutan umum sebaiknya minimalisir barang bawaanmu.

4. Pesan Penginapan Mulai Sekarang

Jika punya rencana mudik sambil liburan sebaiknya pertimbangkan pula mengenai tempat menginap. Andai objek wisata yang dikunjungi berada di kampung sendiri maka tak perlu cari penginapan, cukup tidur di rumah orang tua atau keluarga. Tapi bagaimana jika objek wisata itu berada di daerah lain yang akan kalian kunjungi saat perjalanan mudik atau pas balik?

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BG-dtddJRyd/ hidecaption=true]

Pasti kalian akan butuh penginapan saat liburan di daerah lain. Sedangkan pada musim mudik dan arus balik, hampir semua penginapan di sekitar objek wisata selalu penuh terbooking. Jalan satu satunya agar kamu tidak terlantar adalah dengan memesan hotel jauh hari. Yap, kamu bisa melakukannya mulai dari sekarang.

5. Cari Tahu Jadwal Operasional Objek Wisata

Ini nih hal terpenting yang musti kalian perhatikan sebelum datang ke tempat wisata di hari lebaran. Cek jadwal operasional tempat wisata yang akan kalian kunjungi terutama tempat-tempat wisata umum yang bersifat komersil seperti themepark maupun waterpark. Karena tidak jarang tempat-tempat seperti itu tutup pada hari raya atau tetap buka dengan jam-jam tertentu saja.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BHB8pMygqVT/ hidecaption=true]

Hal ini terdengar sepele namun jika sampai lupa akibatnya akan fatal. Kamu tidak mau dong datang jauh-jauh sesampainya di lokasi ternyata objek wisata yang kamu cari sedang tidak beroperasi. Selain itu rencanakan pula rencana cadangan, jika objek wisata favorit sedang tutup alihkan kunjungan ke tempat wisata bertema alam seperti pantai yang selalu buka sepanjang tahun.

6. Datang Lebih Cepat atau Pulang Lebih Lambat

Hampir semua tempat wisata akan penuh dengan pengunjung saat lebaran. Bahkan objek wisata yang pada hari biasa tidak ramai akan penuh sesak oleh lautan manusia. Bayangkan dengan objek wisata populer yang kesehariannya saja ramai, pasti saat itu ramainya jauh lebih tidak manusiawi.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BHDrjgaBYaY/ hidecaption=true]

Kalau tetap nekad mau mengunjunginya, sebaiknya kalian datang lebih cepat atau pulang lebih lambat. Contohnya beberapa tempat akan jauh lebih indah saat dinikmati pada pagi buta hingga matahari terbit sedangkan destinasi lain akan nampak cantik saat sore menjelang malam. Dengan datang lebih cepat atau pulang lebih lambat kamu berpeluang mendapatkan suasana yang relatif lebih sepi.

7. Sedia Uang Cash dan Pecahan Uang Kecil

Perhatikan pula dengan bawaan uangmu. Uang pecahan besar akan sangat mengganggu kelancaran travelingmu sebab hampir dipastikan bahwa semua traveler yang datang juga membawa uang dalam pecahan yang sama. Belum lagi jumlah kunjungan wisatawan yang bakal meningkat berkali lipat pasti akan menimbulkan antrian yang panjang baik di loket masuk objek wisata hingga toko suvenir dan rumah makan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BHDR4zIDbyC/ hidecaption=true]

Sedangkan objek wisata di kampung umumnya tidak menerima pembayaran via kartu kredit sehingga mau tidak mau kalian harus membayar menggunakan uang cash. Agar tidak ribet, sebelum berangkat siapkan uang pecahan kecil. dengan uang pecahan kecil atau uang pas kalian bisa bertransaksi dengan lebih efektif dan efisien serta menghindari antrian panjang.

Itulah sedikit tips dari Travelingyuk untuk kamu yang mau mudik sambil liburan. Semoga bermanfaat dan semoga mudik serta liburanmu menyenangkan!

Advertisement
Tags
Pulang Kampung tips mudik
Share