Berani Traveling ke Dasht-e Lut? Tempat PALING PANAS di Bumi

Advertisement

Baru saja dunia digemparkan dengan fenomena gelombang panas yang menerpa kawasan di Timur Tengah. Fenomena tersebut membuat suhu di kawasan yang terdampak menjadi meningkat hingga 40-50 derajat Celcius. Namun ternyata ada kawasan di bumi yang jauh lebih panas dengan suhu permukaan mencapai 70 derajat Celcius!

Baca Juga : 10 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Membuatmu Lebih Tinggi Dari Pada Awan

NASA merilis data yang menunjukkan tempat terpanas di muka bumi, letaknya ada di negara Iran. Sebuah kawasan gurun pasir bernama Dasht-e Lut disebut-sebut sebagai tempat yang paling panas di dunia yang memiliki suhu terpanas mencapai 70,7 derajat Celcius tercatat oleh satelit pada tahun 2005.

Dasht-e Lut di Iran adalah tempat terpanas di dunia [image source]
Dasht-e Lut di Iran adalah tempat terpanas di dunia [image source]
Dilongok Travelingyuk dari BBC, gurun pasir Dasht-e Lut memiliki ukuran panjang 480 km dengan lebar 320 km yang menempatkannya sebagai gurun pasir terluas ke-25 di dunia. Kawasan terlihat gelap saat dipantau dari satelit dan daerah gelap itulah yang menjadi tempat terpanas di dunia.

Pemindaian suhu permukaan bumi ini dilakukan oleh instrumen NASA yang dipasang Thermal Infrared Sensor pada satelit Landsat-8. Kawasan gurun ini selain memiliki suhu yang sedemkian tinggi juga menjadi kawasan yang paling kering di dunia. Tidak ada tumbuhan yang hidup di sana bahkan tanaman kaktus yang biasanya mampu bertahan di kondisi ekstrim juga tidak nampak di kawasan itu. Kering dan panasnya kawasan gurun ini bisa Anda lihat pada tayangan video di bawah ini.

Titik paling panas dari gurun pasir Dasht-e Lut berada di Gandom Beryan. Areanya tertutup lava hitam yang memiliki banyak legenda. Salah satu legenda menceritakan bahwa lava hitam tersebut berasal dari gandum yang terbakar. Dahulu ada kendaraan pembawa gandum yang terguling di sana. Saking panasnya area itu, gandum dengan judah terbakar dan akhirnya menyisakan lava hitam yang terlihat seperti sekarang ini.

Baca Juga : 10 Air Terjun Terindah di Dunia

Meskipun tercatat sebagai tempat terpanas di muka bumi bukan berarti tidak ada traveler yang berminat berkunjung ke sana. Beberapa yang penasaran dengan suhu di gurun tersebut nekad datang dan merasakan langsung panasnya permukaan gurun pasir. Anda penasaran untuk membuktikannya juga?

Advertisement
Tags
Dasht-e Lut Iran TEmpat terpanas di dunia
Share