Tips Menjelajah Pantai Baru yang Minim Fasilitas, Jangan Lupa Hal ini

Advertisement

Sebagai negara yang memiliki daerah perairan lebih luas daripada daratan, memang masuk akal jika Indonesia mempunyai banyak pantai, baik yang sudah populer ataupun juga yang baru ditemukan. Tidak hanya di pedalaman saja, bahkan di Malang sekalipun banyak ditemukan pantai baru yang belum banyak memiliki fasilitas yang memadai, utamanya adalah akses jalanannya. Supaya mempermudah travelingmu, ada beberapa tips menjelajah pantai baru yang bisa kamu lakukan.

1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Prima

Pastikan motor dalam kondisi prima, Via Instagram sharkgarage18
Pastikan motor dalam kondisi prima, Via Instagram sharkgarage18

Hal yang paling penting untuk dipastikan adalah kondisi kendaraan. Pastikan sebelum berangkat kondisi kendaraan yang digunakan untuk berjelajah dalam keadaan yang prima. Cek mesinnya, ban, rem, lampu dan lain sebagainya. Intinya, pastikan semua berjalan baik-baik saja. Dan satu hal lagi, sebelum memasuki daerah yang terpencil, pastikan untuk mengisi penuh bahan bakar.

2. Bawa Alat Penerangan

Bawa alat penerangan untuk jaga-jaga, Via Instagram toko_senter
Bawa alat penerangan untuk jaga-jaga, Via Instagram toko_senter

Karena kondisi medan yang mungkin belum dialiri listrik, kamu perlu untuk membawa alat penerang. Di smartphone memang sudah ada senter, tapi untuk menghemat dayanya ada baiknya untuk membawa alat penerang lain saja. Hal ini guna mengantisipasi kamu akan pulang terlalu malam dari lokasi pantai.

3. Jangan Lupa Power Bank

Jangan lupa bawa powerbank, Via Instagram aksesuar.cv
Jangan lupa bawa power bank, Via Instagram aksesuar.cv

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah membawa power bank untuk mengisi daya gadget yang kamu gunakan. Di beberapa pantai baru memang sudah ada yang diliari listrik dengan menggunakan sinar matahari, tapi ini untuk jaga-jaga saja siapa tahu pantai yang kamu datangi benar-benar terisolir dari listrik. Jangan sampai kamu putus komunikasi dari dunia luar. Satu hal lagi, pastikan menggunakan operator yang menjangkau daerah-daerah terpencil.

4. Bawa Obat-obatan

Bawa obat-obatan, Via Instagram ilt_perabot
Bawa obat-obatan, Via Instagram ilt_perabot

Penting tapi sering diabaikan saat akan berangkat, yakni obat-obatan. Meski dalam kondisi sebugar atau sesehat apapun, jangan lupa untuk membawa obat-obatan standar. Apalagi, jika kamu selama ini memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik. Jangan sampai menyusahkan rombongan, kamulah yang bertanggung jawab atas dirimu sendiri dan pastinya tahu obat-obatan apa yang diperlukan.

Bawa Uang Tunai yang Cukup

Bawa uang tunai yang cukup, Via Instagram deon_suherman
Bawa uang tunai yang cukup, Via Instagram deon_suherman

Karena lokasinya yang cukup baru, transaksi di sekitaran pantai mayoritas menggunakan uang tunai. Maka dari itulah, sangat perlu sekali membawa uang tunai secara cukup. Jangan sampai kehabisan, jika bisa lebihkan untuk biaya-biaya yang tak terduga nantinya.

Traveling ke pantai memang sangat mengasikkan, tapi jangan sampai karena kurangnya fasilitas, liburan malah jadi berantakan. Maka dari itulah siasati dengan tips-tips yang telah disebutkan di atas ya. Selamat berjelajah.

Advertisement
Tags
tips berjelajah di pantai baru tips jelajah pantai tips traveling ke pantai
Share