7 Taman Hiburan Terbaik Indonesia, Dari Tema Bahari Hingga Hutan Belantara

Rero Rivaldi

Rero Rivaldi

On Indonesia
Taman Mini Indonesia Indah Taman Mini Indonesia Indah

Mencari alternatif lokasi untuk liburan keluarga? Tak perlu bingung, ada sejumlah taman hiburan terbaik Indonesia yang bisa dijadikan sebagai alternatif. Masing-masing mengusung tema unik dan dilengkapi beragam wahana seru nan menyenangkan.

Melakukan rekreasi di taman hiburan memang pas bagi mereka yang ingin berlibur bersama seluruh sanak famili. Semua orang dari berbagai kalangan dan usia bisa merasakan pengalaman unik di sejumlah wahana yang ada. Tanpa banyak kata lagi, berikut Travelingyuk sajikan daftar tujuh rekomendasi taman hiburan terbaik di Indonesia.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Bianglala di Dunia Fantasi
Bianglala di Dunia Fantasi via Instagram adieth.nugraha

Bisa jadi merupakan salah satu taman hiburan tertua di Indonesia. Saking luasnya kompleks Taman Impian Jaya Ancol, kamu bisa melihat pemandangan sekeliling dengan baik gondola atau kereta gantung.

Berbagai wahana menarik bisa kamu kunjungi di Dunia Fantasi. Asyiknya lagi, semua wahana tersebut mengusung tema bervariasi, dari roller coaster hingga petualangan air – cocok untuk tua maupun muda. Selain Dunia Fantasi, para pengunjung juga bisa menghabiskan waktu di waterpark, menonton pertunjukan ketangkasan hewan, mengunjungi eco park, dan juga bermain bowling.

2. Taman Safari Indonesia

Elephant safari di Taman Safari
Elephant safari di Taman Safari via Instagram taman_safari

Taman Safari Indonesia kini sudah punya dua cabang, di Cisarua, Bogor dan di Prigen, Jawa Timur. Di sini para pengunjung berkesempatan melihat berbagai macam hewan dari jarak dekat, bagaikan di habitat aslinya.

Selain itu, Taman Safari juga menyediakan berbagai macam wahana seru, museum bertemakan satwa, dan plus pertunjukan yang melibatkan atraksi berbagai hewan. Bagi yang menyukai tantangan berbeda, bisa mencoba safari malam. Di sini kamu akan diajak langsung melihat tingkah-polah para hewan ketika malam hari.

3. JungleLand Adventure Park

Wahana Octopus
Wahana Octopus via Instagram jungleland_indo

JungeLand pas banget untuk pengunjung anak-anak atau yang masih berjiwa muda. Tak kurang dari 37 wahana tersebar di tempat ini dan dibagi dalam empat zona berbeda: Mysteria, Carnivalia, Tropicalia, dan Explora. Masing-masing zona mengusung wahana dengan tema yang unik.

Dengan luas mencapai 35 hektar, taman hiburan yang terletak di Sentul City ini konon bisa menampung maksimal 30.000 pengunjung. Selain area makan dan pusat perbelanjaan, pengelola juga menyediakan fasilitas pendukung seperti toilet, loker, tenda, kursi, dan kereta bayi.

Bagi kamu yang khawatir dengan masalah keamanan, semua petugas yang bekerja di sini sudah menjalani latihan khusus dan memegang sertifikat Health and Safety Environment.

4. Trans Studio

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung via Instagram transstudio.bandung

Sama seperti Taman Safari, Trans Studio kini juga punya dua cabang yakni di Makassar dan Bandung. Dibangun dengan konsep indoor, taman hiburan ini konon termasuk salah satu terbesar di seluruh dunia.

Total ada 20 wahana yang bisa kamu coba bersama keluarga. Semuanya dibagi dalam tiga zona unik: Studio Central, Lost City, dan Magic Corner. Bicara konsep dan desain, semua yang ada di Trans Studio dikemas dengan kemilau lampu yang mengagumkan. Para pengunjung dibuat sserasa berada di Broadway.

Trans Studio juga memberi kesempatan bagi pengunjung yang ingin seolah-olah terlibat dalam program-program unggulan Trans TV dan Trans 7, seperti Dunia Lain dan Si Bolang.

5. Taman Pintar

Studio 3D di Taman Pintar
Studio 3D di Taman Pintar via Instagram bangben1013

Bagi kamu yang ingin memperdalam soal ilmu pasti sembari bersenang-senang, tidak ada salahnya mengunjungi Taman Pintar di Yogyakarta. Taman ini juga pas untuk orang tua yang ingin menumbuhkan minat anak mereka pada ilmu fisika atau kimia.

Lewat berbagai atraksi dan demonstrasi yang ada di Taman Pintar, pengunjung bisa melihat langsung pengaplikasian berbagai macam teori ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Dijamin seru dan takkan membosankan.

6. Kidzania

Profesi arkeolog di Kidzania
Profesi arkeolog di Kidzania via Instagram lina_chien2

Taman hiburan satu ini lebih cocok untuk pengunjung anak-anak. Karena bocah-bocah yang ada di Kidzania akan diberi kesempatan untuk menjalani profesi impian mereka selama sehari penuh.

Untuk membuat pengalaman tersebut terasa kian nyata, Kidzani diisi dengan berbagai fasilitas seperti rumah sakit, supermarket, salon, bioskop, pabrik, dan masih banyak lagi. Intinya, bagaikan sebuah kota mini. Ada banyak profesi yang bisa dicoba di Kidzania, mulai dari polisi, guru, dokter, koki, dan masih banyak lagi.

7. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah via Instagram adyaskaradefa

Sesuai dengan namanya, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) para pengunjung bakal disuguhkan replika berbagai rumah adat plus artefak kebudayaan dari 33 provinsi di seluruh Indonesia.

Terletak di daerah Jakarta Timur, TMII adalah taman hiburan pas bagi keluarga yang ingin mengajarkan betapa kayanya kebudayaan dan tradisi Indonesia pada anak mereka sejak usia dini. Bagi para pengunjung dewasa, TMII juga punya beberapa fasilitas menarik lainnya. Selain kereta gantung dan museum, di sini pengunjung juga bisa menyaksikan film di Teater IMAX.

Nah, itulah daftar taman hiburan terbaik Indonesia yang pantang untuk dilewatkan. Sudah menentukan mana lokasi pertama yang ingin dikunjungi?