Rahasia Agar Baterai Smartphone Awet Saat Traveling

Advertisement

Liburan masa kini tidak harus mahal-mahal hingga ke luar negeri. Cukup keliling kota saja bisa memuaskan diri sendiri. Pun demikian, tetap saja agenda foto-fotoan di objek wisata menjadi hal wajib yang dilakukan oleh traveler kekinian. Sayangnya, banyak di antara kita yang sedikit ceroboh hingga sampai di tujuan dengan baterai handphone mulai ‘sekarat’. Tidak perlu khawatir, berikut tips agar baterai ponselmu tetap hemat hingga pulang ke rumah!

1. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Baterai Lemah Saat Traveling
Baterai Lemah Saat Traveling [image source]
Ponsel masa kini sudah canggih dan berteknologi tinggi. Tidak hanya nampak luar saja, hasil fotonya pun pasti membuat pemiliknya bahagia saat traveling. Di samping itu, smartphone juga dilengkapi dengan fasilitas penghemat daya atau Power Saver. Jika fasilitas ini diaktifkan, secara otomatis ponselmu akan mematikan beberapa fitur seperti GPS, Wifi, mobile data dan lainnya. Mengaktifkannya cukup ampuh untuk menghemat baterai hingga pulang kembali ke rumah.

2. Matikan Fitur Sinyal 4G Saat di Pelosok

mobil phone not spot
mobil phone not spot [image source]
Nah, untuk lebih menghemat daya saat traveling, kamu pun harus pintar-pintar melihat lokasi yang akan dikunjungi. Jika tujuan wisatamu adalah  pedesaan atau kota yang susah sinyal lebih baik matikan saja fitur sinyal 4G dan beralih ke sinyal 3G, Edge atau juga GPRS. Namun, lebih efektif lagi  mematikan sementara data seluler atau pilih saja fitur Airplane Mode. Lumayan kan, masih bisa berfoto atau memakai fasilitas lain yang tidak perlu data seluler.

3. Turunkan Kecerahan Layar

Kecerahan Handphone
Kecerahan Handphone [image source]
Nah, tips selanjutnya yang dapat mengurangi penggunaan baterai pada ponsel cantikmu adalah dengan menurunkan kecerahan layar. Pada umumnya, traveling dilakukan di luar ruangan, sehingga layar yang terlalu terang pun tidak ada pengaruhnya. Sebaiknya atur cahaya layar ponselmu di mode Auto-Brightness sehingga kecerahan layar otomatis menyesuaikan dengan situasi. Cara tersebut lebih menghemat dari pada dibiarkan terang.

4. Hindari Bermain Game dengan Cara Mendengarkan Musik

Main Game di Handphone
Main Game di Handphone [image source]
Bermain game memang seru, apalagi saat jenuh di saat perjalanan. Namun jangan salah, permainan di smartphone inilah yang membuat baterai cepat habis sebelum sampai tujuan. Nah, untuk mengurangi rasa bosan, ada cara lain yang dapat kamu lakukan agar tidak terlalu banyak menguras daya baterai. Salah satunya adalah mendengarkan musik saja dengan menggunakan headset. Bagaimana, lumayan bisa menghibur bukan?

5. Membawa Power Bank Saat Perjalanan

Powerbank
Powerbank [image source]
Saat traveling memang memungkinkan kita untuk mampir ke restoran atau warung. Di sana pula kita bisa mengisi baterai ponsel hingga penuh. Tapi bagaimana jika tidak sempat berhenti di suatu tempat? Nah, itu sebabnya, kamu perlu membawa power bank saat perjalanan. Jangan lupa, isi power bank mu dengan daya penuh sebelum berangkat sehingga tidak sia-sia ketika dibutuhkan.

Jika liburan dengan banyak orang, mungkin tidak begitu masalah jika ponselmu dalam keadaan lemah. Namun, tidak jika kamu liburan sendiri. Nah, karena itu pula, lebih baik tunggu baterai penuh sebelum berangkat dan lakukan tips di atas agar perjalanan mu tidak terganggu. Selamat liburan ya!

Advertisement
Tags
Indonesia tips hemat daya
Share