5 Spot Terjun Bebas di Malang, Menantang dan Tak Terlupakan

Advertisement

Tempat wisata yang begitu-begitu saja pasti bikin bosan, datang jalan-jalan kemudian pulang. Bagi sebagian orang mencari tantangan di saat traveling adalah sebuah keharusan. Seperti terjun bebas atau lompat dari ketinggian langsung nyebur ke dalam air. Beruntung jika kamu tinggal di Malang, dyang memiliki banyak spot terjun bebas yang harus dicoba. Hadfina Ella Fildza, anggota Komunitas Malang Traveler, membagikan keseruannya sewaktu mencoba terjun di satu per satu tempat berikut ini. Langsung saja, simak ulasannnya ya!

1. Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok [image source]
Air terjun di depan Pantai Malang ini menyajikan pemandangan yang istimewa, jernih kebiruan dikelilingi oleh pohon rindang hingga bebatuan. Salah satu batu pengunjung biasanya memanjat dan terjun bebas ke kolam di bawahnya, langsung menghantam permukaan air. Seru dan pastinya menantang Andrenalin. Karena jauh dari pusat kota Malang, perjalanan ke sini membutuhkan waktu lama sekitar 2 jam lebih. “Lompat di Banyu Anjlok tingginya sekitar 3 meteran. Sedangkan kedalamannya sekitar 5 meter,” kata Ella, yang berasal dari Lamongan tapi sudah khatam kalau soal wisata di Malang.

Video dari : Novia Lin
Lokasi : Gunungronggo, Tajinan, Malang, Jawa Timur

2.  Sumber Taman

Sumber Taman [image source]
Sumber Taman menjadi tempat merayakan kemerdekaan Indonesia bagi Ella dan teman-temannya di tanggal 13 Agustus 2017. Di sela-sela keseruannya, Ella sempat terjun dari pohon yang nampak paling besar di Sumber Taman. Tingginya sekitar 10 meter jadi bisa dipastikan menantang sekali. Sumber taman memiliki air yang jernih dengan kedalaman lebih dari 3 meter. Namun bagi yang tidak bisa berenang, ada bagian dangkal tepi tetap menawarkan kesegaran. Di sekitar Sumber Taman, ada wisata lain seperti Sumber Maron dan Sumber Sirah.

Video dari : Malang Traveller 
Lokasi : Desa Karangsuko, Pagelaran, Brongkal, Malang, Jawa Timur

3. Coban Telaga Warna

Coban Telaga Warna [image source]
Yang unik dari Coban Telaga Warna adalah air di bagian dasar air terjun yang kadang nampak kehijauan dan biru jernih seperti sedang menghadapi pantai-pantai di selatan Malang.  Ella sendiri pernah terjun dari salah satu tebing batu ke kolam tersebut. “Coban Telaga Warna ada spot jumping-nya, itu sekitar 8 meteran sampe air, kedalaman sekitar 4 meter. Itu pertama kali aku terjun bebas sih.” kata Ella sambil mengingat-ngingat pengalaman pertamanya yang seru. Untuk menuju lokasi, kamu harus berjalan kaki lebih dari satu jam dari lokasi parkir di Ampelgading. Melelahkan, tapi tidak jadi masalah demi pemandangan menakjubkan.

Video dari : Kemana Aja?
Lokasi : Sidorenggo, Ampel Gading, Malang

4. Coban Kedung Jembar

Coban Kedung Jembar [image source]
Air Terjun Kedung Jembar memiliki beberapa tingkatan, jika dilihat dari ketinggian akan lebih nampak keindahannya.  Di beberapa tingkatan terdapat kolam alami yang dialiri kesegaran dari pegunungan. Kedalamannya mencapai 2,5 meter. Jadi, cocok dijadikan spot untuk lompat dari ketinggian 3 meter.  “Coban Kedung  Jembar 3 meteran dari atas ke air, kedalaman air 2,5 meter. Enaknya Coban Kedung Jembar tuh ada aliran airnya, jd begitu kita njebur bisa langsung minggir ke tempat dangkal” tambah mahasiswi Universitas Brawijaya tersebut. Dari pusat kota malang, arahkan kendaraan ke Donomulyo melewati Kepanjen.  Di pertigaan Jalur Lintas Selatan, tinggal lurus sedikit dan parkir di pemukiman, kamu bisa bertanya pada penduduk sekitar agar tidak tersesat. Dari lokasi parkir dilanjutkan dengan berjalan kaki, sejauh 1 km.

Video dari : Kemana Aja?
Alamat : Semberoto, Malang

5.  Sumber Jenon

Sumber Jenon [image source]
Dari bagian selatan Malang, kita mengarah ke dekat kota. Tepatnya di Tajinan ada pemandian legendaris. Namanya adalah Sumber Jenon, danau alami yang luas dan memiliki kedalaman hingga lebih dari 5 meter. Biasanya pengunjung bisa terjun bebas dari salah satu pohon yang dahannya menjulang di atas danau. Seru dan pastinya tidak akan terlupakan. Kamu cukup mengarahkan kendaraan lewat di daerah Buring, kemudian belok kiri di pertigaan depan Perkantoran Terpadu. Lanjutkan sampai ke Tajinan, tepatnya di kaki bukit Ronggo.

Video dari : Kemana Aja?
Lokasi : Gunungronggo, Tajinan, Malang, Jawa Timur

Itulah beberapa spot terjun bebas atau jumping seru di Malang, Ella sendiri bahkan pernah lompat dari Jembatan Bajul Mati. Spot ini tidak disarankan oleh Ella karena terlalu berbahaya apalagi tidak didampingi dan menggunakan peralatan yang memadai. Bagaimana menurutmu? Berani uji nyali di sini?

Advertisement
Tags
Air Terjun Danau Indonesia Jawa Timur Malang
Share