Yuk ke Tempat Keren di Bengkulu, Biar Nggak di Rumah Melulu

Advertisement

Bengkulu adalah sebuah pintu menuju tempat-tempat indah bak surga dengan panorama yang begitu mempesona. Provinsi yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera tersebut menyimpan keindahan. Alam membentang luas dan di berbagai sudut terdapat destinasi wisata yang begitu indah.

Selain itu, ada beberapa tempat yang nggak bisa dilepaskan dari sejarah negeri ini. Ada benteng peningalan penjajah yang kokoh, hingga rumah yang dulunya digunakan sebagai tempat pengasingan Bung Karno di Ende, Bengkulu. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

1. Rumah Bung Karno

Bengkulu adalah daerah yang tidak bisa dilewatkan begitu saja jika berbicara tentang riwayat hidup Bung Karno. Kita tahu bahwa sejarah menceritakan bahwa Proklamator Republik Indonesia tersebut pernah beberapa kali diasingkan. Salah satu tempat yang dijadikan sebagai lokasi untuk membuang Bung Karno demi menahan pengaruhnya adalah Bengkulu. Setelah sampai di Bengkulu, presiden pertama Indonesia itu ditempatkan di sebuah rumah yang saat ini ada di  Jalan Sukarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka.

Rumah Bung Karno [image source]
Rumah Bung Karno [image source]
Mulanya, rumah yang berdiri kokoh itu adalah bangunan milik seorang pedagang Tionghoa yang bernama Lion Bwe Seng. Kemudian pihak Belanda sengaja menyewa rumah tersebut khusus untuk Bung Karno.  Saat ini, bangunan dijadikan wisata museum yang menyimpan beberapa peninggalan Soekarn semasa tinggal di Bengkulu.  Ada foto-foto beliau dengan keluarga, koleksi buku, hingga sepeda tua yang dulunya sering dipakai Bung Karno. Di Bengkulu juga Bung Karno bertemu dengan Ibu Fatmawati, salah satu istri beliau yang berjasa menjahit Bendera Pusaka Merah Putih.

2. Benteng Marlborough

Bangunan berupa benteng dan gudang senjata sangat umum ditemui di berbagai pelosok Indonesia. Terutama di daerah penghasil komoditas dagang yang penting pada masa penjajahan. Sebagai daerah penghasil lada, Bengkulu jadi kawasan yang penting untuk dipertahankan. Inggris tercatat pernah berupaya mempertahankan hak monopolinya di Bengkulu dari ancaman pihak lain dengan membangun Benteng Marlborough. Pembangunannya dilakukan dibawah perintah East India Company (EIC) antara tahun 1713-1719.

Benteng Marlborough [image source]
Benteng Marlborough [image source]
Saat itu Gubernur yang memimpin adalah Joseph Callet. Banguanan begitu kokoh dan kuat bahkan bisa bertahan sampai saat ini. Bahkan Benteng Marlborough adalah salah satu bangaunan terkuat milik Inggris di daerah timur setelah St. George di Madras, India. Luas benteng diperkirakan mencapai  44.100 meter persegi. Panjang sendiri sekitar  240,5 meter dan lebar 170,5 meter. Di belakang benteng terdapat Samudera Hindia.

3. Danau Mas Harun Bestari

Setelah puas dengan bangunan-bangunan bersejarah, kamu bisa menikmati wisata dan penampakan alam yang luar biasa keren. Datang saja langsung ke Danau Mas Harun Bestari. Sesuai namanya, kamu akan menyaksikan hamparan danau yang luas dikelilingi oleh perbukitan hijau nan menawan. Untuk bisa melihatnya secara langsung kamu harus menempuh perjalanan menuju Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.

Danau Mas Harun [image source]
Danau Mas Harun [image source]
Cukup dekat dengan Kota Curup karena jaraknya hanya sekitar 17 kilo meter saja. Lokasi danau juga mudah ditemukan karena ada di dekat jalan raya yang menghubungkan  Curup  dan Lubuk Linggau. Beberpa daya tarik selain pemandangan danau yang bisa kamu coba di tempat ini adalah aneka permainan air seperti perahu hingga taman bermain untuk anak.

4. Danau Dendam Tak Sudah

Namanya terdengar seram ya, tapi jangan tertipu dengan sebutannya. Karena jika kamu melihat penampakan danau yang sesungguhnya pasti akan langsung berdecak kagum. Bukannya dendam, tapi malah rasa senang dan bahagia karena kamu bisa menyaksikan sebuah pemandangan alam dengan danau luas yang begitu cantik. Lokasinya ada di daerah Bengkulu bagian utara dan tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jadi, kamu tidak perlu repot menempuh perjalanan jauh hanya untuk memanjakan mata.

Danau Dendam Tak Sudah [image source]
Danau Dendam Tak Sudah [image source]
Dari pusat kota, kamu haya perlu menempuh perjalanan hingga 6 km. Saat ini, Danau Dendam Tak Sudah telah ditetapkan sebagai kawasan cagar alam yang harud dilindungi karena memiliki potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem. Kamu tidak hanya bisa berkeliling mengitari danau, tapi juga bisa naik perahu. Waktu paling pas wisata ke tempat ini adalah saat pagi hari di mana udara masih terasa segar.

5. Bukit Kaba

Bukit Kaba sebenarnya adalah sebuah gunung api yang aktif sampai sekarang. Namun begitu, kamu tetap aman mengunjunginya layaknya tempat lain seperti Bromo. Membutuhkan tenaga yang ekstra untuk sampai ke puncak bukit dan memandang Bengkulu dari ketinggian.  Menapaki satu per satu anak tangga hingga sampai ke puncak akan semakin mendekatkanmu pada tempat eksotis dan menyuguhkan pemandangan Surgawi.

Bukit Kaba [image source]
Bukit Kaba [image source]
Ada beberapa kawah di Bukit Kaba, 5 di antaranya sudah tertutup vegetasi. Setiadaknya, kamu harus menaklukan 307 anak tangga hingga sampai di atas. Ada lahan yang bisa digunakan untuk berkemah, sehinga kamu bisa menikmati pemandangan saat malam hari dan matahri terbenam. Letak destinasi wisata ini ada di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Itulah beberapa tujuan wisata di Bengkulu yang harus kamu datangi sesekali. Hidupmu terlalu berharga jika hanya dihabiskan di rumah saja. Jadi yuk segera atur jadwal liburan dan Bengkulu adalah salah satu tujuan yang amat menawan, setuju kan?

Advertisement
Tags
Bengkulu traveling bengkulu wisata bengkulu
Share