5 Tips Agar Tidak Keracunan Makanan Saat Traveling, Waspada Bahaya di Mana-mana

Advertisement

Traveling bisa jadi hal yang sangat menyenangkan dan seru, apalagi bisa menikmati kuliner lezat dari daerah atau negara yang berbeda. Tapi hati-hati! Tidak semuanya cocok untuk badan kalian. Jika tak hati-hati, perut kalian bakal terasa sakit, mual, bahkan muntah-muntah. Nah, agar tidak mengalami keracunan makanan saat traveling, simak tips ampuh berikut ini!

1. Hindari Makanan yang Tidak Matang Sempurna

Ilustrasi mual saat makan via Shutterstock

Satu hal yang paling penting saat berlibur adalah menghindari makanan mentah atau tidak matang sempurna. Suhu tinggi saat memasak hidangan kuliner sangat dibutuhkan untuk membunuh bakteri penyebab penyakit. Sebaliknya, suhu dingin atau suam-suam kuku malah memicu mereka berkembang biak. Maka dari itu, cermatilah betul-betul makanan yang akan kalian santap.

2. Bawa Selalu Tumbler atau Botol Air Mineral

Ilustrasi membawa tumbler via Shutterstock

Membawa botol air minum atau tumbler sendiri juga sangat dianjurkan. Hal ini mengingat tidak semua air yang tersedia di kawasan wisata aman untuk dikonsumsi. Malahan banyak yang terbukti mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli. Tentu saja, air yang Teman Traveler bawa juga harus aman dan bebas bakteri. Lebih bagus jika diambil dari rumah atau tempat penginapan.

3. Hindari Mengonsumsi Es Batu Sembarangan

Ilustrasi es batu via Shutterstock

Tahukah Teman Traveler bahwa tidak semua es batu higienis? Banyak yang pembuatannya menggunakan air mentah, lalu selama proses pengiriman ke tujuan, es batu diletakkan di wadah yang tidak terjaga kebersihannya. Sudah pasti ini sangat berbahaya buat tubuh kita. Maka cermati sungguh jika kalian mau mengonsumsi minuman yang mengandung es batu.

4. Cari Tempat Makan yang Direkomendasikan Warga Lokal

Suasana tempat makan di Jakarta via Shutterstock

Ungkapan “Percayalah pada warga lokal” seringkali terbukti benar. Hal ini juga berlaku saat kita memilih tempat makan. Mereka jauh lebih tahu mana destinasi kuliner yang memang aman dan layak untuk dikunjungi.

Selain itu, coba cermati. Jika tempat makan yang dituju terbilang sibuk dan ramai, bisa dipastikan aman dan reccommended. Hal ini terjadi karena semakin hidup destinasi kuliner tersebut, maka baik dari segi kualitas dan rasa sudah terjamin baik.

5. Waspadai Segala Bentuk Kuliner Berbahan Dasar Susu

Aneka produk susu via Shutterstock

Produk susu memang menyehatkan, namun tetap harus hati-hati! Di beberapa negara, kuliner lezat ini tidak diolah dengan betul, atau malah sedikit sembarangan, sehingga higienitasnya tidak terjamin. Terlepas dari kita punya alergi dairy atau tidak, tetap cermati sungguh-sungguh. Kalau bisa, pastikan susu sudah dimasak hingga mendidih.

Ilustrasi mual via Shutterstock

Itulah tadi sederet tips untuk menghindari keracunan makanan saat traveling. Tetaplah berhati-hati dalam menyantap hidangan kuliner favorit dan selamat berlibur!

Advertisement
Tags
Indonesia keracunan makanan saat traveling kuliner Luar negeri tips dan inspirasi
Share