Coba Nikmatnya Gangan, Sup Ikan Tradisional Belitung yang Rasanya Bikin Lidah Nyaman

Advertisement

Teman Traveler ada yang berencana untuk liburan ke Belitung? Kalau begitu, jangan lupa untuk cicipi Gangan, sup ikan tradisional Belitung. Terlebih jika hujan sedang turun di kawasan tersebut. Tambah pas rasanya menyantap sesuatu yang hangat di hawa yang dingin. Kelezatannya membuat olahan ikan ini digemari oleh banyak keluarga Belitung. Setelah mencoba, Teman Traveler bisa jadi ikut menggemarinya. Penasaran seperti apa rasanya?

1. Berupa Sajian Sup Ikan Berempah

Kelezatannya Menjadi Idola via Instagram/ jennynovembria

Gangan merupakan sup ikan tradisional Belitung yang diolah menggunakan rempah-rempah. Antara lain kunyit, bawang merah, bawang putih, kemiri, sereh, asam, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, daun salam dan terakhir potongan buah nanas. Secara sekilas, sajiannya mirip dengan gulai ikan. Namun, Gangan tidak menggunakan santan. Dari rempah-rempah yang digunakan, Teman Traveler sudah bisa membayangkan rasanya yang segar?

2. Menu Favorit Keluarga Belitung

Gangan Ikan Sering Disajikan di Meja-meja Keluarga Belitung via Instagram/ sutiknol

Gangan merupakan kuliner kegemaran keluarga-keluarga di Belitung. Masyarakat Belitung, menyajikan dan menyantap Gangan dalam keadaan hangat. Rasa segar dan pedas serta berempah pada satu porsi Gangan Ikan memang paling pas dinikmati selagi panas. Karena jka sudah dingin lalu dihangatkan, cita rasanya dinilai bisa berubah.

3. Jenis Ikan yang Diolah

Ke Belitung Harus Coba Gangan Ikan via Instagram/ vv_luv_eat

Jenis ikan yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan Gangan cukup bermacam-macam. Namun, jika tidak ingin terlalu amis, bahan yang digunakan harus merupakan jenis Ikan Keratap. Harganya memang cenderung lebih mahal, tetapi aromanya aman.

Nikmatnya Sup Ikan Gangan
Nikmatnya Sup Ikan Gangan (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Selain itu, bisa juga digunakan Ikan Kerisi dan Kakap Merah. Hanya, jika bahan-bahan tersebut tidak ada, bisa menggunakan ikan lainnya yang lebih mudah didapatkan.

4. Tempat Makan Gangan di Belitung

Sajian Gangan Ikan di Dalam Kelapa Muda via Instagram/ tjatur

Setelah berlelah-lelah jalan di Belitung dan sekitarnya, destinasi wisata selanjutnya yang tepat hanya rumah makan. Betul! Perut pasti lapar, kan? Nah! Karena itulah, coba mampir ke beberapa restoran atau kedai yang menjual Gangan. Di antara banyaknya pedagang Ganggan, Teman Traveler bisa mencicipi sajian Gangan di RM. Belitong Timpo Duluk yang ada di Jln Lettu Mad Daud No. 22, Kampung Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung. Uniknya di sini ada yang disajikan menggunakan mangkuk dari buah kelapa muda. Ada-ada saja tetapi tetap patut dicoba! Penasaran dengan rasanya, nggak?

Sup ikan tradisional Belitung harus dimasukkan dalam daftar kuliner wajib icip saat berlibur ke sini, ya! Sehabis menikmati indah dan eksotisnya pantai-pantai di Belitung yang identik dengan bebatuan, Gangan siap menghangatkan sekaligus mengeyangkan! Apakah ini termasuk makanan favorit Teman Traveler?

Advertisement
Tags
bangka belitung Belitung Indonesia kuliner sup ikan tradisional belitung
Share