Tips Mudik dengan Anak-anak Menggunakan Mobil Pribadi

Advertisement

Lebaran di kampung halaman sudah pasti beda dengan di perantauan. Maka dari itulah lebaran Idul Fitri yang datangnya satu tahun sekali menjadi momen tepat untuk pulang ke kampung halaman. Jika belum memiliki anak, mudik mungkin jadi hal yang tidak terlalu berat. Tapi, jika sudah memiliki buah hati tentu saja perlu persiapan yang lebih. Berikut tips mudik naik mobil pribadi dengan anak-anak

Tempatkan di Belakang

Letakkan anak-anak di belakang, Via website/fado168.com
Letakkan anak-anak di belakang, Via website/fado168.com

Satu hal yang pasti, apapun jenis mobil yang kamu gunakan sebaiknya letakkan anak-anak di kursi kedua demi kenyamanan dan keselamatan. Jangan meletakkan buah hati di duduk di baris depan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Pasalnya, saat anak-anak bosan bisa saja melakukan hal-hal yang menggangu konsentrasi.

Selain itu, for your information nih, di beberapa negara di Eropa ada peraturan yang mewajibkan anak-anak di umur tertentu menggunakan car seat dan berada di barisan kedua.

Bawalah Perlengkapan Anak

Bawa perlengkapan anak secara lengkap, Via website/highroadorganizers.com
Bawa perlengkapan anak secara lengkap, Via website/highroadorganizers.com

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah membawa perlengkapan buah hati secara lengkap. Mulai dari tissu basah, botol, pensil warna, mainan, botol minuman dan lain-lain supaya mereka tidak cepat bosan. Perbanyak buku-buku bacaan bergambar serta games-games yang menarik di gadget. Satu hal lagi, bawa camilan favorit mereka supaya tidak cepat bosan dan kamu tidak akan direpotkan.

Perbanyak Koleksi Film atau Musik Anak-Anak

Perbanyak koleksi musik untuk anak, Via highroadorganizers.com
Perbanyak koleksi musik untuk anak, Via highroadorganizers.com

Untuk membuat anak-anak tidak rewel saat berada di perjalanan panjang, ada baiknya sebelum berangkat mudik untuk memperbanyak koleksi film ataupun musik bertema anak-anak. Ini untuk mengantisipasi anak-anak bosan dengan games dan permainannya. Film-film seperti halnya Finding Nemo, Frozen atau lain-lain bisa jadi referensi.

Beri Ruang Gerak yang Cukup

Beri space yang cukup, Via website/bol.com
Beri space yang cukup, Via website/bol.com

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan ruang gerak untuk buah hati. Pastikan barang-barang dikemas dan ditempatkan di bagasi dengan nyaman sehingga tak membatasi ruang gerak anak-anak saat berada di kabin mobil. Hindari menumpuk barang di samping kursi bersama anak-anak. Selain bisa melukai, barang-barang tersebut akan membuat tidak nyaman selama di perjalanan.

Sediakan Car Seat untuk Anak

Beri car seat, Via website/aliexpress.com
Beri car seat, Via website/aliexpress.com

Untuk keamanan si buah hati, jangan lupa untuk membeli car seat. Selain membuat anak-anak jadi nyaman, mereka juga akan lebih aman. Terutama jika anak-anak yang diajak mudik baru berusia beberapa tahun saja. Mereka akan belajar duduk sendiri di dalam mobil. Pilih car seat sesuai dengan usia anak-anak. Baca dan pahami petunjuk pengunaan car seat supaya semuanya tetap dalam kondisi yang baik.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik-baik saja. Lakukan service sebelum berangkat, periksa angin ban, mesin, dan lain-lain. Intinya, persiapkan segalanya dengan matang, cek hal-hal yang diperlukan supaya perjalanan tetap nyaman meskipun membawa buah hati.

Advertisement
Tags
tips mudik dengan anak-anak Tips Mudik Naik Mobil Pribadi dengan Anak-anak
Share